Comscore Tracker

5 Hal yang Jangan Pernah Dikorbankan untuk Sebuah Hubungan

Gak worth it! #IDNTimesLife

Hubungan dapat membawa pertumbuhan dan kebahagiaan atau bisa saja malah membuat yang menjalaninya merasa tercekik dan sesak setelah beberapa saat. Semua hubungan memiliki tujuannya. Hubungan apa pun harus bisa mendukung, mendorong, mengangkat, dan menantang kalian untuk menjadi orang yang lebih baik.

Jika kalian harus mengorbankan salah satu dari hal-hal berikut untuk hubungan, kalian mungkin perlu mengevaluasi kembali nilai apa yang ditambahkan orang tersebut ke dalam hidup kalian.

1. Kebebasan

5 Hal yang Jangan Pernah Dikorbankan untuk Sebuah Hubunganilustrasi perempuan memegang topi (unsplash.com/Jeremy Bishop)

Jika kalian selalu harus menghubungi pasangan atau merasa bersalah pergi ke suatu tempat bersama teman atau keluarga, ini menunjukkan bahwa pasangan kalian kurang percaya pada dirinya sendiri. Perilaku posesif hampir selalu menunjukkan rasa insecure yang ekstrem.

Meskipun orang ini layak mendapatkan cinta dan kebaikan, kalian perlu memutuskan hubungan dengan orang ini agar mereka bisa mengatasi perilakunya sendiri. Mengontrol pergerakan kalian menunjukkan bahwa orang tersebut tidak merasa nyaman dengan dirinya sendiri dan ini perlu diselesaikan sebelum dia berkomitmen pada hubungan jangka panjang.

2. Diri sendiri

5 Hal yang Jangan Pernah Dikorbankan untuk Sebuah Hubunganilustrasi perempuan berdiri (unsplash.com/kevin laminto)

Jangan pernah mengubah diri kalian untuk orang lain. Orang yang tepat akan mencintai kalian tidak kurang dari diri kalian yang sebenarnya. Juga, orang yang tepat tidak akan pernah ingin kalian berubah karena mereka benar-benar suka dengan diri kalian yang asli tanpa kalian harus mengubah apa pun.

Memang, semua hubungan membutuhkan kompromi kecil, namun kalian tidak perlu mengubah kepribadian atau kepercayaan hanya untuk orang lain. Jadilah diri sendiri tanpa penyesalan.

Baca Juga: 5 Hal Penting dalam Hubungan yang Fatal jika Sampai Hilang 

3. Kebahagiaan

5 Hal yang Jangan Pernah Dikorbankan untuk Sebuah Hubunganilustrasi perempuan memegang gelas (unsplash.com/Oleg Ivanov)

Jika seseorang tidak bisa meningkatkan kualitas hidup dan menambah kegembiraan kalian, lalu apa tujuan mereka dalam hidup kalian? Intinya jika pasangan membuat kalian merasa buruk tentang diri sendiri, maka inilah saatnya untuk berhenti dari hubungan itu. Kalian membutuhkan seseorang yang akan membawa energi positif ke dalam hidup, bukan seseorang yang mengambil energi positif itu dari hidup.

4. Mimpi

5 Hal yang Jangan Pernah Dikorbankan untuk Sebuah Hubunganilustrasi perempuan berdiri (unsplash.com/Marco Xu)

Pasangan yang ideal terdiri dari dua orang dengan misi yang sama, saling mendukung di setiap langkah. Atau, dua orang yang memiliki mimpi berbeda, namun tetap saling menyemangati dan mendukung.

Apa yang kalian inginkan dari kehidupan membentuk sebagian besar diri kalian dan kalian tidak membutuhkan seseorang yang menolak atau menghancurkan tujuan kalian itu.

5. Hubungan kalian dengan yang lain

5 Hal yang Jangan Pernah Dikorbankan untuk Sebuah Hubunganilustrasi teman (unsplash.com/Bùi Thanh Tâm)

Hubungan kalian dengan teman dan keluarga seharusnya tidak terusik hanya karena kalian memiliki pasangan. Poin ini sedikit terkait dengan perilaku posesif karena ini dapat secara signifikan membahayakan hubungan lain dalam hidup kalian.

Pasangan harus mengizinkan kalian memiliki waktu bersama teman dan keluarga tanpa menjadi posesif dan berusaha mengontrol dengan siapa dan kapan kalian bergaul. Pastikan kalian memiliki pasangan yang pengertian dan percaya diri yang tidak membutuhkan kalian sepanjang waktu untuk bahagia

Semua orang menginginkan sebuah hubungan, seseorang yang spesial untuk diajak tertawa bersama dan dapat menikmati saat-saat berharga dalam hidup. Namun, jika kalian merasa kehilangan diri sendiri sedikit demi sedikit, mungkin inilah saatnya untuk mengevaluasi kembali hubungan itu. Kalian layak mendapatkan cinta sejati dan sepenuh hati dalam hidup.

Baca Juga: 5 Ciri Pasangan yang Berpotensi Merusak Hubungan Persahabatanmu

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya