Comscore Tracker

Jangan Asal-asalan, Ini 5 Cara Berdebat yang Sehat dengan Pasanganmu

Jadikan pasanganmu sebagai teman diskusi yang asyik

Apakah kamu menganggap debat adalah hal yang buruk? Sayangnya anggapanmu itu tidak seluruhnya benar. Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar dan tidak bisa kamu hindari. Terkadang justru karena pendapat orang lain, banyak wawasan dan sudut pandang baru yang kamu dapat. Termasuk dengan pasangan. 

Mungkin kamu tidak suka berdebat karena biasanya perdebatan memicu pertengkaran. Padahal jika perdebatan dilakukan dengan cara yang baik justru akan membuat hubungan lebih kompak. Penting untuk mengetahui bagaimana cara berdebat yang sehat. Apa saja?

1. Berikan pendapat dengan jujur dan niat yang tulus

Jangan Asal-asalan, Ini 5 Cara Berdebat yang Sehat dengan PasanganmuPexels/Mẫnn Quang

Jujur adalah hal yang sangat penting. Jangan memulai pendapat dengan kebohongan atau mereka-reka. Utarakan perasaanmu secara jujur dalam menilai sebuah hal. Tentu diiringi dengan niat baik, bukan mencari-cari permasalahan. Pasanganmu akan merasa bahwa kamu adalah teman diskusi yang asyik.

Jangan terlalu ekstrem dalam menilai dan jangan terlalu gampang. Berikan pendapat yang sewajarnya dan jauhkan kesan negatif. Pasanganmu akan mengerti bahwa kamu sedang stres memikirkan sebuah hal dan membutuhkan sudut pandang lain. Cara ini yang membuat perdebatan justru akan menyehatkan.

2. Terbuka dengan segala kemungkinan hasilnya

Jangan Asal-asalan, Ini 5 Cara Berdebat yang Sehat dengan PasanganmuPexels/Gui Vergouwen

Perdebatan harus memiliki akhir yang baik. Jangan sampai ada salah satu pihak yang merasa dikecewakan atau direndahkan. Karena itu terbuka dengan segala kemungkinan hasilnya sangat penting. Tentunya pendapat siapa pun memiliki kelemahan bukan? Jika hasilnya tidak seperti yang kamu inginkan kamu tidak bisa memaksakannya. Bersikaplah terbuka dan pasanganmu akan memberikan banyak masukan. Tujuan perdebatan adalah mencari jalan keluar terbaik bagi kedua pihak.

Baca Juga: 6 Cara Berdebat yang Bikin Sebal dan Gak Berfaedah, Jangan Dilakukan!

3. Jangan terlalu menganggap serius sebuah perbedaan

Jangan Asal-asalan, Ini 5 Cara Berdebat yang Sehat dengan PasanganmuPexels/Mẫnn Quang

Perbedaan adalah hal yang wajar. Jadi jangan terlalu menganggapnya serius. Jangan sampai kamu mengorbankan perasaan pasanganmu hanya karena pendapatmu. Berikan candaan agar situasi tidak terlalu tegang. Perdebatan bukan melulu soal memberikan pendapat bukan? Berikan gestur-gestur atau lelucon yang sering kamu berikan. Sehingga pasanganmu tidak menganggap bahwa perbedaan tersebut akan berdampak buruk pada hubungan kalian. Kamu perlu meyakinkan bahwa beda bukan berarti salah.

4. Jelaskan tujuanmu hanya untuk mengajaknya diskusi, tidak lebih

Jangan Asal-asalan, Ini 5 Cara Berdebat yang Sehat dengan PasanganmuPexels/Flora Westbrook

Agar pasanganmu tidak mengira bahwa kamu tidak sedang cari-cari masalah, jelaskan di awal bahwa kamu sedang butuh sudut pandang baru dalam sebuah permasalahan. Memberi tahu tujuanmu mengajak diskusi sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pasanganmu adalah seseorang yang paling paham tentangmu. Namun jika pasanganmu menolak tentu lebih baik tidak dilakukan dulu, kamu bisa melakukannya di lain waktu. Mungkin pasanganmu sedang ada dalam masalah/aktivitas yang lain. Perdebatan yang baik dilakukan pada waktu dan suasana yang tepat. 

5. Segera katakan maaf jika ada ucapanmu yang salah

Jangan Asal-asalan, Ini 5 Cara Berdebat yang Sehat dengan PasanganmuPexels/Diego Rezende

Pendapatmu bisa saja tidak selalu benar. Karena itu penting untuk mengonfirmasi lagi kebenarannya. Jika sudah terlanjur diucapkan, segeralah untuk meminta maaf. Berikan alasan dan kemauan untuk memperbaikinya. Kesalahan informasi bisa saja terjadi, biarkan pasanganmu meluruskan pendapatmu. Di sisi lain pasanganmu akan merasa diakui dan bisa dipercaya olehmu.

Tidak jarang sifat anti kritik malah membuat perdebatan menjadi pertengkaran. Tidak ada salahnya untuk meminta maaf, karena orang tersebut adalah pasanganmu sendiri. Justru pasanganmu dapat membantumu untuk lebih maju. Hubungan kalian akan lebih kompak dengan saling melengkapi.

Memiliki pasangan yang asyik di ajak diskusi dan tidak menyembunyikan masalahnya adalah hal yang menyenangkan. Jangan menghindar dari permasalahan yang serius hanya karena beda pilihan. Justru hubunganmu akan langgeng seiring menyelesaikan beragam masalah bersama.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Pasangan Sering Berdebat, Artinya Saling Mencintai

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya