Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Membangun Kesederhanaan dengan Pasangan

Jangan gengsi menjalani hubungan yang sederhana

Membangun kesederhanaan bukanlah hal yang mudah. Seringkali perbedaan arti ‘sederhana’ menjadi hambatan kedua pasangan. Beberapa pasangan biasa mengartikan sederhana adalah hidup yang irit dan murah. Jika sederhana diartikan seperti itu, tentu banyak pasangan yang tidak menginginkannya.

Banyaknya keinginan dalam sebuah hubungan membuat arti kesederhanaan disalahpahami. Padahal sederhana hanyalah perkara mencari cara alternatif agar lebih simpel dan bermakna. Seperti daripada membeli suatu perlengkapan lebih baik membuat do it yourself (DIY) bersama. Jika bisa dilakukan bersama kenapa tidak? Berikut ini 5 alasan kenapa kamu perlu membangun kesederhanaan dengan pasanganmu.

1. Kebahagiaan akan lebih mudah menghampiri 

5 Alasan Pentingnya Membangun Kesederhanaan dengan PasanganPexels/Andrea Piacquadio

Kebahagiaan akan mudah datang ketika kedua pasangan memiliki pola pikir yang sederhana. Kesederhanaan membuat tidak pernah untuk mempersyaratkan satu sama lain, sehingga tidak membuat pasangannya tertekan. Pasangan yang sadar akan pentingnya hidup sederhana akan lebih bahagia menjalani hubungan. Dia tidak pernah menuntutmu atas keinginan yang dimilikinya.

Dia lebih menyukai bentuk rasa pedulimu daripada materi yang kamu berikan. Kesederhanaan membuat rasa bahagia terasa mudah untuk dirasakan. Bukankah indah jika kedua pasangan saling membangun kesederhanaan?

2. Lebih memahami kondisi pasangannya sehingga tidak banyak menuntut 

5 Alasan Pentingnya Membangun Kesederhanaan dengan PasanganPexels/Derick Santos

Pasangan yang sederhana bisa memahami kondisi pasangannya masing-masing. Sehingga tidak memaksakan keinginannya untuk dituruti. Dia tahu bahwa ada prioritas yang sedang di kerjakan, seperti membahagiakan keluarga, membantu saudara, atau rencana hubungan ke depannya.

Membangun kesederhanaan dalam hubungan, membuatnya tidak banyak menuntutmu. Tidak jarang dia lebih menghargai usahamu, karena tahu kamu sedang kekurangan. Apalagi ketika itu diluar kapasitasmu. Kesederhanaan membuat pasanganmu memahami kondisi yang kamu alami, toh keinginan tidak akan habis jika dituruti.

3. Selalu akan ada masa sulit dalam sebuah hubungan 

5 Alasan Pentingnya Membangun Kesederhanaan dengan PasanganPexels/Andrea Piacquadio

Selalu ingat bahwa hubunganmu tidak selalu menyenangkan. Bahkan hubungan yang berlangsung lama akan tetap didatangi konflik. Akan ada masa sulit yang kalian hadapi bersama. Membangun cinta yang sederhana membuat pasanganmu tetap bersamamu dalam kondisi apapun. Karena tidak jarang salah satu pasangan memilih putus karena tidak bisa menjalani hubungan ketika kondisi memburuk.

Terkadang gengsi membuat dia meninggalkanmu. Untuk itu sebelum masa sulit datang, ajaklah pasanganmu untuk menjalani hubungan dengan sederhana, gak perlu dengan bergelimangan materi.

Baca Juga: Gak Perlu Gengsi, 5 Alasan Kamu Sebaiknya Bergaya Hidup Sederhana

4. Akan ada banyak kebutuhan yang kamu keluarkan, jadi pandai-pandailah mengatur uangmu 

5 Alasan Pentingnya Membangun Kesederhanaan dengan PasanganPexels/Gustavo Fring

Tentu setiap pasangan berharap bahwa hubungannya bisa berjalan lebih serius ke jenjang berikutnya. Pernikahan misalnya akan membutuhkan banyak biaya untuk menyelenggarakannya, atau rumah untuk tempat tinggal, tabungan untuk hari depan merupakan biaya-biaya yang harus kalian pikirkan jika ingin menjalani hubungan yang serius.

Jangan terlalu sering mengikuti tren dan gaya hidup yang banyak menghabiskan uangmu. Untuk sementara, tahanlah keinginanmu dan gunakan untuk sesuatu yang lebih berguna untuk masa depan kedua pasangan. Ingat bahwa menabung bisa membuat masa depan kalian berdua aman, terutama ketika sudah memiliki keluarga.

5. Mengajarkan tulus untuk mencintai 

5 Alasan Pentingnya Membangun Kesederhanaan dengan PasanganPexels/Chermiti Mohamed

Seseorang yang tulus mencintai tidak memiliki maksud dibalik rasa cintanya. Rasa tulus ini yang membuat seseorang bisa selalu mencintai meski dengan banyak kekurangan. Ketika kamu membangun hubungan yang sederhana dengan pasanganmu dan dia dengan senang hati menerimamu, hal tersebut menunjukkan bahwa dia mencintaimu secara tulus. Terkadang cinta bisa dibutakan dengan materi, sehingga seiring hilangnya materi pudar juga cinta yang dimiliki. Namun dengan kesederhanaan, membuat pasanganmu bisa mencintaimu secara tulus dan apa adanya.

Jika sekarang kamu masih gengsi untuk menjalani hubungan yang sederhana lebih baik kamu pikir ulang lagi. Meski tidak mudah untuk membangun kesederhanaan bersama, carilah hal-hal sederhana yang bisa dilakukan bersama, toh banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Bahagiakan Hati Pasangan Saat Tak Ada Waktu Liburan

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya