Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Bertahan pada Toxic Relationship

Bertahan atau meninggalkan itu pilihan, kamu pilih mana?

Setiap pasangan pasti ingin memiliki hubungan yang senantiasa bahagia dan langgeng selalu. Banyak orang yang merasa sangat bahagia dengan hubungan yang dijalinnya bersama pasangan. Namun, gak sedikit juga orang yang harus menahan kecewa atas apa yang dilakukan pasangannya.

Bahkan, gak sedikit orang yang harus menghadapi kenyataan menjalin hubungan dengan seseorang yang kasar, suka menyakiti fisik dan psikisnya. Hubungan seperti itu sering disebut 'beracun'. Sayangnya, banyak orang yang enggan meninggalkan hubungan tersebut dan memilih memendam luka seorang diri meski sudah sangat kecewa. 

Nah, berikut ada lima alasan kenapa banyak orang cenderung mempertahankan hubungan yang gak sehat meski sudah merasa sangat kecewa pada pasangan. Simak ya!

1. Terlalu mencintai pasangan

5 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Bertahan pada Toxic Relationshipunsplash.com/Milan Popovic

Alasan klasik satu ini memang sering banget menjadi alasan kenapa orang-orang memilih bertahan pada hubungan yang tak sehat. Kamu pasti pernah mendengar jika cinta itu buta. Karena terlalu mencintai pasangan, tentu kamu gak bisa berpikir lebih logis.

Sesakit apa pun luka di hatimu, kamu merasa semuanya baik-baik saja. Kamu merasa apa yang dirasakan dalam hubunganmu tetap bahagia dan normal seperti hubungan orang lain pada umumnya.

2. Takut memulai hubungan yang baru

5 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Bertahan pada Toxic Relationshipunsplash.com/Alex Holyoake

Kemungkinan lain kita memilih bertahan pada toxic relationship adalah karena merasa takut untuk memulai hubungan baru dengan orang lain. Jika memulai hubungan baru, kamu merasa khawatir jika bertemu pasangan yang toxic juga. 

Kamu harus ingat, bertahan dalam hubungan yang gak lagi bikin bahagia hanya akan membuatmu merasa makin sakit, kecewa, bahkan trauma dan hilang kepercayaan terhadap orang-orang lain di sekitarmu. 

Baca Juga: 5 Sikap Toxic yang Sering Dilakukan oleh Orang yang Putus Cinta!

3. Terlalu khawatir pada omongan orang lain

5 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Bertahan pada Toxic Relationshipunsplash.com/Matheus Ferrero

Seseorang yang terlalu khawatir dengan omongan atau anggapan orang lain terhadap hubungannya, tentu akan memilih tetap menjalani meski sudah tak nyaman. Kamu bertahan karena tidak ingin orang lain menyalahkan keputusanmu yang memilih berpisah dari pasangan. Apalagi, kamu tentunya tidak ingin mengecewakan keluarga, kerabat, sahabat dan orang-orang di sekitar yang telah mengenal pasanganmu itu. 

4. Merasa takut kesepian bila memutuskan hubungan dengan pasangan

5 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Bertahan pada Toxic Relationship1d

Gak sedikit orang yang merasa takut menyandang status jomblo, single atau sendiri. Mereka juga khawatir merasa kesepian tanpa kekasih di sisinya. Walaupun pasangan selalu menyakitinya, mereka menganggap hal itu sebagai cara sang kekasih membuat hari-harinya lebih hidup. Gak heran kalau mereka memutuskan bertahan pada hubungan yang gak sehat. 

5. Kamu memilih bertahan karena takut menyakiti pasangan

5 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Bertahan pada Toxic Relationshiptimeout.com

Manusia pada dasarnya memiliki sifat mengutamakan kepentingan orang lain. Maka dalam sebuah hubungan pun seringkali kita akan lebih mengutamakan pasangan kita daripada diri sendiri. Karena alasan itulah kita memilih bertahan pada hubungan yang tak lagi membuat bahagia.

Namun perlu juga disadari bahwa keputusan tersebut jangan sampai membuatmu menyakiti diri sendiri. Semoga saja alasan bertahan dalam hubungan yang tak lagi membuat bahagia bukan karena mengorbankan kebahagiaan kita sendiri. 

Itulah tadi lima alasan kenapa banyak orang yang bertahan pada hubungan yang gak sehat. Jika dirimu sedang berada dalam toxic relationship, meninggalkan pasangan menjadi pilihan yang tepat. Jangan bertahan dalam suatu hubungan jika dirimu tak pernah merasa bahagia dan dihargai oleh pasangan!

Suci Wu Photo Community Writer Suci Wu

Halo :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You