Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Memaksakan Cinta yang Bertepuk Sebelah Tangan

Jangan memaksakan sebuah perasaan jika gak ingin tersakiti

Banyak orang yang beranggapan bahwa kunci kebahagiaan hidup adalah berhasil dalam hal asmara. Namun hal tersebut bisa saja menjadi bumerang ketika kamu gagal memperjuangkan cinta. Rasa sakit yang begitu mendalam akan terus terasa tiada habisnya.

Meskipun kamu memiliki perasaan tulus tetapi hal itu tidak berguna jika dia tak membalasnya. Semua hal yang ada di dunia ini perlu ada timbal baliknya. Jika memang dia tidak membalas, berhenti berjuang adalah langkah terbaik. Namun apabila kamu terus memaksakannya, maka bersiaplah untuk mendapatkan beberapa dampak buruk di bawah ini.

1. Kamu tidak akan peduli dengan diri sendiri 

5 Dampak Buruk Memaksakan Cinta yang Bertepuk Sebelah Tanganunsplash.com/yuris alhumaydy

Salah satu hal penting yang harus dilakukan dalam menjalani hidup adalah mencintai diri sendiri. Namun terkadang hal tersebut banyak diabaikan ketika mencintai orang lain dengan berlebihan. Tetapi kamu harus ingat bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik.

Kamu pasti akan lupa untuk menghargai diri sendiri jika sudah terjebak dalam zona tersebut. Maka dari itu, cintailah dia secukupnya saja agar tak ada hati yang tersiksa. Apabila dia tidak merespon perasaanmu, maka tidak ada salahnya untuk mencari cinta yang lain.

2. Kamu pasti akan sering galau bahkan depresi 

5 Dampak Buruk Memaksakan Cinta yang Bertepuk Sebelah Tanganunsplash.com/_mxsh_

Semua orang pasti akan sedih dan galau jika cintanya tak terbalaskan. Namun hal tersebut akan tumbuh menjadi lebih buruk jika ada cinta atas dasar keterpaksaan. Semua kebahagiaan yang kamu rasakan saat ini hanyalah bersifat semu. Hal itu terjadi karena dia hanya ingin menghargai perasaanmu saja.

Jika kamu memaksakan cinta orang lain, maka kebahagiaan tidak akan tercipta. Meskipun kamu berjuang sekuat tenaga dan mengorbankan apapun, semua hal itu akan sia-sia jika tak ada cinta dalam dirinya. Maka dari itu, cepatlah sadar diri dan mulailah ambil langkah maju.

3. Semua waktumu akan terbuang percuma karena hal tersebut 

5 Dampak Buruk Memaksakan Cinta yang Bertepuk Sebelah Tanganunsplash.com/anthony tran

Setiap orang pasti memiliki tekad untuk memperjuangkan siapapun yang dicintainya. Namun hal itu tidak akan ada gunanya jika dia tak membalas cintamu. Jangan berhenti di titik itu saja karena kamu masih memiliki banyak mimpi untuk direalisasikan. Jika tetap memaksakan diri, sama saja membuang-buang waktu.

Cobalah manfaatkan waktu luangmu untuk kegiatan yang menunjang hidupmu. Ingatlah bahwa kebahagiaan itu tak selalu bersumber dari cinta. Kamu bisa mendapatkan kebahagiaan lain yang mungkin akan jauh lebih berharga. Oleh karena itu, cintailah seseorang yang mencintaimu balik.

Baca Juga: 5 Hal yang Konon Jadi Penyebab Cintamu Sering Bertepuk Sebelah Tangan 

4. Mimpi-mimpi hidupmu pasti akan susah terealisasi 

5 Dampak Buruk Memaksakan Cinta yang Bertepuk Sebelah Tanganunsplash.com/chaozzy lin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kamu pasti akan terjebak di zona kesedihan jika terus-terusan memaksakan cinta. Sebenarnya kamu sudah tahu bahwa cintamu tak terbalaskan, namun semua itu bukanlah halangan bagimu karena dirimu sudah terbutakan olehnya.

Alangkah lebih baik jika semua waktu berhargamu itu digunakan untuk berjuang dalam meraih mimpi. Jangan terus-terusan memohon kepadanya agar membalas cintamu. Buktikan saja kepadanya bahwa kamu adalah yang terbaik dengan cara merealisasikan semua mimli yang ada di hidupmu.

5. Kamu pasti akan tumbuh menjadi orang yang keras kepala 

5 Dampak Buruk Memaksakan Cinta yang Bertepuk Sebelah Tanganunsplash.com/raychan

Seseorang yang selalu memaksakan cinta pasti cenderung memiliki sifat keras kepala. Hal tersebut terbukti pada saat banyak orang yang sebenarnya menyadarkanmu, namun kamu sama sekali tak menggubrisnya karena percaya dia pasti akan membalas cintamu.

Jangan sekali-sekali kamu menjadi orang yang kolot karena hal tersebut akan menjadi bumerang untukmu suatu saat nanti. Percayalah bahwa setiap orang pasti akan mendapatkan cinta sejatinya meskipun waktunya tak ditentukan. Cobalah untuk bersikap realistis akan mengenai hal tersebut.

Sebuah hubungan percintaan pasti akan berakhir bahagia jika tidak ada keterpaksaan. Maka dari itu cobalah untuk senantiasa kuat menerima kenyataan ketika cintamu tak terbalaskan.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Melupakan Cinta Pertama yang Bertepuk Sebelah Tangan

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya