Comscore Tracker

Bikin Keadaan Makin Buruk, Ini 5 Cara Putus Tanpa Drama dari Pasangan

Gak usah dramalah. Sudah dewasa, kan?

Semakin dewasa, pasti kamu akan semakin bijaksana dalam menyikapi semua hal yang terjadi dalam hidupmu. Termasuk dalam berhubungan pun, kamu pasti gak akan terpikir lagi untuk mengakhiri dengan cara yang salah. Sebaliknya, kamu akan memikirkan jalan terbaik untuk kedua belah pihak.

Ada lima cara putus tanpa drama yang bisa bikin hubunganmu berakhir dengan baik. Walau sakit hati, jangan sampai kamu lupa dengan nilai dirimu untuk tetap jadi orang yang dewasa dan berpikiran terbuka, ya.

1. Bicara dengannya secara jantan kalau memang hubungan gak bisa dipertahankan

Bikin Keadaan Makin Buruk, Ini 5 Cara Putus Tanpa Drama dari Pasanganvanmag.com

Gak perlu mencari kesalahannya; membuatnya kesal sampai minta putus; atau mungkin selingkuh. Gak perlu melakukannya. Kamu hanya perlu bicara dengan berani untuk menyelesaikan hubungan.

Beri tahu dia apa yang kamu rasakan; kenapa kamu ingin putus; dan apa yang kamu harapkan. Jangan membuatnya bingung dan akhirnya berpikir kamu hanya memanfaatkannya saja.

2. Menerima reaksi apa pun yang muncul darinya dengan pikiran terbuka

Bikin Keadaan Makin Buruk, Ini 5 Cara Putus Tanpa Drama dari Pasanganindiewire.com

Entah itu marah, berkata jahat, atau menyampaikan semua keburukanmu, biarkan saja semuanya. Jangan bereaksi yang membuat pertikaian semakin rumit. Kamu harus bisa belajar lebih sabar dan berpikiran terbuka. Semua hal yang terjadi itu ada alasannya, termasuk perbuatan buruk yang dia lakukan padamu.

Baca Juga: Lebih Baik Putus, 6 Alasan Mengapa Jangan Menyetujui Permintaan Break

3. Tidak ada salahnya minta maaf duluan untuk menghindari adanya permusuhan

Bikin Keadaan Makin Buruk, Ini 5 Cara Putus Tanpa Drama dari Pasanganimdb.com

Jangan tinggi hati dan merasa selalu kamu yang tersakiti. Hubungan kalian yang berjalan baik dan akhirnya selesai pasti membuatnya juga sedih. Sebenci apa pun kamu dengannya, dia adalah orang yang pernah membuatmu banyak tertawa; sulit tidur saking senangnya; dan bahagia karena kehadirannya. Minta maaf duluan saja untuk menghindari permusuhan.

4. Pergi darinya secara dewasa tanpa mengungkit kesalahannya

Bikin Keadaan Makin Buruk, Ini 5 Cara Putus Tanpa Drama dari Pasanganimdb.com

Walau mungkin sebenarnya sakit hati atau menderita, intinya kalian sudah memutuskan untuk berpisah dan tidak ada gunanya lagi kamu mengungkit kesalahannya.

Kalau kamu melakukan ini, malah nantinya akan menimbulkan pertengkaran yang membuatmu lebih sakit lagi. Jika dia yang mengungkit kesalahanmu, kamu gak perlu membalas. Kelihatan, kan, siapa yang gak dewasa?

5. Jangan mengunggah apa pun ke media sosial yang berkaitan dengannya

Bikin Keadaan Makin Buruk, Ini 5 Cara Putus Tanpa Drama dari Pasanganetonline.com

Gak perlu mengunggah apa pun tentang perasaan sedih atau kecewamu. Belajarlah untuk melindungi privasimu dan privasi dia. Gak perlu menyindir, apalagi sampai perang status.

Kamu bukan anak kecil yang hobinya mencari perhatian orang lain. Kamu hanya butuh pemulihan dan itu berasal dari keinginan dan dari dalam dirimu sendiri. Jangan melibatkan orang lain yang hanya melihat unggahan medsosmu sebentar saja.

Melakukan semua hal di atas hanya akan memperburuk keadaan hatimu. Kamu yang sudah sakit hati karena putus dan kehilangan gak perlu ditambah dengan ketidakdewasaan hanya untuk kepuasan sementara.

Sakit hatimu pasti segera berakhir sama dengan rasa kecewamu. Sementara, kesalahan dan drama yang kamu buat bisa jadi berdampak lebih buruk untuk dirimu di masa depan.

Baca Juga: Baru Putus, Ini 5 Tanda Kamu Belum Siap Jalani Hubungan Baru

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You