Comscore Tracker

Jika Ada 5 Tanda Ini, Berarti Kamu Masih Gak Bisa Melupakan Masa Lalu

Melupakan masa lalu emang butuh usaha ekstra kok!

Setiap orang pasti menginginkan hubungan asmaranya bisa berakhir bahagia. Namun hal tersebut sangatlah susah direalisasikan karena menyatukan dua hati yang memiliki jalan pikiran sendiri tidaklah mudah. Terkadang, ketidakcocokan tersebut malah membuat hubungan jadi berakhir.

Hubungan yang telah berakhir biasanya menyisakan sebuah kenangan pahit. Terkadang kenangan tersebut membuat dirimu menjadi susah melupakan masa lalu. Ada beberapa tanda yang mungkin bisa kamu cek untuk memastikan kondisi hatimu saat ini perihal melupakan masa lalu. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan ini.

1. Selalu baper jika ada orang yang membicarakannya di depanmu 

Jika Ada 5 Tanda Ini, Berarti Kamu Masih Gak Bisa Melupakan Masa Laluunsplash.com/kate kalvach

Kamu pasti memiliki teman di luar sana untuk berbagi keluh kesah perihal hidup. Terkadang kamu juga tak segan-segan cerita kepada mereka mengenai permasalahan asmaramu. Teman yang sudah akrab, biasanya mereka malah memotivasimu dengan menggunakan guyonan untuk menghiburmu.

Guyonan tersebut biasanya berupa 'celetukan' untuk menggodamu perihal si dia yang sudah pergi. Jika kamu masih merasa tak enak hati dan cenderung baper, dapat dipastikan bahwa dia masih ada di dalam perasaanmu. Kamu masih belum bisa melupakan dia seutuhnya.

2. Terkadang kamu masih suka stalking media sosial mantan 

Jika Ada 5 Tanda Ini, Berarti Kamu Masih Gak Bisa Melupakan Masa Laluunsplash.com/becca tapert

Dalam era yang serba digital ini, persebaran semua informasi kian lebih mudah. Apalagi dalam masalah kehidupan sehari-hari, kamu bisa dengan mudah mengakses semua yang diperlukan. Media sosial merupakan sebuah tempat di mana seseorang bebas mengutarakan semua opininya berupa tulisan maupun foto.

Namun media sosial juga memiliki dampak buruk bagi kamu yang susah move on. Hal tersebut karena kamu dituntut untuk tidak menguntit masa lalumu di media sosialnya padahal semua itu mudah diakses. Jika kamu selalu tak tahan untuk stalking, dapat dipastikan bahwa kamu belum bisa melupakannya.

Baca Juga: 8 Lagu DAY6 yang Berpotensi Bikin Gagal Move On, Sebab Teringat Mantan

3. Selalu mempertanyakan apakah kamu bisa bahagia jika tanpanya 

Jika Ada 5 Tanda Ini, Berarti Kamu Masih Gak Bisa Melupakan Masa Laluunsplash.com/engin akyurt

Terkadang setiap orang pernah bertanya kepada diri sendiri perihal masalah yang sedang dihadapi. Kamu pun terkadang pasti pernah melakukannya hanya untuk sekadar menenangkan pikiran. Apalagi dalam hal asmara, kamu pasti pernah bertanya-tanya terkait mengapa hubunganmu bisa kandas begitu saja.

Perasaan insecure pasti akan dirasakan olehmu karena kamu masih ragu apakah bisa hidup bahagia tanpanya. Namun yang harus kamu ketahui adalah cinta  itu bukanlah satu-satunya penentu kebahagiaan. Banyak aspek lain yang bisa dikerjakan agar kebahagiaan abadi bisa kamu raih. Buanglah kebiasaan ini jika kamu tak ingin dibilang susah move on.

4. Kamu masih belum bisa buka hati lagi 

Jika Ada 5 Tanda Ini, Berarti Kamu Masih Gak Bisa Melupakan Masa Laluunsplash.com/stefan spassov

Semua orang pasti setuju bahwa move on adalah hal yang paling sulit. Terkadang hal tersebut menjadi penghambat dalam memperoleh kebahagiaan hidup. Sebenarnya hal tersebut cukup lumrah terjadi karena setiap orang pasti memiliki kekuatan hati yang berbeda-beda.

Jika saat ini kamu masih belum bisa buka hati untuk orang lain, dapat dipastikan bahwa hatimu masih seratus persen untuk masa lalumu. Semua memang membutuhkan proses yang cukup panjang agar bisa mencapai tujuan. Namun satu hal yang harus kamu ketahui adalah tidak ada kebahagiaan yang bersifat instan.

5. Jika melihat fotonya, kamu masih merasa nyesek 

Jika Ada 5 Tanda Ini, Berarti Kamu Masih Gak Bisa Melupakan Masa Laluunsplash.com/fa barboza

Tanda yang satu ini bisa dibilang paling menonjol ketika kamu masih belum bisa melupakan masa lalu. Seseorang yang masih belum bisa move on, mereka cenderung gemetar dan merasa nyesek jika melihat foto mantannya. Hal tersebut terjadi karena masih ada perasaan cinta yang cukup mendalam di dalam hatinya.

Hal tersebut sebenarnya tidak bisa disalahkan karena segala sesuatu memang membutuhkan proses yang panjang. Satu-satunya hal yang harus kamu lakukan adalah mencoba cari kesibukan lain agar tak ingat semua kenangan bersamanya lagi. Usahakan agar kamu tidak melihat fotonya lagi demi ketenangan diri.

Gak ada keberhasilan yang bersifat instan. Begitupula keberhasilan dalam melupakan masa lalu, kamu perlu memperjuangkannya dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Konon Sering Banget Tenggelam dalam Masa Lalu, Bener Gak?

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya