Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Pahami Saat Satu per Satu Temanmu Mulai Hilang

Cepat atau lambat, semua akan berubah

Sadar gak, saat kamu mulai dewasa teman-temanmu mulai berkurang? Mereka yang biasanya sangat mudah untuk kamu jumpai, kini tak bisa semudah itu lagi untuk bertemu dengan mereka.

Ketika hal ini terjadi, kamu tak bisa menyalahkan mereka. Ada beberapa hal yang harus kamu pahami ketika kini teman-temanmu satu per satu mulai hilang dan berkurang. Dan pada akhirnya, kamu harus menerima akan keadaan ini.

Apa saja hal yang harus kamu pahami itu? Yuk simak!

1. Semakin beranjak dewasanya seseorang, ada tujuan hidup yang ingin mereka capai

5 Hal yang Perlu Kamu Pahami Saat Satu per Satu Temanmu Mulai Hilangunsplash/Stephan Vance

Mungkin ketika kamu sekolah atau kuliah dulu, kamu bisa selalu merasakan ngumpul bersama banyak temanmu kapan saja. Namun kini, mungkin hal ini sangat sulit untuk kamu temui. Bahkan, bisa dibilang kamu sudah jarang untuk berkumpul bersama mereka.

Karena apa? Karena kini masing-masing sudah memiliki tujuan yang ingin mereka capai. Mereka mungkin lebih ingin fokus terhadap tujuannya dan membatasi diri terhadap hal-hal yang tak banyak memberi manfaat.

2. Semakin dewasa seseorang, kualitas teman itu lebih penting dari sekedar kuantitas

5 Hal yang Perlu Kamu Pahami Saat Satu per Satu Temanmu Mulai Hilangunsplash/Omar Lopez

Beranjak dewasa membuat seseorang lebih milih-milih terhadap lingkungan. Termasuk perihal dalam berteman.

Kuantitas atau jumlah pertemanan itu tak lagi penting karena yang dibutuhkan adalah lebih kepada kualitas. Biar memiliki sedikit teman, namun teman tersebut berkualitas. Toh, untuk apa juga memiliki banyak teman tapi tidak saling bisa bermanfaat untuk diri masing-masing. Mending memiliki sedikit teman, tapi berkualitas dan bermanfaat bukan?

Baca Juga: 5 Manfaat Ini Akan Kamu Rasakan Kalau Berteman dengan yang Lebih Muda

3. Seiring berjalannya waktu, membuatmu sadar bahwa tak selamanya kamu dan mereka akan tetap bersama

5 Hal yang Perlu Kamu Pahami Saat Satu per Satu Temanmu Mulai Hilangunsplash/Joshua Sazon

Seiring berjalannya waktu membuatmu semakin paham bahwa mereka yang dulu selalu bersama denganmu, tak akan selamanya ada d isampingmu. Bukan berarti mereka meninggalkanmu, bukan. Tujuan dan impian yang harus mereka capai yang membuat mereka harus melangkah maju.

Kamu pun harus berpikir terbuka, bahwa tak selamanya kamu harus bergantung kepada mereka. Kamu juga perlu membuka diri untuk orang-orang yang baru.

4. Bukan karena sombong, hanya saja ada hal yang lebih prioritas bagi mereka

5 Hal yang Perlu Kamu Pahami Saat Satu per Satu Temanmu Mulai Hilangunsplash/Helloquence

Saat teman-temanmu sangat sulit untuk diajak ngumpul, itu bukan berarti mereka sombong. Bisa saja mereka juga sangat ingin untuk berkumpul bersama kamu dan teman-teman yang lainnya. Namun, karena ada prirotas yang harus mereka kerjakan dan dahului, membuat mereka lebih mengutamakan hal itu. Jadi kamu pun tak bisa memaksakan keadaan untuk bisa sama seperti dulu.

5. Kamu juga perlu untuk membuka diri dengan bersosialisasi dan bertemu dengan orang-orang yang baru agar lingkaran pertemananmu semakin bertambah

5 Hal yang Perlu Kamu Pahami Saat Satu per Satu Temanmu Mulai Hilangunsplash/Phil Coffman

Saat teman-temanmu satu per satu mulai hilang dan berkurang, bukan berarti harus membuatmu menutup diri. Kamu juga perlu untuk membuka diri untuk orang-orang yang baru. Kamu juga perlu bersosialisasi agar lingkaran pertemananmu semakin luas dan bertambah. Dengan begitu, kamu jadi banyak pengalaman juga belajar dari banyak orang.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu pahami saat satu per satu temanmu mulai menghilang dan berkurang. Kamu harus paham bahwa tak semua hal itu akan selamanya sama. Cepat atau lambat semua akan berbeda dan berubah sehingga membuatmu harus menerima keadaan.

Baca Juga: Kurangi 5 Sifat Ini Agar Orang Lain Nyaman Berteman Denganmu

Sucy Fujiazma Photo Verified Writer Sucy Fujiazma

writing and sharing ✌️ | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You