Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Teman yang Sering Membuatmu Insecure

Jangan sampai circle pertemananmu bikin gak nyaman, ya

Mungkin ada beberapa dari kita yang dikelilingi oleh pertemanan yang tidak membuat kita nyaman. Seperti teman yang suka membuat kita merasa insecure. Tentunya, hal ini sangat mengganggu dan membuat kita malas untuk bergabung dalam circle yang seperti itu.

Belum lagi jika kita tidak enak menegurnya, karena yang membuat kita insecure adalah teman kita sendiri. Tapi, tetap harus ada hal yang dilakukan untuk hal seperti ini. 

Nah, berikut ini adalah lima cara menghadapi teman yang sering membuatmu insecure. Simak, yuk!

1. Berikan pembelaan terhadap ucapannya

5 Cara Menghadapi Teman yang Sering Membuatmu Insecurefreepik.com/

Jika temanmu sering membicarakan fisikmu atau menegur beberapa hal yang tidak bisa kamu ubah, kamu bisa banget untuk speak up. Pembelaan atas dirimu sendiri adalah hal yang penting. Kamu bisa merespon ucapannya secara halus, atau langsung membela diri dengan usaha-usaha yang sudah kamu lakukan akan hal tersebut, lho. Jangan berdiam diri saja, ya!

2. Bersikap tegas

5 Cara Menghadapi Teman yang Sering Membuatmu Insecurefreepik.com/@dmytrenko.fsk

Jika dengan bersikap halus tidak membuatnya berhenti membicarakanmu, bersikap tegas adalah opsi selanjutnya. Kamu boleh banget langsung bilang kalau kamu gak suka dengan sikapnya. Kamu juga bisa berkata bahwa ucapannya membuatmu tidak nyaman hati.

Terkadang, teman yang seperti ini memang harus disadarkan mengenai apa yang telah dilakukannya. Siapa tau ia juga sadar dan jadi belajar untuk memperbaiki dirinya sendiri berkat ketegasanmu ini!

Baca Juga: Sering Terjadi, 5 Cara Menghentikan Rasa Insecure dalam Hubungan

3. Kurangi interaksi dengannya

5 Cara Menghadapi Teman yang Sering Membuatmu Insecurefreepik.com/@yanalya

Kalau memang hal ini tidak tertolong lagi, kamu bisa perlahan mengurangi interaksi dengannya. Ini adalah hak kamu untuk menyeleksi siapa yang mau kamu ajak berteman, dan siapa yang tidak. Karena insecurity adalah hal yang fatal untuk kesehatan mental kamu, kamu berhak mem-filter circle pertemanan kamu untuk menghindari toxic friendship. Ingat hal ini baik-baik, ya!

4. Jangan pikirkan perkataannya

5 Cara Menghadapi Teman yang Sering Membuatmu Insecurefreepik.com/@cookie_studio

Pastinya, setelah semua itu terjadi, kamu harus biarkan dan lupakan. Mereka yang membicarakanmu tidak tahu apa yang telah kamu lalui selama ini. Dan anggaplah mereka hanya iri dengan usaha yang telah kamu lakukan. Kamu tetap harus sadar bahwa kamu adalah satu-satunya orang yang mengenal dirimu sendiri, dan kamu tidak perlu orang lain untuk menyadari itu. You are beautiful just the way you are!

5. Jadikan hal itu sebagai motivasi

5 Cara Menghadapi Teman yang Sering Membuatmu Insecurefreepik.com/@prostooleh

Kamu bisa mengambil pelajaran dari semua yang telah terjadi. Kamu bisa terus mencoba menggapai standar kecantikan dirimu sendiri dengan terus berjuang dan berusaha. Jangan sampai apa yang telah teman kamu ucapkan membuat kamu down, dan berhenti. Jangan bersedih hanya karena ucapan asal mereka. Kamu justru harus semakin semangat! 

Itulah lima cara menghadapi teman yang sering membuatmu insecure. Yang harus kamu ingat adalah, kamu tidak perlu peduli dengan semua yang membicarakanmu. Kebahagiaanmu tetap nomor satu. Semangat, ya!

Baca Juga: Awet! 6 Cara Menyenangkan untuk Menjaga Pertemanan Setelah Lulus 

Denty Rizqita Photo Verified Writer Denty Rizqita

Semoga tulisan-tulisannya bermanfaat, yaa!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya