Comscore Tracker

Seolah Benar, 5 Hal yang Kerap Dilakukan Pasangan Manipulatif

Kenali tandanya biar gak mudah dimanfaatkan

Salah satu tanda terjebak di toxic relationship yaitu berada di hubungan yang manipulatif. Kadang kita tidak sadar kalau sudah terjebak di dalamnya karena pemainnya terlihat mahir dalam mengelabui lawan mainnya.

Kita jadi sulit membedakan mana yang benar dan yang salah. Maka dari itu, kenali tandanya kalau pasanganmu mulai memanipulasi. Berikut lima hal yang kerap dilakukan pasangan yang manipulatif. 

1. Sering membuatmu merasa bersalah, padahal kamu ada di sisi yang benar

Seolah Benar, 5 Hal yang Kerap Dilakukan Pasangan Manipulatifilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/MART PRODUCTION)

Seseorang yang penuh manipulasi akan berusaha untuk membuat lawan bicaranya mengalah dan meminta maaf kepadanya sekalipun bukan dia yang salah. Suaranya justru makin kencang ketika dia tahu bahwa dia yang salah.

Strategi ini akan menggoyahkan keputusan awalmu yang merasa kalau kamulah yang benar. Jangan sampai terkelabui dengan caranya membela diri, ya. 

2. Suka memutar balikkan fakta

Seolah Benar, 5 Hal yang Kerap Dilakukan Pasangan Manipulatifilustrasi wanita sedang sedih (pexels.com/MART PRODUCTION)

Mereka tentu pintar dalam bermain kata. Suatu fakta bisa diubahnya menjadi kebohongan agar lawan bicaranya kebingungan. Dia paham pemilihan kata agar bisa menguasai percakapan dan merasa perlu dikasihani.

Dengan begitu, dia berharap bisa mendapatkan simpati darimu. Berhati-hatilah karena fakta dan dusta jadi beda tipis di mulut seorang pasangan yang manipulatif. 

Baca Juga: Berdalih Bukti Cinta, 6 Hal Ini Sebenarnya Tindakan Manipulatif

3. Menggunakan kelemahanmu untuk menyerangmu

Seolah Benar, 5 Hal yang Kerap Dilakukan Pasangan Manipulatifilustrasi menyendiri (pexels.com/Engin Akyurt)

Seolah dia yang paling tahu tentang dirimu, begitu dia mengerti area kelemahanmu, itu akan  menjadi senjata yang ampuh untuk memanipulasi. Perkataannya maupun tindakannya yang menyakitkan akan melemahkan rasa percaya diri dan membuatmu meragukan dirimu sendiri. Pasangan yang toxic banget!

4. Tidak mau mengambil tanggung jawab

Seolah Benar, 5 Hal yang Kerap Dilakukan Pasangan Manipulatifilustrasi konflik di pasangan (pexels.com/Alex Green)

Pasanganmu tidak mau bertanggung jawab, terutama ketika dia melakukan kesalahan. Bagaimanapun caranya, dia akan berusaha mengelak dengan semua bukti yang kamu miliki. Jangan harap dia akan mendengar dan menghargai pendapatmu karena hanya jadi sia-sia belaka. 

5. Sikapnya kelewat tenang, terutama saat menghadapi masalah

Seolah Benar, 5 Hal yang Kerap Dilakukan Pasangan Manipulatifilustrasi konflik dalam diam (pexels.com/cottonbro)

Memiliki ketenangan dalam menghadapi masalah adalah hal yang baik. Namun di hadapan pasangan yang manipulatif, ketika kamu merespons sebaliknya justru dia menganggap bahwa responsmu terlalu berlebihan. Kamu akan dinilai terlalu sensitif, padahal yang kamu rasakan adalah hal yang wajar.

Kadang kita tidak sadar bahwa yang pasangan kita lakukan adalah hal yang merugikan kita. Semuanya dianggap wajar untuk menutupi kelemahan dan kesalahannya. Jika kamu mulai merasakan tanda-tanda di atas kerap terjadi di hubungan kalian, jangan ragu untuk mengakhirinya demi kesehatan mental yang lebih terjaga. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Seseorang Sulit Keluar dari Toxic Relationship

Stephanie Priyanka Photo Verified Writer Stephanie Priyanka

A daily learner. Menulis untuk mengurai pikiran rumit di kepala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya