Comscore Tracker

7 Tanda Kamu Adalah Penyebab Hubunganmu Berantakan, Bukan yang Lain!

Jangan-jangan, kamu ngelakuin ini selama pacaran!

Terlalu mencari kambing hitam saat hubungan sedang kacau bisa jadi pertanda bahwa sebenarnya penyebabnya adalah dirimu sendiri. Tanpa perlu melibatkan apalagi menyalahkan pihak lain, ada baiknya kamu introspeksi diri sendiri tentang apa yang sudah kamu lakukan dalam hubunganmu.

Kalau kamu merasa melakukan beberapa hal dari 7 tanda di bawah ini, tandanya memang kamu sendirilah penyebab hubunganmu berantakan!

1. Kamu tidak pernah menanyakan pendapat pasanganmu

7 Tanda Kamu Adalah Penyebab Hubunganmu Berantakan, Bukan yang Lain!bustle.com

Kamu terlalu egois dan merasa pendapat, penilaian dan perlakuanmu adalah yang paling benar. Padahal kamu menjalin hubungan itu berdua, tapi kamu gak sadar dan menjalankan hubungan itu sendiri saja. Kalau sudah seperti ini, jangan heran kenapa hubunganmu bisa kacau balau.

2. Kamu, kamu dan kamu adalah yang terpenting dalam hubungan kalian

7 Tanda Kamu Adalah Penyebab Hubunganmu Berantakan, Bukan yang Lain!elcinema.com

Yang lainnya tidak penting bagimu. Pokoknya kamu senang, pokoknya kamu mendapat kasih sayang darinya, pokoknya dia harus menjadi pacar yang begini, begitu dan lain sebagainya. Kamu menempatkan dirimu sendiri pada posisi tertinggi dan meninggalkan dia jauh di bawah dan terinjak. Coba bayangkan sampai berapa lama dia bisa bertahan denganmu?

Baca Juga: 7 Tanda Hubunganmu Hanya Satu Pihak, Dipikir Lagi untuk Bertahan

3. Kamu memberikan semua beban padanya tanpa mau repot

7 Tanda Kamu Adalah Penyebab Hubunganmu Berantakan, Bukan yang Lain!silverpetticoatreview.com

Pokoknya kalau ada kesalahan ya itu salah dia, pokoknya kalau sesuatu gak berjalan baik itu karena keteledorannya, semua-semua kamu bebankan padanya padahal kamu juga ikut di dalamnya. Tidak mau mengalah, semaunya sendiri dan arogan hanya akan membuatnya perlahan tapi pasti pergi darimu. Kamu cepat atau lambat akan ditinggal kalau terus bersikap gak baik.

4. Kamu tidak pernah bisa kompromi dengan pasanganmu

7 Tanda Kamu Adalah Penyebab Hubunganmu Berantakan, Bukan yang Lain!patheos.com

Kesalahannya jadi beban untukmu yang akhirnya sering kamu ungkit lagi. Kebiasaan yang tidak sesuai dengan harapanmu jadi masalah besar dan pemicu yang membuatmu ngamuk besar. Kamu yang sudah tidak bisa kompromi akan kelakuannya hanya akan membuat hubunganmu hancur berantakan. Lebih baik introspeksi, apakah kamu termasuk dalam poin ini atau tidak.

5. Kamu ingin mengubah pasanganmu jadi seperti yang kamu mau

7 Tanda Kamu Adalah Penyebab Hubunganmu Berantakan, Bukan yang Lain!cinemablend.com

Pokoknya dia kalau pakai baju harus yang warnanya senada denganmu, pokoknya kamu gak suka kalau dia begini, pokoknya dia harus mengikuti kemauanmu yang itu dan lain sebagainya. Kalau begini terus dia yang sangat mencintaimu pun bakalan kapok dan malas denganmu. Kamu harus tahu kalau kamu bisa saja ditinggalkan kalau gak tulus. Kamu bisa dicampakkan kalau bersikap tidak manusiawi begitu padanya.

6. Kamu fokus pada kesalahannya terus

7 Tanda Kamu Adalah Penyebab Hubunganmu Berantakan, Bukan yang Lain!comingsoon.net

Satu kesalahannya akan membuatmu suntung selamanya. Melihatnya sebal, ngobrol dengannya gak betah, menghabiskan waktu dengannya jadi menyebalkan karena kamu tidak bisa lupa dengan kesalahannya. Begini, kalau memang tidak bisa memaafkan ya jujur saja. Jangan siksa dia dengan tetap menjalin hubungan padahal kamu sendiri sudah muak.

7. Kamu gak sadar waktu kamu berbuat salah

7 Tanda Kamu Adalah Penyebab Hubunganmu Berantakan, Bukan yang Lain!variety.com

Karena bagimu kamu yang paling benar sedangkan otak kesalahan hanya ada padanya makanya kamu selalu mencari kambing hitam saat ada masalah. Kamu yang gak bisa membuka mata atas kesalahanmu sendiri bakal benar-benar kehilangan semuanya, sebelum kamu sempat menyelamatkan remahannya.

Gak perlu repot cari kambing hitam, menyalahkan pasangan atau bahkan keadaan. Akar masalahnya itu ada di kamu yang terlalu merasa benar sendiri. Kalau memang kamu masih mau mempertahankan sifat itu, jangan heran kalau tidak ada orang yang betah denganmu!

Baca Juga: Mau Gak Mau, 5 Hal Ini Harus Kamu Terima Biar Punya Hubungan yang Baik

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya