Comscore Tracker

Jika Melakukan 5 Hal Ini, Kamu Layak Dicap sebagai Teman yang Baik

Apakah kamu sudah menjadi teman yang baik?

Setiap manusia memang membutuhkan teman untuk bisa bertahan hidup. Namun tidak semua teman itu bisa dicap baik karena sikap kurang suportifnya. Untuk menjadi teman yang baik, kamu perlu berusaha untuk senantiasa memberikan dampak positif pada hidupnya.

Apakah kamu sudah termasuk sebagai teman yang baik? Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar dapat dicap sebagai teman baik. Untuk penjelasan lengkapnya terkait hal apa saja yang dimaksud, simak pembahasannya berikut ini.

1. Kamu sering membelanjakan teman jika ada rezeki

Jika Melakukan 5 Hal Ini, Kamu Layak Dicap sebagai Teman yang BaikIlustrasi pertemanan (pexels.com/andrea piacquadio)

Siapa nih yang suka mentraktir jika sedang memiliki rezeki? Jika sering melakukan hal tersebut, dapat dipastikan bahwa predikat teman baik ada di dalam dirimu. Kamu pasti tidak khawatir untuk membagi rezeki kepada temanmu sebab hal tersebut tak merugikanmu sama sekali. Tetaplah mempertahankan sikap baik tersebut jika ingin dicap sebagai teman yang baik, ya!

2. Kamu tidak kerepotan jika teman meminta tolong

Jika Melakukan 5 Hal Ini, Kamu Layak Dicap sebagai Teman yang BaikIlustrasi pertemanan (pexels.com/tim douglas)

Dalam menjalani hidup, setiap orang pasti punya masalah masing-masing. Begitupula temanmu, jika sedang memiliki masalah, dia pasti membutuhkanmu untuk membantunya. Jangan pernah menolak jika kamu memang memiliki waktu luang. Hal tersebut akan membuatnya sangat dihargai.

Mau membantu teman jika diminta merupakan sebuah hal yang sangat berharga. Percayalah bahwa hal baik semacam itu nantinya akan dibalas secara setimpal jika kamu mengalami kesusahan di masa depan. Temanmu tidak akan segan-segan untuk mengulurkan tangannya agar masalahmu bisa selesai.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Bandingkan Kesedihan Teman dengan Kisah Sedih Lain

3. Kamu selalu berusaha untuk menjadi pendengar yang baik

Jika Melakukan 5 Hal Ini, Kamu Layak Dicap sebagai Teman yang BaikIlustrasi pertemanan (pexels.com/andres ayrton)

Tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Meskipun begitu, sebisa mungkin kamu harus berusaha untuk mendengarkan apa yang diceritakannya. Ketika sedang bercerita, gunakanlah rasa empatimu agar dia merasa bahwa kamu merupakan tempat ternyaman untuk bercerita.

Hal itu pasti akan membuatmu bisa dicap sebagai teman yang baik. Janganlah kamu malah melakukan 'adu nasib' jika sedang bercerita karena hal tersebut akan membuat dia merasa tidak dihargai. Fokus saja untuk mendengarkan setiap keluh kesahnya, ya!

4. Kamu selalu berusaha mengingatkan dia jika berbuat salah

Jika Melakukan 5 Hal Ini, Kamu Layak Dicap sebagai Teman yang BaikIlustrasi pertemanan (pexels.com/katerina holmes)

Jika temanmu berbuat kesalahan, apa yang akan kamu lakukan? Membiarkannya untuk melakukan kesalahan tersebut atau malah mengingatkan? Jika memilih untuk mengingatkan, dapat dipastikan predikat teman yang baik ada di kamu. Kamu pasti ingin temanmu selalu berusaha di jalur yang benar. Berbuat kesalahan dan tidak segera menyadarinya hanya akan menjadi bom waktu di masa depan.

5. Jika sedang kesusahan, kamu selalu berada di sampingnya

Jika Melakukan 5 Hal Ini, Kamu Layak Dicap sebagai Teman yang BaikIlustrasi pertemanan (pexels.com/liza summer)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang pasti pernah merasakan kesusahan. Fungsi utama seorang teman adalah selalu membersamai di kala senang maupun susah. Saat temanmu sedang susah, sebisa mungkin cobalah untuk senantiasa berada di sampingnya.

Pada saat itu, dia pasti membutuhkan support yang kuat dari seorang teman. Dengan melakukan hal semacam itu, temanmu pasti akan menghargai kebaikan-kebaikan yang kamu buat saat dia sedang berada di kondisi paling bawah.

Jangan pernah berhenti berusaha untuk bisa menjadi teman yang baik. Kebaikanmu kepada orang lain pasti akan membuahkan hal positif di masa depan.

Baca Juga: 5 Tipe Teman yang Paling Menyebalkan di Dunia, Jauh-jauh!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya