Comscore Tracker

Saat Kamu Merasa Insecure Terhadap Pasangan, Jangan Lakukan 5 Hal Ini

Setiap orang pasti memiliki kelebihan masing-masing kok!

Menjalani hubungan asmara memang tidak semudah apa yang dibayangkan. Terkadang banyak masalah akan kalian dapatkan sehingga hubunganmu tidak baik-baik saja. Salah satu hal masalah yang mungkin banyak orang rasakan adalah rasa insecure terhadap pasangan. Menganggap pasangan sebagai seseorang yang hebat memang bukan kesalahan.

Namun, kamu tidak boleh terlena dengan hal tersebut sehingga malah membuat diri menjadi minder. Ada beberapa hal yang harus kamu hindari jika perasaan insecure tiba-tiba muncul di dalam diri. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, cobalah untuk simak pembahasannya berikut ini.

1. Tidak mendiskusikan hal tersebut dengannya

Saat Kamu Merasa Insecure Terhadap Pasangan, Jangan Lakukan 5 Hal Inipexels.com/anastasiya lobanovskaya

Ketika ada hal yang tidak mengenakkan, sebuah pasangan memang dituntut untuk saling berdiskusi agar masalah tersebut dapat teratasi. Begitupula ketika kamu merasa insecure terhadap pasangan, cobalah untuk cepat-cepat mendiskusikan hal tersebut agar solusi dapat muncul.

Jika kamu tidak mau mendiskusikannya, hal tersebut hanya akan memunculkan penyakit hati. Kamu pasti akan kehilangan kepercayaan diri sehingga hubunganmu pun dapat terancam pula. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk ajak ngobrol si dia perihal apa yang kamu rasakan saat ini.

2. Terlalu meratapi nasib namun tidak ada usaha untuk berkembang

Saat Kamu Merasa Insecure Terhadap Pasangan, Jangan Lakukan 5 Hal Inipexels.com/andrew neel

Ketika perasaan insecure itu muncul, hal yang pasti kamu rasakan adalah rendah diri. Kamu akan merasa bahwa dirimu itu tidak jauh lebih baik daripadanya. Namun jangan jadikan hal tersebut sebagai patokanmu untuk menyerah dengan keadaan.

Jika pasanganmu memiliki kualitas diri yang lebih baik, cobalah untuk ikut-ikutan memperbaiki diri pula. Pasanganmu pasti akan seratus persen lebih bahagia jika kamu mau melakukan hal itu. Ubahlah kebiasaan burukmu mulai dari sekarang agar kebahagiaan senantiasa menyertai kalian.

Baca Juga: 6 Hal yang Gak Diharapkan Pasanganmu saat Sibuk dengan Pekerjaannya 

3. Mengakhiri hubungan karena minder

Saat Kamu Merasa Insecure Terhadap Pasangan, Jangan Lakukan 5 Hal Inipexels.com/pixabay

Salah satu hal yang pantang dilakukan ketika kamu merasa insecure terhadap pasangan adalah mengakhiri hubungan. Ingatlah bahwa hakikat dari sebuah pasangan itu saling melengkapi. Setiap orang itu memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika kamu memutuskan untuk mengakhiri hubungan, sama saja hal tersebut malah dapat dikategorikan sebagai sebuah blunder. Dia saja tidak mempermasalahkan hal tersebut kepadamu, lantas untuk apa kamu memutuskan untuk mengakhiri hubungan? Pikirkan lagi sebelum bertindak ya!

4. Terlalu menyalahkan dan merendahkan diri sendiri

Saat Kamu Merasa Insecure Terhadap Pasangan, Jangan Lakukan 5 Hal Inipexels.com/andrea piacquadio

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal tersebut dapat dijadikan patokan untukmu agar tidak merendahkan diri sendiri. Percayalah bahwa menyalahkan diri sendiri hanya akan menambah beban hidup.

Alangkah lebih baik jika kamu menjalani hidup sesuai apa yang ada saat ini dengan terus-terusan mengembangkannya. Hal tersebut akan seribu kali lebih bermanfaat karena kamu pasti belajar terkait menghargai diri sendiri dan mengapresiasi orang lain.

5. Tidak bangga terhadap pasangan karena rasa iri yang berlebihan

Saat Kamu Merasa Insecure Terhadap Pasangan, Jangan Lakukan 5 Hal Inipexels.com/cottonbro

Memiliki pasangan hebat adalah sebuah keberuntungan yang patut disyukuri. Jangan jadikan hal tersebut sebagai patokanmu untuk tidak percaya diri. Terlebih lagi jika rasa iri muncul di dalam diri, hal tersebut pasti akan malah sangat berbahaya bagi hubunganmu.

Cobalah untuk mengapresiasinya dengan segala kehebatan yang dia miliki. Bersikap apresiatif terhadap pasangan itu lebih dari cukup daripada terus-terusan memelihara rasa dengki. Mulai sekarang cobalah untuk katakan padanya dan katakan bahwa kamu bangga terhadapnya.

Memiliki pasangan hebat merupakan sesuatu yang cukup dilematis. Jangan pelihara sikap insecure dan banyak-banyaklah untuk bersyukur.

Baca Juga: 5 Ciri Kalau Pasanganmu Tipe Orang yang Bisa Diajak Maju Bersama-sama

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya