Comscore Tracker

5 Cara Jitu Memperbaiki Kualitas Diri setelah Putus Cinta

Udah gak jaman galau-galauan

Berakhirnya hubungan asmara selalu berhasil membuat sedih banyak orang, terutama wanita. Tidak jarang para wanita ini pun merasa bahwa dunia seolah berakhir karena kebahagiaannya telah sirna.

Harus ada cara-cara khusus yang dilakukan wanita untuk mengembalikan senyum di wajahnya setelah mengalami masa-masa sulit putus cinta. Berikut ini adalah lima caranya.

1. Mendekatkan diri pada Tuhan

5 Cara Jitu Memperbaiki Kualitas Diri setelah Putus Cintapixabay.com/Pexels

Ketika kamu merasa sendirian tidak memiliki siapa-siapa dan seolah hilang arah, tempat yang paling tepat untuk mengadu adalah Tuhan. Dekatkanlah dirimu pada Tuhan dan ikhlaskanlah semua hal yang telah terjadi. 

Panjatkanlah doa-doa yang baik supaya dikabulkan Tuhan. Kamu harus ingat bahwa putus cinta bukanlah akhir dari segalanya. Percayalah bahwa Tuhan telah menyiapkan seseorang yang baik dan pantas untuk mendampingimu.

2. Membiasakan diri untuk tidak bergantung pada orang lain

5 Cara Jitu Memperbaiki Kualitas Diri setelah Putus Cintapexels.com/Immortal shots

Hal ini penting untuk kamu lakukan. Jika sebelumnya kamu selalu bergantung pada pasangan, sekarang adalah saat yang tepat bagi kamu belajar hidup mandiri dengan melakukan segala sesuatunya seorang diri. Tanamkan pemikiran dalam kepalamu bahwa tidak ada orang yang bisa diandalkan selain diri kamu sendiri. 

Baca Juga: Baru Putus Cinta? 5 Lagu Barat Ini Cocok Kamu Nyanyikan pada Mantan

3. Rajin olahraga

5 Cara Jitu Memperbaiki Kualitas Diri setelah Putus Cintapexels.com/Rui Dias

Setelah putus kamu pasti memiliki lebih banyak waktu untuk memperhatikan diri sendiri daripada ketika masih berpacaran. Salah satu cara positif mengisi waktu luang adalah dengan mulai rajin berolahraga. 

Namun, jangan sampai niat olahraga yang kamu miliki dikotori dengan keinginan supaya mantan menyesal setelah kamu memiliki bentuk tubuh yang bagus. Tentu alasan ini kurang tepat. Seharusnya kamu niatkan olahraga untuk membuat tubuh sehat sehingga bisa melakukan aktivitas dengan lancar.

4. Terus menebarkan kebaikan dan kasih sayang pada orang lain

5 Cara Jitu Memperbaiki Kualitas Diri setelah Putus Cintapexels.com/rawpixel.com

Berhenti menyalahkan pasangan, keadaan, dan lingkungan sekitar ketika hubungan asmaramu harus berakhir. Tetapi, jadikanlah peristiwa tersebut sebagai pembelajaran terbaik dalam hidupmu. Teruslah menebar kebaikan dan kasih sayang dengan semua orang. Percayalah, senyum tulus dari mereka yang telah kamu bantu pasti juga bisa membuat hati terasa lebih damai. 

5. Memandang putus cinta sebagai pengalaman hidup yang baik

5 Cara Jitu Memperbaiki Kualitas Diri setelah Putus Cintapixabay.com/JillWellington

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa kamu harus menjadikan putus cinta sebagai pengalaman hidup terbaik. Kamu tidak perlu membuang-buang tenaga untuk membenci mantan. Nilailah segala sesuatu dari sudut pandang yang positif. 

Nah, itulah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kualitas diri setelah putus cinta. Wanita jangan mau dinilai lemah dalam hal cinta. Maka dari itu, bangkitlah dan jangan terpuruk pada keadaan. Masih banyak hal penting lain yang bisa kamu lakukan. 

Baca Juga: Buat Kamu yang Baru Putus Cinta, 5 Kegiatan Ini Dapat Menghiburmu

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You