Comscore Tracker

Gak Sulit, 5 Cara Ekspresikan Cinta setelah Bertengkar Sama Pasangan

Biar hubungan kalian pulih dan kembali hangat

Bertengkar merupakan salah satu fase yang harus selalu dihadapi semua pasangan. Melalui konflik dan pertengkaran, dua pasangan akan tumbuh dan menjadi dewasa dalam menangani perbedaan pendapat. 

Pertengkaran yang baik pasti bukanlah pertengkaran yang berlarut-larut. Walau butuh waktu, pasangan harus sama-sama berusaha memulihkan hubungan bagaimana pun caranya. Nah, menunjukkan cinta dan mengembalikan kehangatan seusai konflik bukanlah hal sulit, jika kamu melakukan lima langkah di bawah ini!

1. Jangan lakukan hal yang memperburuk keadaan

Gak Sulit, 5 Cara Ekspresikan Cinta setelah Bertengkar Sama PasanganUnsplash/Valerie Elash

Walaupun perasaan marah masih jelas kamu rasakan, sebisa mungkin kontrol diri dan emosi agar tak melakukan hal-hal yang justru memperburuk keadaan. Di saat pikiranmu kalut jangan pernah sembarang berbicara, apalagi mengungkit-ungkit permasalahan yang sebelumnya pernah kalian alami. 

2. Berbicaralah dengan love language ala kalian

Gak Sulit, 5 Cara Ekspresikan Cinta setelah Bertengkar Sama PasanganUnsplash/Aldo Delara

Yup, setiap pasangan punya cara unik masing-masing dalam menunjukkan bahasa cintanya. Setelah bertengkar, biasanya dua pasangan akan mengalami situasi canggung. Di saat ini, penting untuk mencoba atau mengatakan hal-hal yang kamu tahu akan diterima oleh pasangan.

Tak harus selalu berupa kata, kamu bisa melakukannya lewat tindakan dan sentuhan. Love language sangat membantu dalam menghangatkan kembali hatimu dan pasangan. 

Baca Juga: Supaya Gak Bertengkar, Ingat 5 Hal Ini saat Diskusi Bareng Pasangan

3. Setelah waktu berlalu, tak ada salahnya berbagi tawa soal konflik tersebut

Gak Sulit, 5 Cara Ekspresikan Cinta setelah Bertengkar Sama PasanganUnsplash/David Kokainis

Tidak semua perkelahian bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Namun, setelah beberapa saat berlalu, kamu dan pasangan bisa menggunakan humor untuk memulihkan keadaan. 

Menertawakan konflik bersama-sama cukup efektif meredakan pertengkaran. Cara ini mampu memperbaiki perasaan terluka, dan meringankan suasana yang menegang. Berbagi tawa setelah pertengkaran, adalah cara yang tepat mengembalikan hubungan kalian!

4. Minta maaf, dan tunjukkan penyesalanmu dengan serius

Gak Sulit, 5 Cara Ekspresikan Cinta setelah Bertengkar Sama PasanganUnsplash/Joanna Nix-walkup

Sekadar mengatakan maaf saja tentu mudah. Namun, tidak semua orang bisa menelan egonya ketika sedang marah, dan secara tulus meminta maaf. Setelah bertengkar, jauh lebih baik jika kamu mau menyampaikan penyesalanmu dengan serius. 

Kesampingkan harga diri, dan akui jika kamu memang membuat sebuah kesalahan. Sampaikan apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaikinya. Pertengkaran memang tidak pernah menyenangkan. Namun, peristiwa satu ini menawarkan timbal balik yang berharga bagi hubungan kamu dengannya.  

5. Luangkan waktu hanya untuk berdua

Gak Sulit, 5 Cara Ekspresikan Cinta setelah Bertengkar Sama PasanganUnsplash/Toa Heftiba

Terakhir, kamu dan pasangan bisa saling mengekspresikan cinta dengan cara menghabiskan waktu berdua. Jadwalkan sebuah kencan dan makan malam romantis. Atau jika lebih suka di rumah, kalian bisa merencanakan masak bersama, nonton film, atau kegiatan lainnya. 

Quality time yang kamu buat dengan pasangan setelah masa-masa pertengkaran, sangat penting untuk menjalin kembali komunikasi yang terhambat dan putus sebelumnya. 

Nah, itu dia lima langkah mudah memperbaiki kehangatan hubungan setelah terjadi pertengkaran. Karena konflik adalah hal yang wajar, jangan berlarut-larut dan kebiasaan memperbesar perkelahian ya.

Baca Juga: 7 Hal Sederhana yang Membuatmu Jarang Bertengkar dengan Pasangan

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya