Comscore Tracker

Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Beri Kesempatan Kedua

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memaafkan pacar

Selingkuh kerap kali terjadi dalam hubungan asmara dengan berbagai macam alasan di belakangnya. Jika hal tersebut terjadi padamu di mana pacarmu ketahuan selingkuh dan kamu bimbang apakah harus memaafkannya atau tidak? Seperti halnya lima hal ini yang perlu kamu perhatikan sebelum memberikan kesempatan kedua kepada pacarmu saat dia selingkuh. 

1. Perasaanmu

Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Beri Kesempatan KeduaIlustasi orang sedih sedang menatap ponsel (pexels.com/cottonbro)

Sebelum memaafkan pacar Apakah kamu bisa memaafkannya setelah mengetahui dia menduakanmu? Sanggupkah kamu bersikap seperti biasanya setelah dia mengkhianati perasaanmu? Tanyakan pada hatimu sendiri, karena yang menjalani hubungan adalah dirimu, maka kamu harus mengutamakan perasaanmu. 

Jangan abaikan perasaanmu sendiri, jauh lebih baik jika kamu jujur pada kata hatimu. Justru yang jadi pertanyaan adalah hubungan yang berjalan lama saja pacarmu bisa selingkuh tanpa memikirkan perasaanmu, lalu mengapa kamu harus peduli akan hubungan yang lama tersebut jika pacarmu saja mengabaikannya. 

2. Alasan kenapa dia selingkuh

Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Beri Kesempatan Keduailustrasi pasangan bicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika misalnya pacarmu selingkuh karena kesibukanmu sehingga kamu mengabaikannya dan tidak mempedulikannya, maka kesalahan tersebut bukan terletak padanya saja, karena ada andil kamu juga di dalamnya. Walau caranya salah namun kamu juga memiliki kesalahan. Maka dia layak untuk kamu pertimbangkan mendapat kesempatan kedua. 

Namun jika dia selingkuh karena hatinya berpaling darimu, sebaiknya kamu tidak perlu melanjutkan hubungan asmaramu dengannya. Karena alasannya tersebut tidak layak untuk kamu berikan kesempatan kedua. Tidak ada jaminan dia akan kembali tergoda, merasa nyaman atau berpaling karena orang lain lagi ke depannya.

Baca Juga: 5 Alasan Pasangan Layak Mendapatkan Kesempatan Kedua, Sudah Yakin?

3. Bentuk penyesalan pacar setelah selingkuh

Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Beri Kesempatan Keduailustrasi pacar menyesal (pexels.com/Timur Weber)

Jika pacarmu mau mengakui kesalahannya tanpa memberikan penyangkalan atau mencari-cari alasan untuk membenarkan perselingkuhannya maka dia benar-benar menyesali perbuatannya tersebut. Apakah pacarmu tanpa ragu meminta maaf padamu? Jika dia melakukannya maka itu menandakan penyesalan dan bentuk tanggung jawabnya karena sudah menyakiti hatimu. 

Apakah dia berjanji untuk tidak mengulanginya kembali? Jika iya, maka kamu bisa memegang komitmennya dengan memberikan ultimatum. Jika hal tersebut dilakukan oleh pacarmu, maka dia layak dipertimbangkan untuk mendapatkan kesempatan kedua. 

4. Perubahan perilaku pacar setelah selingkuh

Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Beri Kesempatan Keduailustrasi pria dan wanita berbincang (pexels.com/Allan Mas)

Jika pacarmu bersikap seolah baik-baik saja setelah selingkuh, di mana dia sudah meminta maaf padamu dan dia anggap itu sudah selesai, maka dia tidak layak untuk kamu maafkan. Namun jika pacarmu mengalami perubahan perilaku seperti berusaha untuk selalu meyakinkanmu. 

Dia menjadi lebih jujur dan terbuka padamu sekalipun kamu tidak bertanya apa pun. Dia menjadi lebih banyak menghabiskan waktunya untukmu walau kamu tidak memintanya. Maka dia layak untuk kamu berikan kesempatan kedua. Apalagi jika pacarmu terlihat selalu merasa bersalah atas apa yang telah dia lakukan padamu, yaitu selingkuh. 

5. Pendapat orang terdekatmu

Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Beri Kesempatan Keduailustrasi bersama sahabat (pexels.com/cottonbro)

Jangan pendam semua perasaanmu sendiri saat kamu merasa sakit hati akibat mengetahui perselingkuhan pacarmu. Jauh lebih baik jika kamu mengutarakan isi hatimu pada orang yang dapat kamu percaya dan orang terdekatmu. Seperti halnya keluarga atau sahabatmu. Kamu juga bisa meminta pendapat mereka saat pacarmu meminta kesempatan kedua. 

Tidak ada salahnya memperhatikan saran orang terdekatmu karena mereka juga pastinya ingin yang terbaik untukmu. Karena sebagai orang terdekatmu meraka juga ingin kamu merasa bahagia. Kemudian pertimbangkan pendapat mereka saat kamu hendak memutuskan akan memaafkan pacarmu atau tidak. Karena tentunya mereka bisa berpikir lebih objektif dibandingkan kamu yang saat ini sedang kecewa akibat perselingkuhan pacarmu. 

Memaafkan kesalahan pacar setelah selingkuh tentunya tidaklah mudah. Apalagi jika hubungan kalian sudah berjalan cukup lama, maka rasa kecewa dan sakit hati akan pengkhianatannya akan terasa begitu dalam. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu saat hendak mempertimbangkan apakah akan memberikan pacarmu kesempatan kedua atau tidak. Yaitu lima hal di atas yang perlu kamu perhatikan. 

Baca Juga: 5 Cara Berkelas untuk Menyikapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuh

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya