Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pacaran Dahulu Sebelum Menikah

Pacaran ternyata juga diperlukan sebelum lanjut serius!

Tidak bisa diganggu gugat bahwa menikah merupakan tujuan hidup bagi sebagian besar orang. Ketika sudah menemukan pasangan yang tepat, kamu pasti akan buru-buru untuk melangsungkan pernikahan.

Sebuah pernikahan akan berjalan dengan baik jika kamu bisa benar-benar menerima pasanganmu. Hal itu akan didapat jika kamu memutuskan untuk pacaran terlebih dahulu sebelum menikah.

Ada beberapa alasan masuk akal mengapa pacaran sebelum menikah merupakan sebuah hal yang perlu dilakukan. Simak pembahasannya berikut ini.

1. Dengan pacaran, kamu bisa mengetahui sisi baik dan buruk pasanganmu

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pacaran Dahulu Sebelum Menikahilustrasi pasangan (pexels.com/Mid.art_for.memories)

Menikah dengan sosok yang tepat merupakan impian banyak orang. Agar bisa mengetahui apakah ia adalah yang terbaik atau tidak, kamu harus pacaran dengannya terlebih dahulu.

Boleh dibilang bahwa pacaran merupakan simulasi pernikahan yang cenderung lebih sepele. Dengan pacaran, kamu pasti akan mengetahui bagaimana sisi baik maupun buruk pasanganmu.

Jika cocok, kamu bisa terus melanjutkan hubungan dengannya sampai jenjang pernikahan. Namun, jika sebaliknya, kamu harus segera memutuskan hubungan agar tidak ada penyesalan di akhir nanti.

2. Kamu bisa mengetahui apakah ia merupakan sosok yang sesuai ekspektasimu atau tidak

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pacaran Dahulu Sebelum Menikahilustrasi pasangan (pexels.com/Samson Katt)

Menjalin hubungan pacaran sebelum menikah bisa mencocokkan ekspektasimu terhadap pasangan. Maksudnya di sini adalah kamu pasti memiliki harapan yang tinggi terhadap sang pujaan hati.

Hal semacam ini sebenarnya bisa diatur jika kamu mau pacaran terlebih dahulu. Saat pacaran, kamu akan mengetahui apakan pasanganmu saat ini memang sesuai ekspektasimu atau malah jauh.

Kamu bisa memutuskan untuk lanjut atau tidak jika ia tidak sesuai yang diharapkan. Hal semacam ini bakal menghindarkanmu dari keburukan setelah melangsungkan pernikahan.

Baca Juga: 5 Alasan Pacaran dengan Prinsip Jalani Dulu Hanya Membuang Waktumu

3. Kamu bisa melatih kesabaran terhadap dengan pacaran

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pacaran Dahulu Sebelum Menikahilustrasi pasangan (pexels.com/Budgeron Bach)

Setiap orang pasti memiliki ego yang besar. Hal semacam ini juga akan berpengaruh jika kamu memulai sebuah hubungan.

Biasanya, kamu diwajibkan untuk senantiasa bersabar menghadapi sifatnya yang cukup menjengkelkan. Jika tidak punya kesabaran ekstra, kamu pasti bakal cepat marah.

Salah satu cara untuk melatih kesabaran adalah dengan pacaran. Kamu bisa belajar bagaimana cara mengelola emosi dengan baik sehingga tidak berapi-api. Dengan melakukan hal ini, nantinya kamu pasti akan lebih dewasa dalam menjalin sebuah ikatan suci.

4. Kamu harus ingat bahwa pernikahan bukanlah hal yang sepele

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pacaran Dahulu Sebelum Menikahilustrasi menikah (pexels.com/Min An)

Tidak bisa diganggu gugat bahwa pernikahan bukanlah sesuatu yang sepele. Berangkat dari hal tersebut, kamu harus mencari pasangan yang benar-benar cocok denganmu.

Jangan asal kenal seseorang lalu langsung mengajaknya menikah. Diperlukan proses yang panjang agar hubunganmu nanti berjalan langgeng.

Dengan adanya hal itu, kamu harus terus berjuang mencari yang terbaik agar pernikahanmu nanti benar-benar berjalan bahagia. Oleh karena itu, cobalah untuk pacaran sebelum menikah tetapi harus tetap berpatokan kepada norma yang berlaku.

5. Menikah dengan orang yang belum terlalu kamu kenal adalah pilihan buruk

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Pacaran Dahulu Sebelum Menikahilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Sebelumnya sudah banyak disinggung bahwa kamu wajib menikah dengan orang yang tepat. Menemukan orang seperti ini bisa didapat jika kamu sudah menjalin hubungan yang lama dengannya.

Lagipula, menikahi sosok yang belum terlalu kamu kenal adalah pilihan buruk. Coba bayangkan ketika sudah menikah nanti kamu harus hidup dengan sosok yang manipulatif dan kasar.

Alhasil, hal tersebut pasti akan membuat hidupmu menjadi tidak bahagia. Maka dari itu, jangan ragu untuk menjalin hubungan pacaran terlebih dahulu sebelum menikah.

 

Setelah membaca kelima hal di atas, apakah kamu ingin mencoba untuk berpacaran terlebih dahulu sebelum menikah?

Kendati demikian, kamu harus tetap ingat bahwa segala sesuatu itu ada batasannya. Jangan melakukan hal-hal buruk saat pacaran sebab itu hanya akan membuatmu menyesal.

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Kamu Sesali jika Tidak Serius Dalam Pacaran Bro!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya