Comscore Tracker

Pelihara 7 Kebiasaan Saling Menghormati Ini Biar Hubungan Awet Sampai Kakek-Nenek!

#14haribercerita Saling menghormati jadi kunci hubungan bertahan lama

Membangun suatu hubungan antara 2 insan yang berbeda memang susah-susah gampang. Kita wajib banyak belajar jika ingin hubungan laggeng dan bertahan lama. Namun, dari riset yang terkumpul, ternyata saling menghormati jadi kekuatan utama dalam mempertahankan sebuah hubungan lho. Ikuti cara ini biar hubungan kalian awet hingga akhir hayat ya!

1. Mulailah dengan tidak berkata kasar dalam situasi apapun

Pelihara 7 Kebiasaan Saling Menghormati Ini Biar Hubungan Awet Sampai Kakek-Nenek!Woman's Day

Kebiasaan berkata kasar mungkin datang dari latar belakang pribadi dan lingkungan masing-masing. Namun sebaiknya kalian berkomitmen sejak awal untuk saling tidak melontarkan kata-kata kasar sebagai bahasa harian, terlebih jika sedang bertengkar. Kebiasaan suka berkata kasar ini akan semakin sulit dihilangkan jika hubungan kalian sudah berjalan lama. Jangan sampai sifat itu kamu pelihara sampai kamu punya anak nanti ya!

2. Hindari memanggil pasangan dengan panggilan yang tak pantas

Pelihara 7 Kebiasaan Saling Menghormati Ini Biar Hubungan Awet Sampai Kakek-Nenek!YouQueen

X: Sayang, kamu lagi apa?

Y: Gue lagi dugem njing..

X: Oh, yaudah hati-hati cuk

Kamu mungkin pernah melihat seleb di sosial media seperti selebask, selebgram, vlogger, youtuber dan lainnya sering mempertontonkan kegiatan pacaran mereka tapi saling memanggil dengan nama binatang atau kata kotor lainnya. Padahal hal sepele seperti ini, selain tidak pantas dipetontonkan, juga tidak menunjukkan rasa hormat pada pasangan lho. Kalau sudah tidak hormat saat pacaran, bagaimana kalau nikah nanti ya? Hmm...

3. Saling menghormati itu tidak mesti kaku, cukup bisa saling mendengarkan dan memahami satu sama lain

Pelihara 7 Kebiasaan Saling Menghormati Ini Biar Hubungan Awet Sampai Kakek-Nenek!Guardian Liberty Voice

Konsep saling menghormati dalam suatu hubungan sebenarnya sederhana kok. Kamu hanya perlu merelakan waktumu untuk mendengarkan dan belajar memahami keinginan pasanganmu. Kalau nyatanya keinginan itu bertolak belakang dengan hati nurani, carilah jalan keluarnya bersama-sama. Tentunya dengan alasan yang realistis dong. Tapi nggak ada salahnya kok kamu mengalah asalkan masih dalam batas wajar.

4. Terbuka satu sama lain namun tetap menjaga privasi pasangan

Pelihara 7 Kebiasaan Saling Menghormati Ini Biar Hubungan Awet Sampai Kakek-Nenek!BuzzNigeria.com

Kepercayaan dalam hubungan memang jadi pondasi utama. Tapi nggak jarang kan kita terlalu menuntut pasangan untuk mengungkapkan privasinya? Terutama tentang masa lalu dan hal-hal yang sensitif kayak pantat bayi. Memaksa pasangan menceritakan privasi atau mengumbar privasi pasangan ke orang-orang sama nggak baiknya lho guys. Setiap manusia pasti punya rahasia, dan faktanya, selama pasangan kamu nyaman denganmu, nggak akan ada rahasia lagi di antara kalian berdua kok.

5. Kalau pengen hubunganmu sampai kakek nenek, coba hargai sekecil apapun hal dalam diri pasangan ya

Pelihara 7 Kebiasaan Saling Menghormati Ini Biar Hubungan Awet Sampai Kakek-Nenek!Pinterest

Kalau kamu mengimpikan hubungan yang bertahan lama, kamu juga harus bersedia menerima kekurangan pasangan. Biar nggak jadi beban, yuk mulai sekarang hargai sekecil apapun usaha maupun hal yang ada dalam diri pasanganmu sebagaimana kamu ingin dihargai oleh si dia. Ketika sudah saling menghargai, kamu serta merta meminimalisir pertengkaran dalam hubungan lho.

6. Hormati pula keluarga pasangan karena nantinya mereka jadi keluargamu

Pelihara 7 Kebiasaan Saling Menghormati Ini Biar Hubungan Awet Sampai Kakek-Nenek!A Hollywood Republican

Jika kamu bercita-cita membangun hubungan ke jenjang yang lebih serius, ada baiknya kamu menjalin silaturahmi yang baik dengan keluarga pasangan karena kelak mereka menjadi keluargamu juga, alias keluarga 'ketemu gede'. Jadi, saling menghormati itu nggak cuma sama pasangan ya, tapi ke semua orang, tua, muda, cantik, ganteng, apalagi sama calon mertua.

7. Jangan pelit memberikan pujian dan pengaruh positif untuk yang tersayang

Pelihara 7 Kebiasaan Saling Menghormati Ini Biar Hubungan Awet Sampai Kakek-Nenek!The Huffington Post

Ketika si dia mengalami kesulitan dan membutuhkan motivasi, di sinilah tugasmu untuk menyemangati dengan kata-kata yang positif. Hibur hatinya dengan candaan dan pujian yang tulus. Namun, ketika hubungan kalian sedang baik-baik saja, minimal berikan pujian atau ungkapan sayang minimal sekali sehari ya biar makin adem.

Thalita Photo Writer Thalita

Em...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya