Comscore Tracker

Masih Suka Kepoin Sosmed Mantan? Ini 6 Cara Menghentikannya

Ayo, semangat move on!

Kamu baru saja putus dengan pasanganmu? Atau sudah lama putus tapi belum juga bisa move on? Ngaku deh, yang belum move-on pasti pernah nyolong-nyolong waktu buat stalk sosial media doi kan?

Memang, kalau ada waktu senggang kita mungkin suka teringat sama kenangan-kenangan masa lalu. Ujung-ujungnya, kita pasti kangen dengan mantan pacar dan memilih mencari tahu kabarnya lewat akun Instagram, Twitter, atau yang lain.

Tapi guys, daripada kepoin sosial media mantan bikin hati kamu galau lagi, mending lakukan beberapa hal ini supaya waktu senggangmu jadi lebih bermanfaat. Dan yang terpenting, hal-hal di bawah ini ampuh stop kecanduanmu tersebut. Apa saja ya? So check this one.

1. Sibukkan diri dengan kegiatan positif

Masih Suka Kepoin Sosmed Mantan? Ini 6 Cara Menghentikannyaunsplash/@c_tohatan

Tak bisa dihindari, waktu senggang memang menjadi kesempatan bagus untuk memorimu menjelajah ke masa lalu. Justru karena itu, semakin banyak waktu senggang, berarti semakin banyak waktu bagi kamu untuk mengingat-ingat kenangan dengan mantan pasangan.

Nah, agar waktu luangmu tidak sia-sia, lebih baik cari kegiatan bermanfaat yang bisa membuatmu berkembang. Kamu bisa mencari hobi baru, atau mengasah kemampuan spesialmu supaya lebih meningkat atau ikutan kegiatan sosial juga bagus untuk pengalamanmu lho.

2. Hibernasi bermain jejaring sosial

Masih Suka Kepoin Sosmed Mantan? Ini 6 Cara Menghentikannyaunsplash/@thoughtcatalog

Yup, cara selanjutnya yang cukup manjur adalah dengan berhenti membuka sosial mediamu sementara waktu. Daripada kamu harus meng-unfollow, unfriend, atau memblokir yang terkesan buru-buru dan kekanakan, lebih-lebih jika kalian baru saja putus, mungkin lebih bijaksana kalau kamu istirahat dari dunia maya sebentar.

Nanti kalau patah hatimu sedikit mereda, kamu boleh lanjut sosmed-an, asal gak untuk stalking mantan lagi tentunya.

Baca Juga: Ada Udang di Balik Batu, 7 Kalimat Ini Tanda Mantan Ingin Balikan

3. Habiskan waktu bersama teman-teman atau keluarga

Masih Suka Kepoin Sosmed Mantan? Ini 6 Cara Menghentikannyaunsplash/@loveyourneighbour

Kamu punya list perjalanan yang pengen banget kamu lakukan bareng keluarga atau teman-temanmu? Kalau begitu, ini saat yang tepat! Kamu bisa menghabiskan waktu untuk mengunjungi tempat wisata impian, atau sekadar weekend-an di sekitar kota tinggalmu.

Selain ampuh menghalau keinginan untuk cek sosmed mantan, kegiatan ini juga bisa menjadi ajang berkumpul dan menghangatkan kembali kebersamaan dengan keluarga atau sahabat. Kalian pasti jarang bisa kumpul-kumpul bareng di hari-hari kerja, bukan?

4. Ubah playlist lagu

Masih Suka Kepoin Sosmed Mantan? Ini 6 Cara Menghentikannyaunsplash/@rawpixel

Apa hubungannya playlist lagu sama kebiasaan ngepoin mantan?

Seringkali, keinginan untuk mencari tau kabar mantan timbul setelah kita mendengar lagu-lagu favorit kita di ponsel.

Rasanya mustahil banget kalau nggak satupun lagu di daftar putarmu nggak menyimpan kenangan dengan dia, atau minimal ada lagu-lagu yang liriknya sangat cocok menggambarkan keadaan hatimu.

Maka dari itu, untuk meminimalisir intensitas memikirkan masa lalu, lebih baik ganti lagu-lagu favoritmu yang sendu dengan lagu-lagu punya Twice misalkan.

5. Beri apresiasi pada diri sendiri jika berhasil menahan keinginan untuk stalking

Masih Suka Kepoin Sosmed Mantan? Ini 6 Cara Menghentikannyaunsplash/@arnelhasanovic

Self rewarding atau menghadiahi diri sendiri bisa dijadikan cara agar dirimu terpacu untuk move-on lho! Caranya, kamu bisa membuat perjanjian dengan diri sendiri, misalkan jika kamu berhasil nggak kepoin sosial media mantan selama sebulan, kamu berhak dapatkan hadiah berupa nonton konser penyanyi favoritmu, atau kamu boleh bolos kerja/kuliah seharian.

Walaupun kelihatannya sepele, cara ini bisa membuat kamu lebih konsisten dengan janji, sekaligus lebih menghargai diri sendiri.

6. Ceritakan keinginanmu pada sahabat

Masih Suka Kepoin Sosmed Mantan? Ini 6 Cara Menghentikannyaunsplash/@trung18tuoi

Kalau kamu memang berniat untuk melupakan mantan, dan berhenti untuk penasaran soal kabarnya, mungkin cara ini bisa kamu lakukan. Bicaralah pada teman dekatmu bahwa kamu sedang berusaha melupakan masa lalumu. Biarkan mereka tahu, sehingga sahabatmu akan membantu mengingatkan jika kamu mulai buka-buka jejaring sosial mantanmu lagi.

Terakhir yang perlu diingat, seberapapun banyak tips-tips move on yang kamu baca, dari ahli A sampai Z pun, nggak akan ada hasilnya kalau kamu nggak memegang kunci satu ini. Niat! Jadi, kalau serius lupain masa lalu, jangan setengah-setengah. Semoga berhasil guys!

Baca Juga: Bikin Rugi Sendiri, Ini 5 Fase Hate Stalking yang Perlu Kamu Ketahui!

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya