Comscore Tracker

5 Faktor Perusak Persahabatan, Sepele tapi Bahaya 

Jangan sampai gak tahu

Setiap orang memiliki setidaknya satu persahabatan yang hubungannya memburuk. Kadang-kadang karena mereka telah terpisah, tak berada di tempat yang sama.

Tetapi dalam banyak kasus, persahabatan hancur karena kesalahan umum yang biasanya dilakukan orang. Berikut ada lima hal yang bisa menjadi faktor rusaknya suatu persahabatan.

1. Iri hati

5 Faktor Perusak Persahabatan, Sepele tapi Bahaya ilustrasi wanita duduk (unsplash.com/Ivanna Mykhailiuk)

Jika salah satu merasa iri dengan kesuksesan yang lain, hal itu dapat dengan mudah merusak persahabatan kalian. Wajar untuk merasa iri, tetapi kalian tidak boleh membiarkan kecemburuan menguasai dan merusak hubungan kalian dengan sahabat. Sahabat yang suportif mampu mengatasi rasa iri mereka dan merayakan kesuksesan sahabatnya.

2. Menolak untuk memaafkan

5 Faktor Perusak Persahabatan, Sepele tapi Bahaya ilustrasi wanita sedih (unsplash.com/Raychan)

Hubungan apa pun pasti pernah mengalami pasang surut. Terkadang sahabat memiliki perselisihan dan bahkan pertengkaran, dan itu tidak menjadi masalah selama mereka bisa saling memaafkan. Namun, jika mereka menolak untuk saling memaafkan atas sesuatu yang mereka katakan atau lakukan dan menyimpan dendam, persahabatan mereka tidak akan bertahan lama.

3. Kurang komunikasi

5 Faktor Perusak Persahabatan, Sepele tapi Bahaya ilustrasi wanita bermain ponsel (unsplash.com/Becca Tapert)

Kalian mungkin berkata, "Tapi kita komunikasi terus, kok!" Tetapi apakah kalian berbicara tentang hal-hal yang sangat penting? Apakah kalian dapat memberi tahu sahabat bahwa ada sesuatu yang mengganggu kalian atau bahwa kalian kesal karena suatu alasan?

Persahabatan tidak selalu diterangi sinar matahari dan pelangi, kadang ada juga hujan dan badai yang menghalangi di jalan. Dan jika kalian tidak dapat berkomunikasi secara terbuka dan jujur, persahabatan kalian akan hancur.

Baca Juga: 5 Tips dari Sosiolog agar Persahabatan Selalu Langgeng

4. Mengkhianati kepercayaan

5 Faktor Perusak Persahabatan, Sepele tapi Bahaya ilustrasi wanita menangis (unsplash.com/Thought Catalog)

Persahabatan dibangun atas dasar kepercayaan. Saat kalian membagikan detail dan rahasia pribadi dengan sahabat, kalian tentu berharap mereka tidak akan memberi tahu siapa pun.

Seseorang yang membocorkan rahasia dan gosip tentang sahabatnya sendiri di belakang punggungnya bukanlah sahabat yang baik. Kebohongan juga termasuk mengkhianati kepercayaan. Tidak ada yang mau bersahabat dengan sosok seperti itu.

5. Menghabiskan terlalu banyak waktu bersama

5 Faktor Perusak Persahabatan, Sepele tapi Bahaya ilustrasi dua wanita dari belakang (unsplash.com/Roberto Nickson)

Menghabiskan waktu dengan sahabat memang menyenangkan, tetapi semua orang membutuhkan waktu untuk menyendiri. Jika kalian menghabiskan seluruh waktu luang dengan sahabat, kalian mungkin akan mulai merasa terkekang.

Jika kalian ingin persahabatan tersebut awet, kalian perlu memastikan bahwa kalian maupun sahabat tidak terlalu lengket satu sama lain. Persahabatan seharusnya tidak menghalangi kalian untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang penting lainnya.

Jaga persahabatanmu jika memang itu memang layak untuk dipertahankan. Jangan sampai persahabatan kalian hancur begitu saja hanya karena hal sepele seperti yang disebutkan di atas. Tapi jika memang sudah tidak layak, satu-satunya cara adalah melepaskan dan membiarkan kalian berjalan di jalan masing-masing.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana untuk Menguatkan Hubungan Persahabatan

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya