Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Pacaran Terlalu Lama Itu Gak Seharusnya Dilakukan

Kamu pacaran apa nyicil rumah?

Proses mengenal dan menilai seseorang sebelum masuk dalam sebuah pernikahan memang tidak bisa hanya dilakukan sehari dua hari saja, tapi itu juga bukan alasan tepat untuk berpacaran dalam waktu yang sangat lama. Bukannya saling mengenal, pacaran lama justru merupakan tanda ketidakyakinan akan perasaanmu sendiri dan pasangan.

Berikut adalah 5 alasan logis kenapa pacaran terlalu lama memang tidak seharusnya dilakukan. Kalau memang kamu tidak yakin, jangan membuang waktu belasan tahun pacaran tapi akhirnya putus, sayang sekali kamu harus lama-lama menjaga jodoh orang lain.

1. Kamu bisa kehilangan kesempatan saat pasanganmu merasa diberi kepastian oleh orang lain

5 Alasan Kenapa Pacaran Terlalu Lama Itu Gak Seharusnya Dilakukaninsider.com

Hal yang paling utama yang harus kamu pertimbangkan jelas adalah karena dia akan diambil orang. Pacaran lama untuk lebih mengenal tentu baik, tapi harus ada batas waktunya. Jika memang pada batas tersebut kamu belum juga merasa klik, itu bisa jadi karena dia bukan orang yang tepat untukmu dan sebaliknya.

2. Pacaran terlalu lama akan membuatmu kehilangan sebuah kepastian

5 Alasan Kenapa Pacaran Terlalu Lama Itu Gak Seharusnya Dilakukanmonologuedb.com

Bukan hanya dia yang bisa saja diambil orang, sebaliknya kamu juga bisa tertarik dengan yang lain. Kalau kamu terus berjalan dalam jalan gelap tanpa penerangan apa-apa, kamu yang akan kehilangan arah dan tidak punya tujuan. Pada akhirnya kamu akan bingung sendiri, sebenarnya kamu itu pacaran buat apa?

Baca Juga: 5 Suka Duka yang Kamu Alami Saat Berpacaran dengan Sahabat Sendiri

3. Kamu akan terjebak dengan rasa takut tidak menemukan yang lain

5 Alasan Kenapa Pacaran Terlalu Lama Itu Gak Seharusnya Dilakukanteenvogue.com

Pacaran terlalu lama akan menyita seluruh waktu dan perhatianmu, karena sudah terlanjur terbiasa dengan pasangan yang tidak bisa membuatmu yakin tersebut, akhirnya akan muncul perasaan takut untuk menemukan yang lain lagi. Jangan keras kepala, kalau memang hatimu merasa bukan dia orangnya, ya jangan menahannya terlalu lama dalam hubungan tanpa kepastian.

4. Kamu akan kehilangan banyak waktu dengan orang yang belum tentu membuatmu yakin

5 Alasan Kenapa Pacaran Terlalu Lama Itu Gak Seharusnya Dilakukanthelist.com

Mungkin awalnya kamu pikir butuh sedikit lebih banyak waktu untuk merasa yakin, tapi jangan sampai terus-menerus terjebak dalam pikiran itu sampai akhirnya belasan tahun sudah terjalin tanpa keputusan apa-apa. Kamu harus berani menentukan apakah dia orang yang membuatmu yakin atau tidak. Kalau sampai pacaran lama tetep tidak yakin juga lalu apa yang kamu paksakan?

5. Pada akhirnya bukan cinta yang membuatmu bertahan tapi terpaksa karena sudah terlalu banyak waktu yang kamu habiskan dengannya

5 Alasan Kenapa Pacaran Terlalu Lama Itu Gak Seharusnya Dilakukanthrowbacks.com

Faktanya cinta saja gak cukup untuk membuat sebuah hubungan bisa bertahan, butuh komitmen kuat di dalamnya. Terlalu lama ada dalam sebuah hubungan tanpa ujung hanya akan membuatmu bertahan karena rasa eman sudah menghabiskan banyak waktu, bukannya cinta lagi.

Jangan memaksakan keadaan dan perasaan yang memang tidak begitu yakin. Kalau kamu memang meanganggap dia bukan orang yang tepat, ambil keputusan lebih cepat lebih baik supaya kamu segera bisa temukan yang membuatmu yakin. Pacaran lama tanpa kepastian sama saja kamu membuang waktu dan tenaga untuk membahagiakan seseorang yang gak akan ada di pelaminan bersamamu nanti.

Baca Juga: 5 Hal Ini Dikhawatirkan Cewek yang Menjalin Pacaran Bertahun-tahun

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You