Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dilakukan sebelum Memutuskan untuk Jatuh Cinta Lagi

Yang patah akan tumbuh, yang hilang akan berganti

Semua orang pasti mengimpikan sebuah perjalanan cinta yang mulus dan bisa bertahan awet sampai tahap serius. Namun tidak jarang pula pada realitasnya banyak seseorang yang cintanya hanya bertepuk sebelah tangan, apalagi sang pasangan meninggalkannya tanpa sebab adalah hal yang lumrah terjadi.

Setelah putus, pasti ada perasaan kecewa dan sedih terhadap apa yang diimpikan tidak bisa tercapai. Tetapi kamu tidak bisa mengurung diri dan menutup hati terhadap perasaan lain, ingatlah kamu itu berhak bahagia terhadap dirimu sendiri.

Oleh karena itu kamu pasti akan menemukan sepucuk harapan cinta yang bisa saja mengobati kesedihanmu. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar cintamu itu tidak gagal lagi seperti sebelumnya. Berikut pemaparannya.

1. Memperbaiki diri

5 Hal yang Harus Dilakukan sebelum Memutuskan untuk Jatuh Cinta Lagipexels.com/pixabay

Hal ini merupakan yang terpenting ketika kamu ingin menemukan cinta baru. Ketika cintamu gagal pada sebelumnya, pastinya ada sebuah sikap buruk yang kamu miliki sampai pasanganmu tega meninggalkanmu tanpa sebab. Secara garis besar, kamu tidak bisa terus-terusan membela diri bahwa dirimu tidak salah.

Ingatlah bahwa memperbaiki diri itu tidak memiliki efek samping yang buruk, malahan akan ada banyak manfaat yang kamu dapatkan dari memperbaiki diri. Dengan melakukan hal itu dapat meminimalisir kegagalan cinta yang tidak kamu inginkan itu terjadi.

2. Hilangkan perasaan sakit hati terhadap cinta yang gagal sebelumnya

5 Hal yang Harus Dilakukan sebelum Memutuskan untuk Jatuh Cinta Lagipexels.com/spencer selover

Sebelum memutuskan untuk memperjuangkan cinta yang baru, pastikan segala rasa kecewa, amarah, dan menyesal  terhadap pasangan yang meninggalkanmu sebelumnya itu hilang terlebih dahulu. Hal itu harus dilakukan karena untuk meminimalisir cinta lama bersemi kembali.

Tetaplah ingat bahwa piring yang pecah itu tidak bisa disatukan kembali sama seperti semula. Begitu pula hatimu. Kamu tidak boleh kembali lagi kepadanya dan mulailah untuk memperjuangkan cinta yang baru. Oleh karena itu, membuang jauh perasaan yang ada sebelumnya itu wajib dilakukan agar tidak ada sakit hati yang tercipta.

Baca Juga: Miris, Ini 18 Tahapan Jatuh Cinta dengan Orang yang Nggak Pernah Bisa Kamu Miliki

3. Bersiap untuk menerima segala konsekuensi yang ada

5 Hal yang Harus Dilakukan sebelum Memutuskan untuk Jatuh Cinta Lagipexels.com/VisionPic .net

Ketika kamu memutuskan untuk mau memperjuangkan cinta yang baru, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu harus siap secara hati dan mental untuk menerima apapun konsekuensinya. Hal itu bisa dilihat dari pengalamanmu sebelumnya yang ditinggalkan pas lagi sayang-sayangnya.

Meskipun kamu mengharapkan untuk tidak pernah meninggalkan dia, kamu harus selalu bersiap untuk patah hati. Kamu tidak akan tau isi hati seseorang secara menyeluruh, intinya adalah untuk berjaga-jaga agar kesedihan yang berlebihan itu tidak membelenggumu lagi.

4. Mempersiapkan diri untuk selalu banyak mengalah demi kebaikan

5 Hal yang Harus Dilakukan sebelum Memutuskan untuk Jatuh Cinta Lagipexels.com/kelvin valerio

Kunci dari hubungan yang awet adalah kedua belah pihak sama-sama tidak mengedepankan ego. Hal itu memang susah dilakukan karena kapasitas hati seseorang berbeda-beda. Ketika pasangan barumu itu susah untuk mengalah, maka redamlah egomu untuk selalu memenangkan pendapatmu.

Hal itu harus dilakukan untuk meminimalisir kandasnya hubungan seperti yang dulu. Jika kamu ingin menemukan apa arti yang sebenarnya dari cinta, maka sikap untuk selalu mengalah merupakan pondasi awal agar kamu bisa mengetahui hakikat cinta yang sebenarnnya.

5. Persiapkan materi yang matang

5 Hal yang Harus Dilakukan sebelum Memutuskan untuk Jatuh Cinta Lagipexels.com/moose photos

Sehabis putus pasti kamu akan merasakan sebuah dendam secara batin terhadap pasangan yang meninggalkanmu. Kamu akan merasa bahwa bahagiamu itu tidak menurut ada atau tidaknya dia, melainkan bahagia itu tercipta dari dirimu sendiri.

Oleh karena itu, cobalah untuk tidak bermain-main lagi ketika menemukan cinta yang baru. Persiapkan materi dengan sangat matang agar kamu bisa menjalin hubungan dengan pasangan barumu ke arah yang lebih serius. Percayalah bahwa jika hal itu kamu lakukan, tidak akan ada sakit hati yang terulang.

Itulah kelima hal yang harus kamu persiapkan ketika ingin memutuskan untuk jatuh cinta lagi. Yuk mulai mempraktikkan agar cintamu tidak bertepuk sebelah tangan lagi.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Hubungan LDR Lebih Istimewa Dibandingkan Hubungan Lainnya

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Cat-Holic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You