Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah, Catat!

Biar gak ada yang kelewatan!

Ada yang ingin segera menikah karena sudah lama pacaran, ada yang ingin menikah setelah mapan, dan ada juga yang ingin menikah dengan siapa pun yang datang duluan untuk melamar. Semua tergantung diri sendiri, kalau sudah ada calonnya dan sudah siap untuk menikah, mengapa harus ditunda? Tapi harus diingat menikah bukan hanya sekadar menikah.

Bukan hanya menerima apa yang sudah terlihat oleh mata, namun siap menerima apa pun yang akan terjadi nantinya.  Bukan hanya menyatukan dua kepala menjadi satu pemikiran, namun menyatukan dua keluarga agar menjadi keluarga besar yang harmonis. Nah, apa saja yang perlu disiapkan sebelum menikah? Mari kita simak!

1. Niat menikah

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah, Catat!Bergandengan tangan (unplash.com/Jeremy Wong Weddings)

Persiapan pertama dan utama seseorang yang akan menikah ialah niat. Niat berada di dalam hati dan berkaitan erat dengan motif dan tujuan. Sebagai umat muslim niat menikah kita tujukan karena Tuhan. Bukan niat karena ingin segera melepas masa jomblo, bukan karena dapat lelaki yang kaya, dan bukan karena umur yang sudah mulai menua.
Niatkan semua karena Tuhan, maka akan mendapatkan keberkahan di dalamnya.

Niat bukan hanya niat, namun diimbangi dengan perbuatannya. Meskipun susah, ketika kita meniatkan sesuatu karena Tuhan, pasti akan mudah.

2. Tujuan menikah

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah, Catat!Kehamilan (unplash.com/John Looy)

Setiap orang yang menikah pasti memiliki tujuan bersama. Entah itu untuk memiliki keturunan, untuk beribadah, dan untuk menyempurnakan separuh agamanya. Tujuan yang baik akan mendatangkan hal-hal yang baik pula. Apalagi sudah diniatkan karena Tuhan, semua akan dimudahkan. 

Baca Juga: Harus Siap, Ini 5 Ketidaknyamanan yang Akan Kamu Alami setelah Menikah

3. Uang

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah, Catat!Kumpulan Uang (unplash.com/Mufid Majnun)

Uang adalah hal yang paling pokok untuk melangsungkan pernikahan, dan kehidupan setelah menikah. Setiap orang yang menikah memiliki impian mau seperti apa pernikahannya dan mau bagaimana kehidupannya setelah menikah nanti. Semua harus dipersiapkan matang-matang. 

Namun bagi yang sudah memiliki niat, tapi tidak memiliki cukup uang untuk melangsungkan pernikahan yang dia inginkan. Tidak perlu khawatir, yang terpenting adalah akad  yang sah di mata agama dan sah di mata masyarakat). Lalu bagaimana kehidupannya setelah menikah nanti? Tuhan sudah menuliskan rezeki untuk setiap hambanya. Jika kita percaya, Tuhan akan memberikan jalan untuk kita mendapatkan rezekinya. Ingat yang penting berusaha dan bekerja keras

4. Berkas pernikahan

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah, Catat!Buku nikah (instagram.com/allfidc)

Sebelum melangsungkan sebuah pernikahan, kalian harus mendaftarkannya terlebih dahulu di Kantor Urusan Agama (KUA). Nah apa saja sih berkas yang dibutuhkan? Catat dokumen yang diperlukan untuk mengurus pernikahan:

a. Surat pengantar dari RT/RW di desa kalian 
b. Surat pengantar dari kelurahan
c. Surat kesehatan (untuk pihak wanita)
d. Surat pengantar dari pihak pria
e. Fotokopi KTP kedua mempelai (pria dan wanita)
f. Pas Foto kedua mempelai (pria dan wanita)
g. Fotokopi ijazah kedua mempelai (pria dan wanita)
h. Foto pasangan saat menanam pohon (tergantung daerahnya masing-masing)
i. Fotokopi orangtua kedua mempelai (pria dan wanita)
j. Fotokopi KK kedua mempelai(pria dan wanita)
k. Bukti pembayaran (bagi yang menikah di rumah/di luar KUA), tapi kalau menikah di KUA tidak perlu bukti pembayaran

Biasanya setelah mendaftar kalian akan diminta untuk mengikuti seminar pranikah. Nah, dari seminar itu kalian akan banyak belajar tentang pernikahan.

5. Restu orangtua

5 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menikah, Catat!Adat sungkeman (instagram.com/nianiunnio)

Restu kedua orang tua adalah hal yang paling penting, apalagi untuk pihak wanita. Tanpa restu kedua orang tua, pernikahan itu tidak terasa keberkahannya. Jadi ketika kalian ingin menikah pastikan orang tua kalian merestui ya. Jika ada yang tidak direstui, tanyakan apa alasannya? Biasanya seorang anak bisa meyakinkan kedua orang tuanya. Jadi semangat untuk meminta restu, agar pernikahan yang dijalani mendapatkan keberkahan dari Tuhan. 

persiapkan semua dari sekarang agar tidak ada kata terburu-buru sebelum menikah. Semoga yang akan menikah diberikan kelancaran dan yang belum menikah disegerakan. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Persiapan Sebelum Memiliki Momongan, Mental dan Finansial!

Siti Fitria Ratnasari Photo Writer Siti Fitria Ratnasari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya