Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Tidak Menjadi Seorang Budak Cinta

Apakah kamu merupakan orang yang bucin?

Budak cinta adalah sebuah istilah di mana seseorang akan melakukan apapun demi pujaan hatinya. Jika dilakukan secara berlebihan, hal tersebut biasanya akan berdampak buruk bagi orang itu sendiri. Alhasil akan ada hati yang tersakiti karena harapan tidak sesuai dengan realita.

Namun kamu sebenarnya bisa menghindarinya dengan cara melakukan beberapa hal positif. Kegiatan tersebut pasti akan menunjang hidupmu menjadi lebih berkualitas dalam perkara asmara. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal-hal apa yang harus dilakukan agar terhindar dari zona budak cinta, coba simak pembahasannya berikut ini.

1. Selalu mencintai diri sendiri melebihi apapun 

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Tidak Menjadi Seorang Budak Cintapexels.com/Anastasia Kolchina

Self-love adalah sesuatu yang wajib dilakukan agar terhindar dari sakit hati ketika mengharapkan seseorang. Memang tak ada  salahnya jika kamu berharap kepada seseorang yang sangat dicintai. Tetapi ingatlah bahwa segala sesuatu itu pasti ada takarannya. Semuanya tak boleh dilakukan secata berlebihan.

Cobalah untuk selalu mencintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum melakukannya kepada orang lain. Hal itu sangatah penting agar kamu bisa menghargai diri sendiri. Jika kamu saja tidak bisa mencintai diri sendiri, lantas bagaimana kamu bisa tulus menyayangi orang lain?

2. Jarang menuruti permintaan pasangan yang dirasa tidak terlalu penting 

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Tidak Menjadi Seorang Budak Cintapexels.com/cottonbro

Terkadang seseorang pasti akan melakukan apapun demi pujaan hatinya. Namun kamu harus bisa mereduksi hal tersebut dengan tidak selalu menuruti apapun kemauannya. Jika pasanganmu meminta sesuatu yang menurutmu kurang penting, alangkah lebih baik jika kamu menolaknya.

Memang susah untuk mengatakan kepada pasangan bahwa kamu tidak setuju dengan permintaannya. Namun ingatlah bahwa hal tersebut pasti akan membantumu agar tidak dipermainkan oleh pasanganmu. Dia pasti akan lebih menghormatimu karena sikap tegas yang kamu miliki itu.

3. Senantiasa fokus kepada pencapaian mimpi 

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Tidak Menjadi Seorang Budak Cintapexels.com/Taryn Elliott

Setiap orang pasti ingin semua mimpinya bisa terealisasi. Namun hal tersebut sangatlah susah digapai karena banyak rintangan yang harus dilewati. Salah satu rintangan yang dimaksud adalah ketika kamu telah terjebak dalam zona bucin. Terkadang seseorang pasti akan lebih mengejar cintanya daripada mimpinya sendiri.

Oleh sebab itu cobalah untuk lebih fokus kepada pencapaian mimpi agar tidak berujung sakit hati. Kamu tak perlu memperjuangkan seseorang yang belum jelas hatinya untuk siapa. Maka dari itu cobalah untuk senantiasa berjuang sekuat tenaga agar kebahagiaan hidup dapat digapai karena mimpi yang terealisasi.

Baca Juga: Berhenti Selagi Bisa, Ini 5 Bahayanya Kalau Kamu Jadi Budak Cinta 

4. Tidak pernah ragu untuk memberi tahu pasangan jika dia salah 

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Tidak Menjadi Seorang Budak Cintapexels.com/vera arsic

Tidak orang yang tak pernah berbuat kesalahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Begitupula pasanganmu, jangan terlalu mendewakannya dengan selalu mengalah ketika dia sedang salah. Hal tersebut pasti akan memantik sikap seenaknya sendiri terhadap dirimu. Cobalah untuk komunikasikan hal tersebut jika dia memang benar-benar salah.

Ingatlah bahwa pada hakikatnya setiap pasangan memang harus menuntut dalam hal kebaikan. Jika kamu terus-terusan membiarkan dia tenggelam dalam keburukannya, sama saja jika tak ada cinta dalam hatimu untuknya. Tegurlah dia jika memang sikapnya terlalu berlebihan dalam melakulan keburukan.

5. Tidak berharap berlebihan kepada pasangan 

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Tidak Menjadi Seorang Budak Cintapexels.com/Jasmine Carter

Satu hal yang satu ini memang terdengar agak tidak masuk akal dalam sebuah hubungan. Tetapi percayalah bahwa setiap orang itu memiliki isi hati yang cukup misterius. Jika saat ini dia menunjukkan rasa sayang yang tulus kepadamu, tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti rasa itu bisa hilang seketika.

Maka dari itu cobalah untuk tidak terlalu berharap kepada pasangan. Alangkah lebih baik jika kamu bisa fokus kepada hidupmu sendiri agar tak ada penyesalan nantinya. Cintailah pasanganmu secukupnya agar kamu bisa terhindar dari zona bucin yang akan menyengsarakanmu.

Itulah kelima hal yang bisa dilakulan agar kamu bisa terhindar dari zona budak cinta. Jangan terlalu berlebihan dalam mencintai agar tidak ada hati yang tersakiti ketika kenyataan gak sesuai ekspektasi.

Baca Juga: 5 Zodiak ini Santai dan Cuek dalam Hubungan, Anti Bucin-bucin Club!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya