Comscore Tracker

5 Tips Kendalikan Ego, Jaga Keharmonisan Hubungan Asmaramu!

Jangan biarkan ego menguasaimu

Saat sudah berpasangan, kamu tidak bisa lagi selalu mempertahankan ego sendiri. Jika hal tersebut terjadi, kamu akan menciptakan ketidaknyamanan pada pasanganmu. Seolah apa yang dia inginkan, butuhkan dan harapankan tidak kamu pikirkan, pedulikan dan hargai. Kamu lebih mementingkan dirimu sendiri. Jika sudah seperti itu, maka akan membuat hubunganmu menjadi berat sebelah, di mana kamu harus selalu diutamakan dan pasangan wajib mengalah. 

Hubungan yang sehat adalah hubungan di mana kamu dan pasangan memiliki keputusan bersama. Kamu tidak lagi memprioritaskan keinginan dirimu sendiri, tapi juga harus menghargai keinginan pasanganmu. Oleh karena itu, kamu harus mengendalikan ego yang kamu miliki agar bisa terus menjaga keharmonisan di dalam hubungan asmara yang sedang kamu jalani. Nah, kamu bisa mencoba lima tips ini agar bisa mengendalikan egomu dengan baik. 

1. Menanamkan sikap toleransi dalam diri dan jangan mudah tersinggung, terutama pada hal-hal yang sepele

5 Tips Kendalikan Ego, Jaga Keharmonisan Hubungan Asmaramu!ilustrasi pasangan bicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Tips yang pertama adalah dengan menanamkan sikap toleransi di dalam diri, jangan semua hal kamu masukkan ke dalam hati. Misalnya sebentar-sebentar kamu mudah tersinggung akan suatu hal, apalagi hal-hal yang terbilang sepele. Tentunya hal tersebut dapat memicu pertengkaran antara kamu dengan pasangan. Jauh lebih baik jika kamu menelaah kembali dan berpikir lebih luas bahwa hal tersebut seharusnya tidak membuatmu merasa sakit hati. 

Karena ada hal-hal yang sebenarnya masih bisa kamu toleransikan, misalnya dalam suasana becanda atau saat pasangan sudah mengatakan maaf apabila dia salah bicara. Jadi, jangan memperlebar hal-hal yang sebenarnya bisa kamu dan pasangan selesaikan bersama. Kamu juga tidak perlu terlalu sensitif akan setiap perkataan dan tindakan yang dilakukan oleh pasangan. Ingatlah jika dia pasanganmu, orang terdekatmu saat ini, tentu yang dia lakukan adalah mencoba yang terbaik untukmu. 

2. Mengatakan dengan jujur rasa ketidakpuasanmu

5 Tips Kendalikan Ego, Jaga Keharmonisan Hubungan Asmaramu!ilustrasi berbicara jujur (pexels.com/Alex Green)

Saat masih ada hal yang mengganjal atas keputusan yang telah diambil bersama, jauh lebih baik jika kamu mengutarakannya kepada pasangan. Katakan bagian-bagian mana saja yang membuatmu tidak menyukainya, sehingga kamu dan pasangan bisa saling berkompromi untuk mencari solusi selanjutnya. Dengan berkata jujur, kamu menjadi lebih terbuka baik dalam mengemukakan pendapatmu atau menerima pendapat pasanganmu. 

Kamu juga jadi tahu hal mana yang dibutuhkan dan hal mana yang harus kamu tinggalkan, sehingga kamu tidak cenderung mementingkan egomu sendiri. Tinggalkan hal-hal yang tidak berguna dan hanya menguntungkan diri sendiri, karena pasanganmu juga perlu untuk kamu dengarkan. Yaitu apa yang dia sukai dan tidak. Apa yang membuatnya puas dan tidak. Maka kompromi demi mencapai kepuasan bersama adalah solusinya. 

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Konflik dengan Saudara Ipar, Jaga Keharmonisan!

3. Menyadari kepentingan hubungan adalah kebersamaan

5 Tips Kendalikan Ego, Jaga Keharmonisan Hubungan Asmaramu!ilustrasi pasangan (pexels.com/Tan Danh)

Jangan mengikuti egomu hanya demi harga diri. Kamu menjalani hubungan asmara tidaklah sendiri, namun juga ada orang lain yang tak lain adalah pasanganmu sendiri. Jadi, kamu perlu menyadari kepentingan hubungan bersama dengannya. Ingatlah tujuan awalmu menjalin hubungan dengannya. 

Jika kamu ingin memiliki hubungan yang harmonis, awet, dan bisa melangkah ke tahap yang lebih serius, maka kamu harus mengingat hal tersebut saat egomu tiba-tiba datang menghampiri. Dengan menyadarinya, maka akan mengingatkan dirimu untuk tidak melewati batas hanya karena egomu. Dengan begitu, kamu bisa mengendalikan dirimu kembali karena mengingat tujuan dan kepentingan hubungan yang kamu jalin bersama dengannya. 

4. Hentikan pemikiran bahwa yang kamu lakukan itu benar dan terbaik untuk hubunganmu dengannya

5 Tips Kendalikan Ego, Jaga Keharmonisan Hubungan Asmaramu!ilustrasu merasa benar saat debat (pexels.com/Alex Green)

Ego akan selalu berusaha untuk mengendalikan dirimu dan mengatakan bahwa kamu benar. Jika kamu tidak bisa mengendalikan ego tersebut dengan baik, maka kamu akan dikuasai pikiran bahwa kamu selalu benar dan tidak pernah salah. Sehingga sekalipun kamu melakukan kesalahan, maka kamu akan memberikan berbagai macam alasan sebagai dalih bahwa yang kamu lakukan itu sudah benar dan terbaik untuk hubunganmu dengannya.

Oleh karena itu, agar bisa mengendalikan ego dengan baik maka kamu harus bisa menghentikan pemikiran bahwa kamu selalu benar. Akuilah kesalahan yang telah kamu perbuat jika memang kamu salah. Melakukan pembelaan diri atas kesalahan yang telah terjadi hanya akan membuatmu semakin tidak bisa mengendalikan egomu. 

Jadi, belajarlah untuk bisa menerima kesalahan yang telah kamu lakukan di dalam hubungan asmaramu. Semakin kamu jujur, membuka diri dan berani mengakui kesalahan, maka semakin mudah untukmu mengendalikan egomu. Dengan begitu, keharmonisan hubunganmu juga akan terjaga dengan baik. 

5. Berusaha tenang dalam menghadapi masalah dan persoalan yang datang, termasuk tidak mudah terbawa emosi

5 Tips Kendalikan Ego, Jaga Keharmonisan Hubungan Asmaramu!ilustrasi tenang hadapi masalah (pexels.com/Keira Burton)

Saat datang masalah dan persoalan di dalam hubungan asmaramu, cobalah untuk bersikap tenang dalam menghadapinya. Jangan mudah terpancing atau terbawa emosi di dalamnya. Karena jika kamu tidak bisa melakukannya, maka egomu akan semakin menuntunmu untuk mengeluarkan semua emosi dan amarah yang kamu miliki. 

Bukannya menyelesaikan masalah, justru semakin memperkeruh suasana. Belum lagi emosimu yang akan meledak-ledak karena kamu yang tak bisa mengendalikan egomu dengan baik. Jadi, berusahalab untuk bersikap tenang agar egomu dapat terkendali dengan baik dan kamu tidak dikuasai oleh emosi sesaatmu. 

Mengendalikan ego memang tidak mudah, tapi kamu perlu melakukannya jika kamu ingin menjaga keharmonisan hubungan asmaramu dengan pasangan. Ciptakanlah kenyamanan dalam menjalin hubungan dengan mengendalikan egomu dengan baik, sehingga mengurangi terjadinya konflik yang mungkin terjadi. Kamu bisa melakukannya dengan lima tips di atas.

Baca Juga: Gak Sepele, 7 Kebiasaan Bisa Merusak Keharmonisan Hubungan Asmaramu

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya