Comscore Tracker

5 Cara Menghindari Terjadinya KDRT dalam Hubungan Asmara

Awali dengan menghargai diri sendiri

KDRT atau Kekerasan Dalam Rumah Tangga bisa menimpa siapa saja. Bahkan di dalam hubungan yang dibangun berdasarkan cinta dan kasih sayang pun bisa saja terjadi KDRT.

Tindakan KDRT memiliki dampak yang tidak baik bagi korban. Selain mengalami luka fisik, korban juga dapat terganggu keseimbangan mentalnya. 

Mengingat dampak KDRT yang sangat mengerikan tersebut, pasti siapapun tidak ingin mengalaminya, bukan? Nah, agar kamu terhindar dari KDRT yang dilakukan oleh pasangan, berikut ini terdapat lima cara yang harus kamu lakukan.  

1. Menyadari bahwa kamu sangat berharga

5 Cara Menghindari Terjadinya KDRT dalam Hubungan Asmarapexels.com/bruce mars

Seharusnya sebelum mencintai pasangan, kamu harus terlebih dahulu mencintai dan menghargai diri sendiri karena dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk membagikan cinta dan kasih sayangmu pada orang lain. 

Saat berhasil menghargai diri sendiri, pasti kamu juga tidak akan rela apabila ada orang lain yang melakukan tindakan kekerasan dan perilaku yang semena-mena terhadapmu. Ketika hal itu terjadi, pasti kamu akan segera mencari jalan keluar untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

2. Mengetahui latar belakang pasangan

5 Cara Menghindari Terjadinya KDRT dalam Hubungan Asmarapexels.com/Immortal shots

Sangat penting untuk kamu mengetahui latar belakang pasangan sebelum melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius lagi. Cari tahu secara mendalam mengenai keluarganya, pendidikannya, pekerjaan, dan teman-teman di lingkup pergaulannya. Dengan begitu kamu jadi bisa memahami bagaimana karakter dia yang sebenarnya. 

Baca Juga: 4 Jenis KDRT yang Jarang Diketahui Orang, Jangan Sampai Terjebak Ya

3. Jangan terburu-buru memutuskan untuk menikah

5 Cara Menghindari Terjadinya KDRT dalam Hubungan Asmarapexels.com/Habib Hosseini

Kamu tidak boleh terburu-buru mengambil keputusan untuk menikah dengannya. Banyak orang yang mengeluhkan perbedaan sikap pasangan saat melakukan pendekatan dan setelah menikah. Setidaknya kamu harus menghabiskan waktu minimal 2 tahun untuk mengenalnya lebih dalam lagi. Jadi, nikmati dulu prosesnya ya, guys.

4. Carilah pasangan yang bisa menempatkanmu sebagai partner

5 Cara Menghindari Terjadinya KDRT dalam Hubungan Asmarapexels.com/Dominique ROELLINGER

Setiap orang bisa mewujudkan relationship goals saat mereka saling memandang pasangan sebagai partner yang setara. Pria tidak boleh memandang rendah pasangan dan menganggap bahwa hanya dialah yang memiliki kedudukan tertinggi. Pun dengan wanita yang juga tidak diperbolehkan untuk selalu tunduk pada pria atas dasar cinta. 

5. Bersikap terbuka untuk menceritakan semua hal pada orang terdekat

5 Cara Menghindari Terjadinya KDRT dalam Hubungan Asmarapexels.com/Pixabay

Memiliki teman yang bisa kamu ajak bicara dan dapat dipercaya itu penting, lho. Saat hubunganmu dan dia sedang tidak baik-baik saja, jangan ragu untuk menceritakannya pada teman yang bisa kamu percayai tersebut. Dengan begitu kamu bisa memperoleh saran atau pendapat lain terhadap solusi penyelesaian masalah yang sedang kamu hadapi bersama pasangan.

Kamu pun bisa mengandalkannya untuk memberikan pertolongan apabila terjadi sesuatu padamu. 

Nah, itulah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari KDRT. Hargai dirimu sendiri. Kamu tidak boleh diam saja saat pasangan melakukan tindak kekerasan padamu hanya karena kamu mencintainya. 

Baca Juga: Kenali 7 Mitos tentang BDSM, Benarkah Berhubungan Seks dengan Kasar?

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya