Comscore Tracker

Berdebat dengan Pasangan Boleh Saja, Namun Wajib Perhatikan 5 Hal Ini!

Jangan mengandalkan ego 

Berbeda pendapat dalam sebuah hubungan adalah hal biasa. Kedua pasangan tidak bisa terhindar dari yang namanya debat, karena suatu waktu pasti akan menemui perbedaan. Namun tidak semua perdebatan bisa memberikan dampak yang positif dan sehat. Tidak jarang debat yang dilakukan dengan cara yang salah justru membuat hubungan semakin berantakan.

Nah, maka dari itu kamu harus mengetahui hal apa saja yang patut kamu perhatikan saat berdebat dengan pasangan. Jika dilakukan dengan baik berdebat ternyata bisa memberikan banyak sisi positif dan manfaat bagi keduanya. Terutama kelima hal penting berikut yang harus selalu kamu ingat saat berdebat.

1. Jangan menghabiskan energi untuk berdebat masalah yang tidak penting

Berdebat dengan Pasangan Boleh Saja, Namun Wajib Perhatikan 5 Hal Ini!Pexels/cottonbro

Perdebatan bukan hanya membuat kedua pasangan lelah secara fisik, namun juga mental. Karena itu kedua pasangan harus bersikap dewasa ketika melihat masalah. Jangan sampai malah hal-hal sepele yang diperdebatkan. Memperdebatkan hal-hal yang gak penting justru membuat pasangan mengira bahwa kamu sedang cari-cari masalah.

Belum lagi ketika kedua pasangan stres menghadapi sikap satu sama lain, bisa jadi akan mengganggu pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Jadi sebelum berdebat cobalah menurunkan ego dan menilai apakah masalah tersebut benar-benar serius?

2. Menunda untuk menyelesaikan masalah terkadang adalah keputusan yang tepat 

Berdebat dengan Pasangan Boleh Saja, Namun Wajib Perhatikan 5 Hal Ini!Pexels/Ketut Subiyanto

Memang memendam masalah terlalu lama bukanlah hal yang baik. Namun juga jangan terlalu cepat dan terburu-buru menyelesaikannya. Karena keputusan yang terlalu cepat cenderung dikendalikan emosi dan membuat kamu menyesal nantinya.

Ketika berselisih cobalah untuk sejenak istirahat dan menyelesaikannya di lain waktu. Kedua pasangan memungkinkan untuk menjernihkan pikiran dan mengubah sudut pandang. Bahkan tidak jarang kedua pasangan jadi tidak mempermasalahkan lagi dan memaafkan masalah yang ada.

3. Pahami kondisi fisik dan mental pasangan karena sangat mempengaruhi hasil perdebatan 

Berdebat dengan Pasangan Boleh Saja, Namun Wajib Perhatikan 5 Hal Ini!Pexels/Vera Arsic

Pikiran yang sedang kalut dan perasaan yang galau sangat mempengaruhi mood saat bertengkar. Biasanya seseorang menjadi sangat agresif dan bertindak tidak logis. Maka untuk tetap berjalan baik, kedua pasangan harus mengetahui kondisi yang tepat. Ketika pasangan lelah, stres, atau sedih, jangan memulai untuk berdebat.

Terkadang memilih diam, atau membicarakan dengan pelan merupakan solusi terbaik. Kedua pasangan harus berada dalam kondisi yang baik secara fisik maupun mental saat berdebat. Setiap masalah pasti memiliki jalan keluar.

Baca Juga: 5 Hal Negatif yang akan Kamu Dapatkan Jika Berdebat di Media Sosial

4. Sedikit sentuhan akan mencairkan suasana yang sebelumnya tegang 

Berdebat dengan Pasangan Boleh Saja, Namun Wajib Perhatikan 5 Hal Ini!Pexels/Elly Fairytale

Terkadang saat perdebatan semakin panas kedua pasangan menjadi tidak terkendali, dan gampang menuduh satu sama lain. Padahal perdebatan yang seperti ini justru akan berakhir buruk. Meski sedang panas kedua pasangan juga harus tetap menunjukkan perasaan sayangnya. Mungkin sedikit perhatian merupakan cara terbaik yang bisa diberikan.

Cobalah memberi sentuhan seperti memegang tangannya atau mendekatkan diri bisa membuat situasi membaik. Pasangan yang menunjukkan perhatian memberi kesan bahwa dirinya menginginkan resolusi konflik yang baik. Dibutuhkan rasa mengalah, dan sikap mengakui kesalahan untuk melakukannya.

5. Berdebat sebenarnya membuat hubungan semakin kuat 

Berdebat dengan Pasangan Boleh Saja, Namun Wajib Perhatikan 5 Hal Ini!Pexels/cottonbro

Sebenarnya setiap perdebatan yang dilakukan dengan baik akan memberikan hasil yang baik pula. Justru menyimpan masalah sendiri merupakan tindakan yang keliru. Hubungan yang sehat akan menghargai pendapat masing-masing dan mencari solusi untuk memperbaikinya.

Setiap pasangan pasti pernah mengalami perdebatan dan ada cara agar berakhir bahagia. Kemampuan komunikasi yang baik membuat hubungan berjalan lancar. Karena itu jangan sampai kedua pasangan menghindari perdebatan karena berdampak panjang setelahnya.

Itulah kelima poin penting yang harus kamu ingat saat berdebat dengan pasangan. Tidak jarang perdebatan bukan karena kedua pasangan saling benci namun karena sebenarnya saling mencintai, lho.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Berdebat Itu Terkadang Diperlukan

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya