Comscore Tracker

Jika Kamu Merasa Depresi Karena Kegagalan Cinta, Lakukan 5 Hal Ini

Lakukan yuk biar gak terus-terusan terpuruk!

Tidak ada orang yang tak menginginkan hubungan asmaranya bisa berjalan mulus. Namun pada realitasnya untuk mewujudkan hal tersebut sangatlah susah. Cinta yang kandas adalah hal cukup lumrah terjadi karena menyatukan dua hati yang berbeda itu sulit.

Rasa kecewa yang begitu mendalam pasti akan menghantui pikiranmu. Kamu pasti akan terus-terusan menyalahkan diri sendiri terkait kegagalan itu. Jika kamu merasa depresi akibat cinta yang gagal, cobalah untuk melakukan lima hal berikut ini.

1. Niatkan diri untuk melupakannya sepenuh hati

Jika Kamu Merasa Depresi Karena Kegagalan Cinta, Lakukan 5 Hal Inipexels/masha raymers

Segala sesuatu akan terlaksana seperti ekspektasi jika di awali dengan niat baik. Untuk menyembuhkan rasa kecewa yang begitu mendalam akibat kegagalan cinta, kamu perlu niat yang kuat untuk melupakan semua kenangan tentangnya.

Memang hal tersebut sangat susah untuk dilakukan tetapi mau tidak mau kamu wajib merealisasikannya. Dengan adanya hal tersebut, lambat laun rasa kecewa di dalam dirimu pasti akan segera sirna meskipun prosesnya berjalan sangatlah lama.

2. Jangan menyalahkan diri sendiri atas kegagalan itu

Jika Kamu Merasa Depresi Karena Kegagalan Cinta, Lakukan 5 Hal Inipexels.com/andrea piacquadio

Satu hal yang wajib dihindari ketika cintamu gagal adalah kamu gak boleh menyalahkan diri sendiri atas semuanya. Ingatlah bahwa pada hakikatnya sebuah asmara itu dijalani oleh dua orang yang saling mencinta.

Ketika hubungan itu kandas, berarti ada kesalahan yang dilakukan oleh dua orang tersebut. Maka dari itu janganlah kamu overthinking dan menyalahkan semua hal yang terjadi adalah ulahmu. Hal tersebut hanya akan menyiksa dirimu saja.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Sudah Bisa Menerima Kegagalan Cinta

3. Cobalah untuk bersyukur karena kamu bisa terlepas dari hubungan tersebut

Jika Kamu Merasa Depresi Karena Kegagalan Cinta, Lakukan 5 Hal Inipexels.com/visionlic .net

Seindah-indahnya kenangan di masa lalu, itu semua hanyalah sebuah kegagalan. Begitu pula hubunganmu yang kandas kemarin, meskipun ada rasa kecewa yang cukup mendalam, semuanya adalah kegagalan. Kamu boleh menangisinya tapi jangan berlebihan.

Cobalah untuk lebuh bersyukur karena hal tersebut telah terjadi. Bisa saja masa lalumu itu adalah orang yang cukup buruk sehingga dia tidak ditakdirkan untukmu. Percayalah cinta sejatimu pasti akan datang secara tiba-tiba suatu saat nanti.

4. Lakukan apresiasi sepenuhnya kepada diri sendiri

Jika Kamu Merasa Depresi Karena Kegagalan Cinta, Lakukan 5 Hal Inipexels.com/min an

Rasa kecewa yang menyelimuti hatimu itu cobalah untuk kubur dalam-dalam. Cobalah untuk berpikir menggunakan sudut pandang lain yang dapat membuatmu agak sedikit lega. Salah satu contohnya adalah kamu bisa mengapresiasi diri sendiri.

Hal itu dilandasi karena kamu telah berhasil bertahan pada hubungan tersebut sampai saat ini meskipun kemarin telah gagal. Ingatlah bahwa mempertahankan itu adalah hal yang sangat susah untuk dilakukan daripada memulai sesuatu.

5. Jika rasa kecewa sudah mulai memudar, siapkan diri untuk bangkit

Jika Kamu Merasa Depresi Karena Kegagalan Cinta, Lakukan 5 Hal Inipexels.com/andrea piacquadio

Jika semua hal di atas sudah dilakukan, maka persiapkan diri untuk move on seutuhnya. Ingatlah bahwa terkadang kamu perlu merasakan sakit hati agar dapat mengetahui betapa indahnya sebuah kebahagiaan yang tidak bisa diraih.

Cobalah untuk bangkit secara perlahan karena kamu memiliki hak untuk dapat hidup bahagia. Oleh karena itu mulai sekarang hilangkan semua amarah yang menyelimuti diri. Dengan melakukan hal itu, kedamaian pasti akan menyertaimu.

Mengalami kegagalan cinta adalah hal yang wajar. Bersedih boleh, namun kamu juga harus memikirkan cara untuk bangkit. Justru dari kegagalan sebelumnya kamu bisa belajar banyak hal untuk hubungan selanjutnya.

Baca Juga: 5 Hikmah dari Putus Cinta Berkali-kali, Jangan Putus Asa!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya