Comscore Tracker

9 Alasan Kenapa Seseorang Susah Diajak Ngumpul Sama Teman

Alasan kenapa ngumpul selalu jadi wacana

Istilah "Wacana forever" , tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tiap kali berencana untuk berkumpul bersama, seolah ada saja penghalang untuk menggagalkan itu semua.

Setelah lulus sekolah, biasanya untuk berkumpul kembali dengan teman tidaklah mudah. Ada saja beragam alasan yang melatar belakangi seseorang untuk tidak ikut hadir dalam acara. Beberapa alasan berikut ini kemungkinan adalah penyebab kenapa seseorang susah banget diajak ngumpul sama teman. Yuk langsung kita bahas saja!

1. Berhalangan hadir karena ada acara keluarga

9 Alasan Kenapa Seseorang Susah Diajak Ngumpul Sama Temanunsplash/Boxed Water Is Better

Tidak ikut serta dalam acara kumpul-kumpul bersama teman, bukan berarti kita bisa seenaknya saja bilang "Ah paling dia mah nggak nganggap acara kita ini penting". 

Jangan salah sangka dulu! Boleh jadi teman kamu itu berhalangan hadir karena ada acara keluarga yang tidak bisa dia tinggalkan begitu saja. Siapa tahu kan, temanmu itu tadinya pengen banget datang ke acara kumpul-kumpul itu. Tapi karena ada acara keluarga, dengan berat hati temanmu itu tidak menghadiri acara yang kamu dan teman-temanmu adakan.

2. Sibuk dengan pekerjaan ataupun tugas kuliahnya

9 Alasan Kenapa Seseorang Susah Diajak Ngumpul Sama Temanunsplash/Bench Accounting

Sibuk dengan urusan pekerjaan ataupun tugas kuliah, kerap kali menjadi kendala seseorang untuk bisa ikut berkumpul bersama teman lamanya.

Karena tuntunan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja, serta tugas dari kampus yang sudah 'menggunung' begitu banyaknya. Mau tidak mau, kamu harus berpuasa sebentar untuk kumpul-kumpul bareng teman-temanmu itu.

Baca Juga: 5 Manfaat Memenuhi Undangan dari Teman, Jangan Ansos ya!

3. Mager buat pergi ke mana-mana

9 Alasan Kenapa Seseorang Susah Diajak Ngumpul Sama Temanunsplash/Kinga Cichewicz

Ketika mager melanda, seringkali kita dibuat tidak berdaya olehnya. Mau bangun dari tempat tidur saja, berat sekali rasanya. Belum lagi kalau ada teman lamamu yang ngajak kumpul-kumpul, sudah pasti pilihan kamu antara mengabaikan ajakan darinya, atau mungkin kamu berusaha menolaknya dengan cara halus.

"Mending bobo cantik di rumah" (Mungkin itu yang ada di pikiranmu saat itu).

4. Tidak ingin bertemu dengan seseorang yang tidak kamu suka

9 Alasan Kenapa Seseorang Susah Diajak Ngumpul Sama Temanunsplash/Scott Warman

Dalam sebuah pergaulan, sesekali kamu pasti pernah merasa nggak suka dengan perilaku seseorang. Misalnya saja, ada salah satu temanmu yang hobinya jelek-jelekin orang, terlalu berlebihan dalam membanggakan diri sendiri. Dan alhasil, tiap kali kamu berada di dekatnya, kamu sering merasa kesal dan geregetan dibuatnya.

Ketika sewaktu-waktu kawanmu mengajakmu untuk kumpul bersama. Seringkali keberadaan temanmu yang berperilaku tidak baik itu, menjadi halangan terbesarmu untuk datang ke acara kumpul-kumpul tersebut. 

"Males ah kalau harus dengerin ocehan nggak penting dari mulut dia, yang ada cuma bikin pusing kepala aja!" (Pikirmu dalam hati).

5. Merasa minder dengan penampilan dan perubahan teman-temanmu sekarang

9 Alasan Kenapa Seseorang Susah Diajak Ngumpul Sama Temanunsplash/Jeffrey Wegrzyn

Melihat kemajuan teman-temanmu yang begitu pesat, sedangkan kamu berpikir hidupmu masih begitu-begitu saja, seolah tidak ada kemajuan. Ditambah dengan penampilan teman lamamu yang semakin membuatmu pangling. Hal tersebut seringkali membuatmu merasa minder dan rendah diri jika harus bertemu dan berkumpul bersama mereka. Tapi satu hal yang harus kamu ingat bahwa setiap orang punya waktunya sendiri untuk bersinar.

Tetaplah optimis, dan terus berjuang untuk menggapai apa yang menjadi impianmu sekarang.

6. Bokek, alias gak punya ongkos buat keluar sama teman

9 Alasan Kenapa Seseorang Susah Diajak Ngumpul Sama Temanunsplash/freddie marriage

Kumpul sama teman juga butuh modal, belum lagi kalau ngumpulnya itu di cafe yang mau nggak mau kamu harus merogoh kocek untuk membeli makanan. Kalau kumpulnya itu di awal bulan ketika kamu baru gajian, mungkin kamu bakal setuju. Tapi, kalau pas kebetulan kumpulnya itu di saat isi dompetmu mulai menipis, kayaknya di pending dulu, deh.

7. Paling tidak nyaman kalau berada di keramaian

9 Alasan Kenapa Seseorang Susah Diajak Ngumpul Sama Temanunsplash/Natalia Figueredo

Bagi sebagian orang, berada di keramaian seringkali membuatnya merasa tidak nyaman. Tidak suka menjadi pusat perhatian, bisa jadi salah satu penyebabnya. Hal tersebut jugalah yang kerap kali mendorong orang tersebut untuk tidak ikut-ikutan jika temannya sedang mengadakan acara pertemuan.

8. Tidak mau datang, karena dari awal kamu sudah yakin kalau itu semua bakal jadi wacana

9 Alasan Kenapa Seseorang Susah Diajak Ngumpul Sama Temanpexels/Moose Photos

"Bilang mau ada acara kumpul-kumpul, ujung-ujungnya pasti bakal nggak jadi juga. Halaah, basi!"

Karena sudan cukup sering mengalami kejadian dimana acara kumpul cuma sekedar wacana. Maka dari awal pun kamu sudah menduga, bahwa rencana yang teman-temanmu buat pasti akan berakhir jadi wacana lagi dan lagi. 

Alih-alih kamu bertanya dimana dan kapan acara itu akan diadakan, kamu justru lebih memilih diam dan bersikap santai. "Ya iyalah, toh pada akhirnya bakal nggak jadi juga" (Ucapmu dalam hati).

9. Ada hal yang ingin kamu lupakan tentang masa lalu yang pernah kamu alami, dan itu semua berkaitan dengan sekolah dan juga teman-temanmu

9 Alasan Kenapa Seseorang Susah Diajak Ngumpul Sama Temanunsplash/Seth Macey

Kejadian di masa lalu seringkali membuat beberapa orang mengalami trauma. Misalnya seperti, pada saat di sekolah dulu, kamu pernah mengalami masalah ataupun kejadian yang tidak mengenakan dengan teman ataupun sekolahmu. Pernah dijauhi teman, dijadikan bahan bercandaan mereka, dan semua itu membuatmu merasa tersinggung dan sakit hati.

Karena tak mau berlarut-larut memikirkan kejadian itu, lama-kelamaan kamu berusaha untuk mencoba melupakan dan menghindari teman-temanmu yang berlaku kurang baik tersebut. Makanya, kalau kebetulan ada acara buat kumpul-kumpul sama teman lamamu, seringkali kamu berusaha untuk menghindari itu.

Berkumpul kembali bersama teman masa sekolah memang tidak mudah. Namun, bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Jika temanmu tidak datang ke acara kumpulan seperti reuni dan semacamnya. Jangan buru-buru menjudge mereka yang tidak-tidak, ya!

Baca Juga: 6 Cara Pintar Berhemat di Bulan Puasa Walau Banyak Acara Bukber

Tika Nurohmah Photo Community Writer Tika Nurohmah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You