Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Banget Dipersiapkan sebelum Memutuskan untuk Menikah

Harus dipersiapkan dengan matang biar bisa bahagia!

Menikah merupakan sebuah hal yang sakral dan tidak sepele. Sebelum memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang tersebut bersama pasangan, terkadang kamu perlu mempersiapkan segala sesuatu agar bahtera pernikahan tersebut tidak hancur seketika.

Kamu wajib banget mendiskusikan terkait persiapan beberapa hal di bawah ini bersama pasangan agar kalian sama-sama merasakan kebahagiaan. Lakukan mulai sekarang, yuk!

1. Kamu wajib banget melihat keadaan finansial terlebih dahulu

5 Hal yang Wajib Banget Dipersiapkan sebelum Memutuskan untuk Menikahpexels.com/EVG Culture

Tidak dapat dimungkiri bahwa kondisi finansial merupakan hal yang wajib banget dipersiapkan. Ingatlah bahwa kamu gak akan bisa makan jika tidak memiliki kondisi finansial yang cukup. Sebelum menikah, kamu wajib banget mempersiapkan hal ini dengan pasangan.

Kamu harus bisa memiliki target terlebih dahulu terkait capaian finansial sehingga dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. Persiapkan mulai sekarang dan jangan disepelekan lhoguys!

2. Sebelum memutuskan menikah, kesiapan mental juga perlu dipersiapkan

5 Hal yang Wajib Banget Dipersiapkan sebelum Memutuskan untuk Menikahpexels.com/Tiến Trần

Kesiapan mental dari masing-masing pihak merupakan sebuah hal yang wajib banget dipersiapkan. Jika memutuskan untuk menikah, kamu perlu mengorbankan berbagai macam hal yang sebelumnya menjadi rutinitasmu. Salah satu contohnya adalah kebiasaan nongkrong bareng temen semalam suntuk.

Kamu gak bisa melakukan hal itu jika sudah memiliki pasangan hidup. Maka dari itu mulai sekarang persiapkan mental agar bisa berkomitmen dengan hubungan yang sifatnya serius.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang Baru Mau Menikah Diusia 40 Tahunan

3. Kamu harus berani berkomitmen untuk menjalani kehidupan berdua apapun kondisinya

5 Hal yang Wajib Banget Dipersiapkan sebelum Memutuskan untuk Menikahpexels.com/Văn Thắng

Tidak semua hubungan pernikahan akan berjalan mulus. Kamu sudah pernah merasakan pahit manisnya asmara saat masih pacaran, bukan? Ketika setelah menikah, masalah yang datang pasti akan semakin berat.

Komitmenmu dengannya untuk menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama sangatlah diperlukan. Cobalah untuk berdiskusi dengan pasangan terkait komitmen yang harus tetap kalian jaga apapun kondisinya.

4. Jika kamu seorang pria, perlu adanya diskusi terkait pasanganmu nanti akan bekerja atau tidak

5 Hal yang Wajib Banget Dipersiapkan sebelum Memutuskan untuk Menikahpexels.com/cottonbro

Untuk pria, apakah kamu ingin memiliki pasangan yang bekerja atau di rumah saja? Semua hal itu tentunya wajib banget didiskusikan terlebih dahulu agar kalian berdua sama-sama nyaman. Ingatlah bahwa hubungan pernikahan itu bukanlah sesuatu yang main-main!

Kamu wajib banget menciptakan kenyamanan bersama tanpa adanya tekanan dari masing-masing pihak. Coba diskusikan hal tersebut agar tercipta win-win solution yang tentunya kamu dan dia gak keberatan untuk menyetujuinya

5. Kamu harus melatih sikap tanggung jawab terhadap hidup pasangan

5 Hal yang Wajib Banget Dipersiapkan sebelum Memutuskan untuk Menikahpexels.com/Josh Willink

Jika masih lajang, kamu hanya memegang tanggung jawab untuk dirimu sendiri. Namun saat memutuskan untuk menikah, kamu perlu menambah tanggung jawab tersebut dengan pasangan. Jika kamu masih belum bisa bertanggung jawab, mending nikahnya tunda dulu deh.

Sekali lagi ingatlah bahwa cinta itu merupakan sebuah hal yang sakral banget. Jika kamu belum siap dengan tanggung jawab, jangan memaksakan diri untuk tetap menikah.

Sebuah pernikahan memang perlu dipersiapkan secara matang agar hasilnya membahagiakan nantinya. Coba lakukan kelima hal di atas agar tekadmu untuk menikah menjadi bulat!

Baca Juga: 6 Prosesi Pranikah dalam Rangkaian Pernikahan Adat Jawa dan Maknanya 

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya