Comscore Tracker

Lama Jomlo? Ingat 7 Petuah Ini Saat Kamu Mulai Sedih dan Putus Asa

Embracing your single life!

Menjadi single bisa menjadi hal yang cukup merepotkan di beberapa situasi, terutama ketika berada di lingkup sosial, semisal berkumpul dengan keluarga, teman, atau menghadiri acara tertentu.

Beragam pertanyaan menyebalkan seperti, Lho kok sendirian? atau Kamu cantik/ganteng kok jomlo?, atau bahkan tuduhan seperti kita terlalu picky-lah penyebab kita tak kunjung punya gandengan.

Sadar atau tidak, lingkungan sekitar biasanya terkesan menistakan status jomlo. Membuat kita lama-lama capek atau bahkan membenarkan perkataan mereka, dan mensugesti diri bahwa benar ada yang kurang yang belum kita miliki.

But please, jangan merasa sedih apalagi putus asa karenanya. Jika kamu mulai bosan dengan kehidupan solo-mu, ingat selalu tujuh hal berikut supaya gak ada yang bisa merusak kebahagiaanmu saat ini. Simak yuk!

1. Hanya karena lama menjadi jomlo, bukan berarti ada yang salah pada dirimu

Lama Jomlo? Ingat 7 Petuah Ini Saat Kamu Mulai Sedih dan Putus AsaUnsplash/Ethan Sykes

Karena omongan orang lain, kadang kamu akhirnya terpengaruh dan memikirkan sesuatu yang seharusnya tidak dijadikan beban. Saat orang bilang fisik kita mendukung, tapi kenapa belum bertemu pendamping misalnya, bukan tidak mungkin kamu jadi kepikiran dan galau soal apa yang salah dari dirimu  

Padahal dengan banyak kekurangan pun, yang namanya jodoh pasti akan datang menghampirimu kalau waktunya sudah tepat. Percaya pada Tuhan, penantianmu gak bakalan sia-sia!

2. Memiliki pasangan tidak selalu lebih bahagia ketimbang solo

Lama Jomlo? Ingat 7 Petuah Ini Saat Kamu Mulai Sedih dan Putus AsaUnsplash/Alrick Gilard

Kamu pasti sering kan, melihat meme-meme bertebaran yang bilang bahwa jadi jomlo itu menyenangkan daripada taken? Mulai dari gak perlu boros buat modal pacaran, nggak menghadapi drama-drama pertengkaran sama pacar, dan banyak lagi.

Menjadi seorang lajang memberimu banyak kebebasan. Kamu bisa melakukan banyak hal yang kamu mau tanpa ada yang membatasi. Kamu juga jadi punya banyak waktu untuk meningkatkan kualitas diri. Inilah waktunya kamu menjadi berlian yang mahal!

3. Lebih baik sendirian daripada berhubungan dengan orang yang salah

Lama Jomlo? Ingat 7 Petuah Ini Saat Kamu Mulai Sedih dan Putus AsaUnsplash/Kaylah Matthews

Buat apa buru-buru mencari gandengan hanya untuk menanggalkan status lajang? Bukannya bahagia, hal ini justru berpotensi menjebakmu dalam hubungan yang merugikan, karena bisa saja kamu bertemu dengan orang yang salah.

Alih-alih, nikmati kesendirian sembari menyaring dan melihat satu per satu orang yang mendekat. Jangan sampai kamu hanya menguras energi karena berhubungan dengan orang yang toxic!

Baca Juga: 7 Alasan Menjalani Hidup Jomblo Itu Menguntungkanmu, Jangan Sedih!

4. Daripada sedih karena hal yang tak kamu miliki, lebih baik syukuri semua yang telah kamu punya

Lama Jomlo? Ingat 7 Petuah Ini Saat Kamu Mulai Sedih dan Putus AsaUnsplash/Bagas Muhammad

Jangan fokus pada sesuatu yang belum kamu miliki. Justru, pikirkan dan syukurilah apa pun yang kamu punya, karena barang kali banyak di luar sana yang menginginkan posisimu saat ini.

Boleh jadi kamu tak punya pasangan, namun punya pendidikan tinggi, karier cemerlang, atau keluarga dan sahabat yang amat menyayangimu.

Jadi, selalu berpikir positif sebelum kamu mengeluh dengan hidup yang kamu jalani.

5. Teruslah melajang sampai menemukan seseorang yang mencintai dan menghargaimu

Lama Jomlo? Ingat 7 Petuah Ini Saat Kamu Mulai Sedih dan Putus AsaUnsplash/Aldo Delara

Cinta yang sejati tidak dapat dipaksa buru-buru datang. Selain itu, menjadi single mungkin bukanlah sebuah keputusasaan, melainkan pilihan yang kamu ambil secara sadar. Mungkin, kamu belum siap membuka hati setelah disakiti sebelumnya.

Jadi, ambil waktu sebanyak mungkin untuk berbahagia dan mengenali baik-baik sosok yang menghampiri. Apakah tepat? Temujan ia yang tulus mencintaimu dan selalu menghargaimu. 

6. Sebelum mencari seseorang untuk dicintai, belajar cintai diri sendiri dahulu

Lama Jomlo? Ingat 7 Petuah Ini Saat Kamu Mulai Sedih dan Putus AsaUnsplash/Alexandra Lammerink

Pernah gak, kepikiran bahwa selama ini kamu sudah cukup bekerja keras dan berjuang setiap hari, tapi masih kurang memberi reward untuk diri sendiri? Jika ya, berarti ini kesempatanmu untuk melakukan self-care. 

Belajar lebih mencintai diri sendiri akan mengurangi kesedihan dan rasa kesepianmu. Kamu tidak lagi terlalu menggantungkan kebahagiaan di pundak orang lain, karena kamu bisa menciptakan sendiri bahagiamu.

7. Jangan risau, kamu tak akan melajang selamanya

Lama Jomlo? Ingat 7 Petuah Ini Saat Kamu Mulai Sedih dan Putus AsaUnsplash.com/Jonathan Borba

Dan yang terakhir, jangan pernah khawatir dengan statusmu. Kamu tak akan selamanya melajang, kecuali jika itu sudah menjadi prinsipmu. Semua manusia diciptakan berpasang-pasangan. Tuhan sudah menjamin itu. Jadi, tetap nikmati hidup dengan apapun yang kamu punya!

Nah, itu dia tujuh petuah yang wajib kamu ingat biar nggak galau lagi karena lama sendirian. Gimana, kamu siap menjadi solo paling berbahagia?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Jomblo adalah Pilihan Hidup

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya