Comscore Tracker

5 Hal Terbaik yang Bisa Dilakukan setelah Menyakiti Pasangan

Kita semua pernah khilaf

Dalam setiap hubungan, tentu semuanya tidak selalu berjalan dengan baik-baik saja. Entah sengaja atau tidak, ucapan dan tindakan seseorang terkadang bisa menyakiti perasaan pasangan.

Masalah ini bisa menjadi besar dan bahkan mengancam belanjutan hubungan jika tidak diselesaikan dengan cara yang tepat. Untuk itu, setiap pasangan perlu mengetahui cara-cara terbaik yang bisa mereka lakukan setelah menyakiti pasangan.

Berikut 5 hal terbaik yang bisa dilakukan setelah menyakiti hati pasangan:

1. Meminta maaf

5 Hal Terbaik yang Bisa Dilakukan setelah Menyakiti Pasanganimdb.com

Hal pertama yang harus dilakukan setelah menyakiti pasangan tentu saja dengan meminta maaf kepada mereka. Saat menyakiti hati pasangan, kita secara tidak langsung membuatnya sedih dan menurunkan kepercayaan mereka.

Untuk itu, segera minta maaf saat perbuatan kita ternyata menyakiti pasangan. Fokuslah pada upaya meminta maaf tanpa mengeluarkan janji tambahan.

2. Jujurlah dengan keadaan yang sekarang

5 Hal Terbaik yang Bisa Dilakukan setelah Menyakiti Pasanganimdb.com

Ada banyak penyebab pasangan saling menyakiti orang yang mereka sayang. Biasanya, salah satu di antara mereka memang sedang memiliki masalah tetapi enggan mengungkapkannya.

Oleh karena itu, berusaha jujurlah kepada diri sendiri dan pasangan. Jangan membebankan rasa sakit yang kita alami kepada pasangan.

3. Jangan menyalahkan pasangan atau merasa benar

5 Hal Terbaik yang Bisa Dilakukan setelah Menyakiti Pasanganimdb.com

Jangan pernah membenarkan tindakan kita yang terbukti menyakiti pasangan. Reaksi pasangan mungkin memengaruhi ucapan kita sehingga membuatnya merasa lebih tersakiti. Namun, ingatlah bahwa kita-lah yang terkadang mulai berbuat sesuatu yang ternyata menyakiti pasangan.

Hindari sikap merasa benar sendiri. Mulai evaluasi diri sendiri agar tidak melakukan hal yang merugikan sebuah hubungan.

Baca Juga: 7 Trik Logis Agar Kamu dan Pasangan Lebih Jarang Bertengkar

4. Evaluasi hubungan kalian lebih lanjut

5 Hal Terbaik yang Bisa Dilakukan setelah Menyakiti Pasanganimdb.com

Setelah membicarakan masalah yang menyakiti hati pasangan, gunakan kesempatan untuk mengevaluasi hubungan kalian. Tanyakan pada pasangan apakah rasa sakit yang ia terima masih bisa ditoleransi.

Rasa sakit yang diterima pasangan biasanya memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Jika pasangan sudah merasa benar-benar tersakiti, maka tidak ada pilihan selain mengakhiri hubungan. Jika perbuatan yang menyakiti pasangan ternyata masih tergolong kecil dan bisa diperbaiki, hubungan pun masih bisa terus berlanjut.

5. Selalu ambil pelajaran dari masalah itu

5 Hal Terbaik yang Bisa Dilakukan setelah Menyakiti Pasanganimdb.com

Saat perbuatan kita ternyata menyakiti pasangan, tentu kita tidak boleh mengulanginya lagi di masa depan. Untuk itu, selalu ambil pelajaran dari setiap masalah yang dihadapi.

Semakin lama bersama, kita akan semakin peka dengan hal-hal yang ternyata membuat pasangan tidak nyaman. Hindari hal-hal ini agar tidak jatuh ke masalah yang sama.

Itu tadi hal-hal penting yang bisa kita lakukan saat terbukti menyakiti pasangan. Ambil pelajarannya, ya!

Baca Juga: 5 Bumerang pada Hubungan Jika Hobi Blokir Pasangan Saat Bertengkar

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya