Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sudah Punya Pertemanan yang Berkualitas

Sudah belum, ya?

Memiliki pertemanan yang sehat memang gak semudah yang dibayangkan. Kadang kamu butuh kecewa beberapa kali dulu baru bisa menemukan teman sesungguhnya yang ada di sekelilingmu. Jangan sampai toksik, pastikan pertemananmu ini sehat dan berkualitas.

Berikut ini lima tanda kamu sudah punya pertemanan yang berkualitas. Kalau belum memiliki semua tandanya, kamu perlu mempertanyakan apakah kamu harus lanjut berteman dengannya atau tidak.

1. Kamu dan dia bisa saling memaafkan tanpa mengungkit

5 Tanda Kamu Sudah Punya Pertemanan yang Berkualitasdramabeans.com

Bukan pertemanan yang gak pernah bertengkar. Sebaliknya, pertemanan berkualitas itu saat kalian bisa bertengkar hebat, tapi tetap saling menyayangi dan memaafkan. Ketika semua masalah selesai pun, kamu dan dia tahu untuk gak perlu mengungkit hal yang sudah lewat. Apakah pertemananmu seperti itu?

2. Kamu dan dia bisa saling berkata jujur, walau menyakitkan

5 Tanda Kamu Sudah Punya Pertemanan yang Berkualitassoompi.com

Kamu tahu bahwa dia lebih baik dikerasi supaya bisa berubah, daripada diberikan kata-kata palsu yang membuatnya senang. Kamu ingin dia jadi orang yang lebih baik dan kamu juga gak jarang menerima makian darinya supaya kamu bisa berubah jadi lebih baik juga. Pertemanan kalian transparan tanpa ada apa-apa yang perlu ditutupi.

Baca Juga: Pertimbangkan Kembali Hubungan jika 5 Hal Ini Terjadi Padamu

3. Kamu dan dia saling menerima dalam berbagai kondisi dan bisa diandalkan

5 Tanda Kamu Sudah Punya Pertemanan yang Berkualitassoompi.com

Kamu bisa datang padanya saat kamu susah atau senang. Dia pun begitu padamu. Kamu gak menghakimi, mencela, atau gak nyaman dengan kondisinya karena kamu bisa menerima dia apa adanya. Kamu juga tahu siapa yang harus kamu hubungi ketika butuh saran dan masukan.

4. Kamu dan dia saling menjadi pendengar yang baik

5 Tanda Kamu Sudah Punya Pertemanan yang Berkualitasaminoapps.com

Pertemanan itu tentang komunikasi. Dia bisa mendengarkanmu dengan baik, begitu juga sebaliknya. Kalau kamu dan dia sama-sama bisa melakukan ini, kalian sudah bisa dibilang memiliki pertemanan yang berkualitas. Namun, kalau tidak, coba carilah teman lain yang bisa membuatmu nyaman.

5. Kamu dan dia saling memberikan semangat untuk jadi lebih baik

5 Tanda Kamu Sudah Punya Pertemanan yang Berkualitassoompi.com

Pergaulan yang buruk bisa merusak kebiasaan yang baik. Ketika kamu gak menemukan teman yang baik, lambat laun sikapmu yang baik juga bisa berubah jadi bobrok.

Apakah dia selalu mengingatkanmu untuk jadi lebih baik atau justru mengajakmu pada pergaulan yang gak beres? Kalau dia hanya membuatmu jadi berantakan, sebaiknya kamu gak usah berteman dengannya.

Gak perlu punya teman yang banyak kalau memang mereka gak bisa membuatmu nyaman. Cukup punya beberapa saja asal tulus, kamu pasti sudah bisa bahagia dengan pertemanan yang berkualitas. Setelah melihat semua tandanya di atas, apakah kamu sudah memilikinya?

Baca Juga: Bukan Suka Kamu, Ini 5 Tanda Cowok Cuma Mau Berteman Saja

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You