Comscore Tracker

Gebyar Pernikahan 2020, Adat Sunda Paling Digandrungi Millenial

Pameran wedding organizer 2020

Awal tahun menjadi momentum yang paling tepat bagi pasangan untuk menyatukan hubungan dalam mahligai rumah tangga. Banyak pasangan yang membutuhkan bantuan profesional untuk menyiapkan hari istimewanya. Untuk ke-13 kalinya, Gebyar Pernikahan Indonesia akan diselenggarakan kembali pada 7-9 Februari 2020 di Balai Kartini, Jakarta. Kira-kira apa saja keunikan dan keseruan yang akan ditawarkan oleh calon pengantin kali ini ya? Yuk kita cari tahu.

1. Calon pengantin pria maupun wanita masih menyukai pernikahan tradisional yang dibalut modern

Gebyar Pernikahan 2020, Adat Sunda Paling Digandrungi Millenialinstagram.com/citraciki

Melihat antusias di tahun 2019-2020 calon pengantin umumnya masih menginginkan konsep pernikahan yang mengedepankan nilai-nilai budaya dari masing-masing daerah asal. Rangkaian prosesi adat yang rumit dan panjang rupanya tidak menyurutkan para calon pengantin untuk tetap bisa mengusung konsep tradisional.

Untuk memberikan sentuhan modern, biasanya calon pengantin menyisipkannya pada desain baju dan dekorasi. Mulai dari pemilihan warna sampai aksesoris.

2. Pernikahan tradisional adat Sunda menjadi highlight pada Gebyar Pernikahan Indonesia 2020

Gebyar Pernikahan 2020, Adat Sunda Paling Digandrungi MillenialGebyar Pernikahan Indonesia 2020 di Jakarta. 28 Januari 2020. IDN Times/Syarifah Noer Aulia

Dari sekian banyak suku yang ada di Indonesia, adat Sunda masih paling diminati oleh calon pengantin yang ada di sekitaran Jabodetabek. Pernikahan adat Sunda memiliki rangkaian khusus yang mengandung makna dan keunikan tersendiri. Misalnya saja Ngebakan atau Siraman, Nincak Endog atau menginjak telur, Ngeyeuk Sereuh atau meminta restu orangtua, sawer dan masih banyak rangkaian lainnya.

"Calon pengantin millennial yang ada di sekitaran Jakarta memang masih didominasi oleh adat Sunda. Makanya, pameran kali ini memilih 'Pernikahan Tradisional Sunda Modern' sebagai tema besarnya. Namun, tak hanya adat Sunda, kami juga menyiapkan beragam prosesi adat lainnya sesuai dengan gaya hidup pasangan muda saat ini yang mengedepankan kesederhanaan, praktis tapi tetap berkesan," Kata Arief Rachman, Direktur Parakrama Organizer saat press conference di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (28/1).

3. Ratusan vendor siap mendampingi calon pengantin dan keluarga untuk menyiapkan pernikahan impian

Gebyar Pernikahan 2020, Adat Sunda Paling Digandrungi MillenialInstagram/Citraciki

Kamu gak perlu khawatir karena pameran ini akan mengikutsertakan sekitar 150 vendor profesional. Terdiri dari 30 vendor cattering, 20 vendor hotel dan 100 vendor wedding organizer. Untuk bisa menikmati acara ini, pengunjung dikenai tiket masuk sebesar Rp 15 ribu.

"Kami berharap acara ini bisa jadi inspirasi sekaligus titik temu ide-ide kreatif untuk menyatukan dua keluarga. Selain itu, teman-teman vendor juga akan memberikan solusi untuk meminimalisir 'drama-drama' jelang pernikahan yang biasanya terjadi, tambahnya.

Baca Juga: Elegan, Kebaya Muslim Adat Sunda yang Bisa Jadi Inspirasi Pernikahanmu

4. Gaya busana pengantin adat Sunda tampil dengan sentuhan desain yang modern dan elegan

Gebyar Pernikahan 2020, Adat Sunda Paling Digandrungi MillenialGebyar Pernikahan Indonesia 2020 di Jakarta. 28 Januari 2020. IDN Times/Syarifah Noer Aulia

Untuk gaya busana pengantin adat Sunda tahun 2020 relatif masih sama. Gaya busana pengantin umumnya masih dipenuhi detail payet dan cuttingan lurus dan duyung. Beberapa rancangan busana pengantin akan didominasi oleh warna champagne dan gold.

"Pengunjung bisa melihat deretan koleksi busana pengantin dalam parade fashion bertajuk 'Merenda Pesona Pengantin Nusantara' pada 9 Februari 2020 jam 5 sore," ungkap Ancha selaku Founder Ancha Wedding saat ditemui di acara yang sama.

5. Tak hanya melihat pameran wedding sebagai referensi, kamu juga akan disuguhkan rangkaian talkshow interaktif

Gebyar Pernikahan 2020, Adat Sunda Paling Digandrungi MillenialInstagram/citraciki

Untuk memeriahkan acara Gebyar Pernikahan Indonesia juga akan menghadirkan Citra Kirana dan Rezky Aditya. Mengingat antusias masyarakat semakin tinggi usai pernikahan adat Sunda keduanya dilangsungkan. Di sini kamu juga bisa menyaksikan talkshow interaktif dari sejumlah pakar dan praktisi wedding organizer profesional. Mulai dari makeup, kesehatan sampai tren pernikahan yang disukai generasi millenial.

Baca Juga: Filosofi Adat Sunda di Pernikahan Citra Kirana, Narosan hingga Sawer

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya