Comscore Tracker

5 Tips Cairkan Suasana yang Canggung Akibat Salah Bicara saat Kumpul

Segera atasi situasi yang canggung saat kamu mengalaminya

Terkadang saat sedang terlibat pembicaraan, suasana akan berubah jadi canggung saat kamu atau salah satu temanmu salah bicara di dalam perkumpulan tersebut. Jika kamu berada di situasi tersebut, maka kamu harus segera mencairkannya. Misalnya dengan mengatakan bahwa pembicaraan tersebut terjadi tanpa disengaja. Nah, untuk itu kamu bisa mencairkan suasana yang canggung dengan lima tips ini. 

1. Jangan hanya diam, tapi beranilah untuk memulai pembicaraan kembali

5 Tips Cairkan Suasana yang Canggung Akibat Salah Bicara saat Kumpulilustrasi memulai pembicaraan (pexels.com/ArtHouse Studio)

Saat suasana canggung tentunya akan membuat kamu dan yang lainnya menjadi terdiam dan tidak melakukan apa-apa. Oleh karena itu, cairkanlah suasana tersebut dengan berani memulai pembicaraan kembali. Karena biasanya temanmu yang lain juga menunggu ada yang mau memulai pembicaraan lagi. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu yang melakukannya. 

Ingatlah, membiarkan suasana yang canggung terlalu lama akan membuat keadaan semakin keruh. Yang pertama adalah akan membuat teman yang tersinggung berpikir yang semakin macam-macam karena tidak ada yang mencairkan suasana. Yang kedua akan membuat kesalahpahaman semakin melebar karena semuanya hanya memilih diam. Jadi, kamu bisa mencairkan suasana sebagai pembuka obrolan, agar yang lain juga dapat menghilangkan kekakuannya akibat salah bicara yang sebelumnya terjadi.

2. Mengalihkan ke pembicaraan yang lain

5 Tips Cairkan Suasana yang Canggung Akibat Salah Bicara saat Kumpulilustrasi alihkan ke pembicaraan lain (pexels.com/Ron Lach)

Tips selanjutnya adalah dengan mengalihkan ke topik pembicaraan yang lain agar rasa canggung tersebut semakin terlupakan. Kamu bisa mencoba menarik perhatian teman yang lain dengan membahas pembicaraan yang juga menarik minat mereka. Dengan begitu mereka akan cepat tanggap dalam menimpali obrolanmu yang baru, sehingga dapat mengatasi suasana canggung yang ada. 

Jangan memilih obrolan yang tidak dipahami oleh yang lain. Jika kamu kurang tahu mengenai minat obrolan teman-temanmu, maka kamu bisa membahas topik-topik pembicaraan yang umum atau yang sedang viral saat ini. Dengan begitu seharusnya temanmu yang lain akan paham bahwa pembahasan kamu adalah mencoba untuk mencairkan situasi yang canggung. 

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mencairkan Suasana saat Reuni, Pasti Jadi Enggan Pulang

3. Meluruskan yang terjadi bahwa itu adalah salah bicara

5 Tips Cairkan Suasana yang Canggung Akibat Salah Bicara saat Kumpulilustrasi meluruskan pembicaraan (pexels.com/Ron Lach)

Kamu bisa mencoba menjelaskan bahwa yang terjadi adalah salah bicara, di mana kamu atau temanmu tersebut tidak ada maksud untuk menyinggung hal-hal yang sensitif atau privasi buat temanmu yang lainnya.

Apalagi jika kamu mengucapkan kata maaf, maka akan meredakan amarah yang mungkin saja terjadi karena yang bersangkutan merasa tersinggung. Menjadi lebih peka akan perasaan orang lain akan membantumu mencairkan situasi yang canggung akibat salah bicara. 

Kemudian jagalah topik pembicaraan yang selanjutnya agar tidak mengulangi hal yang sama. Jangan sampai terjadi salah bicara lagi. Jangan lupa berikan kode kepada teman yang lain jika seandainya pembicaraan mulai melenceng atau bisa menyerempet ke hal-hal sensitif atau privasi teman yang lainnya. Lebih baik kamu antisipasi agar tidak terjadi kecanggungan lagi. 

4. Membuat humor dengan lelucon

5 Tips Cairkan Suasana yang Canggung Akibat Salah Bicara saat Kumpulilustrasi membuat humor (pexels.com/cottonbro)

Jika seandainya topik pembicaraan selanjutnya  belum juga bisa menghilangkan kecanggungan dan kekakuan yang ada, maka cobalah untuk membuat lelucon agar mereka tertawa. Biasanya hal tersebut ampuh dilakukan untuk mencairkan suasana. Misalnya dengan membuat lelucon yang lucu, yang bisa diterima oleh semua orang. 

Dengan begitu maka temanmu juga akan bisa menerima leluconmu karena masuk ke dalam humor mereka. Namun jika seandainya kamu tidak pandai melakukannya, maka jangan memaksakan dirimu. Yang ada suasana akan semakin garing akibat leluconmu. Cobalah untuk meminta temanmu yang jago membuat lelucon di dalam perkumpulan tersebut untuk melakukannya. 

5. Mengajak teman-temanmu untuk pindah ke tempat lain

5 Tips Cairkan Suasana yang Canggung Akibat Salah Bicara saat Kumpulilustrasi pindah suasana (pexels.com/PNW Production)

Tips yang terakhir adalah dengan mengajak teman-temanmu pindah tempat ke lain agar mengubah suasana canggung tersebut. Siapa tahu di tempat dan suasana yang baru bisa mencairkan kecanggungan yang terjadi di tempat sebelumnya. Pilihlah tempat yang terbuka, misalnya seperti taman atau tempat lain yang asri dan memberikan pemandangan yang menyejukkan. 

Dengan suasana baru yang segar akan membantumu mencairkan suasana. Atau kamu juga bisa meminta pendapat masing-masing temanmu untuk pindah tempat ke mana. Cobalah untuk menanyakannya kepada mereka. Membahas hal tersebut juga akan mencairkan kecanggungan dan kekakuan yang terjadi. 

Menghilangkan kecanggungan akibat salah bicara saat kumpul dengan teman-teman memang tidak mudah dilakukan. Namun kamu tetap harus mencobanya agar perkumpulan tersebut tidak memberikan kesan yang kurang baik bagi kamu dan teman-teman yang lainnya. Kamu bisa mencairkan suasana canggung dengan lima tips di atas. 

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Berusaha Mencairkan Suasana

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya