Comscore Tracker

5 Hal Ini Harus Dilakukan ketika Hadapi Teman yang Baru Patah Hati

Bantu dia agar bisa tersenyum kembali!

Tidak bisa dimungkiri bahwa patah hati merupakan sebuah hal yang bisa membuat seseorang hancur. Ketika menghadapi teman yang sedang merasakan fase tersebut, kamu wajib memberikan dukungan penuh kepadanya agar ia bisa bangkit dari keterpurukan.

Namun, menghadapi seseorang semacam itu tidak semudah seperti yang dibayangkan. Ada beberapa langkah bijak yang wajib dilakukan agar jika ingin memberi dukungan kepadanya. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Dengarkan seluruh keluh kesahnya tanpa disela

5 Hal Ini Harus Dilakukan ketika Hadapi Teman yang Baru Patah Hatiilustrasi berempati (unsplash.com/Ben White)

Ketika ada teman yang baru saja merasakan patah hati, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik. Saat ini, mereka pasti membutuhkan tempat untuk bercerita sehingga kamu wajib menyediakannya. Hal itu ditujukan agar perasaannya bisa menjadi stabil meskipun baru saja dikecewakan.

Caranya, gunakanlah rasa empati agar ia bisa merasakan kenyamanan saat bercerita kepadamu. Jangan sesekali membantah apa pun yang dilontarkan dari mulutnya. Setelah itu, kamu harus meyakinkannya bahwa dia itu merupakan sosok manusia yang kuat.

2. Yakinkan dia bahwa hidup pasti akan terus berjalan meskipun tanpa pasangan

5 Hal Ini Harus Dilakukan ketika Hadapi Teman yang Baru Patah Hatiilustrasi teman (unsplash.com/Becca Tapert)

Selain mendengarkan keluh kesah, cobalah untuk meyakinkan dia bahwa tak memiliki pasangan itu juga bisa membuat hidup menjadi bahagia. Pola pikir semacam itu memang wajib ditanamkan oleh seseorang yang baru saja patah hati agar ia merasa tenang.

Cobalah untuk berbicara kepadanya secara empat mata agar pesan tersebut masuk ke dalam sanubarinya. Ingatkan dia bahwa hidup itu akan terus berputar meskipun tanpa kekasih yang telah merobek hatinya.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Bangkit dari Patah Hati yang Membuat Sakit 

3. Hiburlah dia dengan mengajaknya melakukan hal-hal kesukaannya

5 Hal Ini Harus Dilakukan ketika Hadapi Teman yang Baru Patah Hatiilustrasi gim (pexels.com/cottonbro)

Selanjutnya, kamu bisa menghiburnya dengan cara mengajaknya melakukan hal-hal kesukaannya. Jika ia merupakan sosok yang hobi main gim, ajaklah dia melakukan hal tersebut agar pikirannya menjadi fresh. Di sela-selain main gim, cobalah untuk memberinya wejangan sedikit demi sedikit.

Namun, jika dia menolak, jangan memaksanya untuk melakukan hal tersebut. Bisa saja penolakan tersebut bersumber dari keinginannya untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Intinya, kamu harus memerhatikan waktu yang tepat untuk menghiburnya.

4. Cobalah untuk memberinya sedikit nasihat perihal berpikir realistis dalam hal cinta

5 Hal Ini Harus Dilakukan ketika Hadapi Teman yang Baru Patah Hatiilustrasi mengobrol (pexels.com/Liza Summer)

Memberi saran dan nasihat kepada seseorang yang baru saja patah hati memang diperlukan. Akan tetapi, kamu gak boleh melakukan hal tersebut dengan tergesa-gesa sebab hatinya pasti belum siap menerima semuanya. Biarkan dia larut dalam kesedihannya untuk beberapa saat.

Setelah itu, cobalah untuk memberikannya nasihat terkait pola pikir realistis dalam menjalani hubungan asmara. Katakan kepadanya bahwa putus cinta merupakan sebuah hal yang akan membuatnya menjadi lebih dewasa. Kamu juga harus berkata kepadanya bahwa cinta sejatinya itu nanti pasti akan datang dengan sendirinya.

5. Jangan biarkan dia tenggelam dalam kesedihan terlalu lama

5 Hal Ini Harus Dilakukan ketika Hadapi Teman yang Baru Patah Hatiilustrasi mengobrol (pexels.com/Edmond Dantes)

Ketika dia memendam kesedihan terlalu lama, cobalah untuk mengajaknya berbicara. Jangan biarkan dia terpuruk dalam kondisi yang seharusnya tidak harus disesali begitu lama. Intinya, kamu pantang membiarkannya tenggelam dalam kesedihan yang membuat keadaan semakin memburuk.

Cobalah untuk mengajaknya ngobrol empat mata agar kamu bisa membuat hatinya menjadi lebih tenang. Berikanlah tindakan yang bisa membuatnya nyaman lalu bantu dia untuk melepaskan semua kekecewaan tersebut. Dengan begitu, ia pasti akan bisa bangkit dari keterpurukan.

Menghadapi seorang teman yang baru saja patah hati itu ada seninya. Cobalah melakukan kelima hal di atas agar kamu bisa mendukungnya ketika dia sedang membutuhkan support.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Biar Gak Patah Hati Terlalu Dalam, Bisa Dicoba

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya