Comscore Tracker

5 Hal Ini Bisa Memperbaiki Hubungan Kamu dengan Pasangan, lo!

Buat kamu yang pengin balikan, simak baik-baik, ya!

Hubungan itu sangat rumit dan dapat putus hanya karena masalah kecil. Bisa juga karena kesalahpahaman sederhana. Setelah putus, sulit untuk memperbaiki hubungan dan mendapatkan kembali intensitas kasih sayang yang sama dalam hubungan.

Mungkin ada alasan yang terlihat; mungkin ada kesalahpahaman atau kesenjangan komunikasi; kadang-kadang bisa juga kesalahan orang lain.  Dalam artikel ini, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui ketika kamu ingin memperbaiki hubunganmu dengan pasanganmu. Simak sampai habis, ya!

1. Pahami alasan di balik putusnya hubungan kalian

5 Hal Ini Bisa Memperbaiki Hubungan Kamu dengan Pasangan, lo!Pexels/pixabay

Untuk mengatasi masalah apa pun, memahami alasannya adalah penting. Tanpa mengetahui akar penyebabnya, masalah hubungan tidak dapat diperbaiki. 

Cari tahu setiap tahap hubungan dan temukan pada titik mana kesalahannya. Begitu alasan putusnya disadari, solusinya mungkin mudah. Cari tahu apa yang menyebabkan perpisahan. Hal itu bisa membantu kalian untuk memperbaiki hubungan. Kamu bisa mencari tahu alasan perpisahan kalian.

2. Memaafkan itu ajaib

5 Hal Ini Bisa Memperbaiki Hubungan Kamu dengan Pasangan, lo!Unsplash/freestocks.org

Setelah masalah tersebut digali, langkah selanjutnya adalah memaafkan kesalahan. Jika kamu masih berpegang pada kesalahan yang dilakukan oleh pasangan, hal itu dapat menyebabkan putusnya hubungan lagi di masa depan.

Pahami mengapa pasanganmu melakukan kesalahan seperti itu dan maafkan dia selamanya jika kamu masih ingin membawa hubungan lebih jauh. Pemberian maaf bisa membuat kalian beranjak dan memulai hidup baru.

Jika kesalahan yang ditemukan telah dilakukan oleh dirimu, bersiaplah untuk berubah sepenuhnya dan berjanjilah untuk tidak mengulanginya lagi.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Harus Berhenti Memperjuangkan Hubunganmu, Gak Egois Kok!

3. Perbarui komitmen

5 Hal Ini Bisa Memperbaiki Hubungan Kamu dengan Pasangan, lo!Unsplash/freestocks.org

Setelah kamu kembali ke jalur yang benar, perbarui komitmen dan beri tahu pasanganmu bahwa kamu punya resolusi dan keputusan baru. Setelah kamu berkomitmen untuk menjadi baik pada pasanganmu dan juga untuk menghindari kesalahan, patuhi komitmen tersebut.

Banyak pasangan yang berkomitmen dan mereka mudah melupakannya. Konsistensi sangat diperlukan untuk menjaga kehangatan hubungan yang pernah ada. Benar bahwa kamu tidak akan pernah bisa mengubah masa lalu, tapi masa depan mungkin. Sadarilah kesalahan masa lalu dan berkomitmenlah untuk tidak mengulanginya di masa depan.

4. Ubahlah diri kamu

5 Hal Ini Bisa Memperbaiki Hubungan Kamu dengan Pasangan, lo!Unsplash/Angelina Litvin

Kamu mungkin tidak dapat mengubah pasangan sesuai keinginanmu, tetapi kamu bisa mengubah dirimu sendiri dengan sangat baik. Mengubah diri sendiri adalah cara yang terbaik untuk menyelesaikan masalah dan memperbarui masalah.

Perubahan itu mungkin membuat kamu tampak lebih menarik dan diterima oleh pasangan. Kamu juga dapat mencoba menerapkan perubahan tertentu pada pasangan tetapi jika orang tersebut bersedia.

Satu-satunya cara adalah mengubah diri sendiri untuk mematuhi pasangannya. Mengubah diri sendiri tidak berarti tunduk pada pasangan, tetapi mengikuti cara yang lebih baik untuk berada dalam hubungan yang lebih memuaskan.

5. Komunikasi adalah kunci

5 Hal Ini Bisa Memperbaiki Hubungan Kamu dengan Pasangan, lo!Unsplash/Priscilla Du Preez

Sebagian besar masalah dalam hubungan dapat diselesaikan dengan komunikasi yang benar dengan pasangan. Secara umum, sedikit kesalahpahaman atau kesalahan berulang sering menjadi penyebab perpisahan.

Dekati masalah dalam suatu hubungan secara positif dan cobalah untuk membuat pemahaman akan situasi yang sebenarnya. Komunikasi berarti menyampaikan fakta dan kebenaran dan juga menawarkan dukungan, bantuan, dan saling memaafkan.

Bicara dengan pikiran terbuka. Jangan mencoba membela atau menolak argumen pasangan dan saling menuduh atas semua kesalahan. 

Itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika kamu ingin memperbaiki hubunganmu dengan pasangan. Goodluck!

Baca Juga: 5 Tips Memulai Hubungan Percintaan dengan Orang Baru, Santai Saja!

Siti Amelia Photo Writer Siti Amelia

still try and write about anything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya