Comscore Tracker

5 Penyebab Kenapa Pasanganmu Suka Bandingin Dirinya dengan Mantanmu

Pasangan yang tak pernah lelah membahas mantanmu

Memiliki pasangan yang selalu memperbandingkan dirinya dengan mantanmu tentu akan terasa melelahkan. Karena sepanjang hari selalu saja ada topik pembahasan seputar dirinya dan mantanmu. Belum lagi perubahaan mood-nya yang bisa memburuk dengan cepat apabila kamu salah bicara saat memberikan tanggapan.

Nah, apakah kamu penasaran kenapa pasanganmu selalu memperbandingkan dirinya dengan mantanmu dulu? Inilah lima penyebabnya. 

1. Pasanganmu ingin menunjukkan bahwa dia lebih baik dari mantanmu

5 Penyebab Kenapa Pasanganmu Suka Bandingin Dirinya dengan Mantanmuilustrasi bahas perbandingan (pexels.com/cottonbro studio)

Saat pasanganmu selalu membicarakan kelebihan yang dimilikinya dibandingkan mantanmu. Atau dia selalu mengkritik perilaku mantanmu dan mengatakan bahwa dia tak akan seperti itu, maka itu menandakan pasanganmu ingin menunjukkan bahwa dia lebih baik dari mantanmu. Dia ingin kamu dengan jelas tahu apa-apa saja kelebihan yang dia miliki dibandingkan mantanmu.

Hal tersebut terjadi karena rasa cintanya padamu yang besar sehingga merasa bahwa kamu tak pantas diperlakukan tak baik oleh mantanmu jika kisah cintamu dulu dengannya berakhir menyakitimu. Atau justru dia takut kamu akan meninggalkannya sehingga memperbandingkan dirinya dengan mantanmu dengan tujuan agar kamu tahu bahwa dia bisa memperlakukanmu lebih baik dibandingkan mantanmu dulu. Dia gak akan melukai perasaanmu seperti mantanmu. 

2. Rasa cemburunya pada mantanmu

5 Penyebab Kenapa Pasanganmu Suka Bandingin Dirinya dengan Mantanmuilustrasi bahas perbandingan (pexels.com/RODNAE Productions)

Pasanganmu merasa cemburu pada mantanmu karena pernah menjadi bagian dari kehidupanmu. Dia seolah tak rela kamu pernah mencintai orang lain selain dirinya, sekalipun dia mantanmu dan sudah menjadi kisah cinta masa lalumu. Namun bagi pasanganmu hal tersebut masih tetap mengganggu dirinya.

Apalagi jika mantanmu merupakan cinta pertamamu, maka itu akan semakin membuatnya merasa bahwa kamu pernah mencintai dirinya dengan sepenuh hatimu. Sehingga pasanganmu takut rasa cinta tersebut akan muncul kembali suatu saat nanti. Terutama saat mantanmu datang mengajak balikan, dia takut kamu tak bisa menolak mantanmu itu sehingga meninggalkan dirinya. 

Baca Juga: 5 Alasan yang Membuat Seseorang Berat Menerima Kekurangan Pasangan

3. Belum bisa menerima masa lalumu sepenuhnya

5 Penyebab Kenapa Pasanganmu Suka Bandingin Dirinya dengan Mantanmuilustrasi bahas perbandingan (pexels.com/Alena Darmel)

Tidak semua orang bisa menerima masa lalu kekasihnya dengan lapang dada, termasuk pasanganmu. Maka sikapnya yang selalu memperbandingkan mantan dengan dirinya menandakan bahwa sebenarnya dia belum bisa menerima masa lalumu sepenuhnya. Seolah masih ada yang mengganjal di hati dan pikirannya sehingga dia melampiaskannya dalam sebuah bentuk perbandingan. Apalagi jika perbandingan yang dilakukan lebih ke arah menjelek-jelekkan mantanmu.

Itu sama saja dia tidak terima bahwa dirinya merupakan pasangan yang kesekian untukmu, bahkan setelah mantanmu tersebut. Mungkin maksudmu menceritakan kisah cinta masa lalu adalah bentuk kejujuranmu kepada pasanganmu saat ini. Namun sayangnya hal tersebut tidak selamanya bisa diterima dengan baik oleh pasanganmu. 

4. Ingin memancingmu apakah kamu masih memiliki perasaan pada mantanmu atau tidak

5 Penyebab Kenapa Pasanganmu Suka Bandingin Dirinya dengan Mantanmuilustrasi bahas perbandingan (pexels.com/George Pak)

Terkadang mengutarakan maksud dan niat yang sesungguhnya tidaklah mudah. Sehingga agar menutupinya secara halus, pasanganmu melakukan cara lain demi memancing rasa keingintahuannya. Yaitu rasa penasaran apakah kamu masih memiliki perasaan pada mantanmu atau tidak.

Dia ingin tahu apakah kamu sudah move on atau belum dari mantanmu itu. Apalagi jika kisah cintamu sebelumnya terbilang cukup lama saat bersama dengan mantan. Maka memperbandingkan dirinya dengan mantan agar dia bisa menilai dari respon dan tanggapan yang kamu berikan perihal mantanmu tersebut. 

5. Rasa rendah diri karena merasa mantan lebih dari dirinya

5 Penyebab Kenapa Pasanganmu Suka Bandingin Dirinya dengan Mantanmuilustrasi bahas perbandingan (pexels.com/RODNAE Productions)

Penyebab yang terakhir pasangan memperbandingkan dirinya dengan mantanmu karena demi menutupi rasa rendah dirinya. Dia merasa bahwa mantanmu lebih dari dirinya. Maka membahas perbandingan hanyalah dalih untuk mengobati rasa tidak percaya dirinya karena merasa posisinya berada di bawah mantanmu itu.

Bisa karena secara fisik mantanmu lebih menarik di matanya, bisa karena secara pendidikan mantanmu lebih tinggi dari gelar yang dimilikinya, bisa karena latar belakang keluarganya yang lebih baik dari keluarganya, atau bisa karena pekerjaan yang dimiliki mantan lebih bonafit daripada pekerjaannya saat ini. Apapun alasannya pasanganmu merasa dirinya tak pantas bersanding denganmu yang dulu pernah memiliki mantan yang luar biasa menurut persepsinya.

Jika kamu merasa sudah capek akan sikap pasangan yang suka memperbandingkan dirinya dengan mantanmu dulu, maka cobalah kamu bicarakan secara baik-baik kepadanya. Karena selalu membahas mantan di saat kalian bersama bukanlah hal yang baik untuk terus dilakukan di dalam hubungan asmaramu dengannya. Apalagi jika lima penyebab di atas merupakan alasan pasangan melakukannya. So, segera tuntaskan akar permasalahannya ya! 

Baca Juga: 5 Cara Gak Tepat Hadapi Perbedaan Pendapat dengan Pasangan

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya