Comscore Tracker

Pentingnya Bersikap Bodo Amat Terhadap 10 Tipe Teman Seperti Ini

Jangan melulu diambil hati!

Memiliki teman dengan berbagai macam karakter bisa dibilang susah-susah gampang. Di satu sisi, keberadaan mereka itu bisa membawa angin segar bagi kehidupanmu. Tapi sisi lain, kadang beberapa temanmu membuat kamu kesal bahkan emosi ketika kamu melihat tabiat buruknya.

Contoh yang seringkali terjadi misalnya, seorang teman yang omongannya manis di depan, tapi pahit di belakang. Atau mungkin, ada dari mereka yang secara terang-terangan memperlihatkan ketidaksukaannya padamu, hanya karena kamu memakai baju baru.

Sebagai orang yang merasa "disudutkan", seringkali kamu merasa kesal atau bahkan berniat memarahinya bukan? Eits, tunggu dulu. Sebelum kamu memutuskan untuk membuang waktumu karena ingin memarahinya. Lebih baik kamu pikir-pikir dulu deh!

Dalam beberapa hal, bersikap bodo amat itu perlu kamu lakukan juga lho. Selain untuk menghindari perasaan khawatir dan stres, bersikap bodo amat juga bisa membantumu untuk tidak fokus terhadap hal-hal yang negatif.

Nah, agar hidupmu terasa makin damai, ada baiknya jika kamu bersikap bodo amat terhadap beberapa tipe teman berikut ini.

1. Tipe orang yang gak pernah absen buat ngomongin kamu di belakang

Pentingnya Bersikap Bodo Amat Terhadap 10 Tipe Teman Seperti Inipexels/Brett Sayles

Bisa dibilang tipe teman macam ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Keberadaan mereka pasti bikin kamu jengkel kan? Tapi ingat, mulai dari sekarang kamu harus belajar bersikap bodo amat terhadap tipe teman seperti ini. Karena bagaimanapun juga, mereka gak akan pernah berhenti membicarakan keburukanmu di belakang, sebelum mereka sendiri benar-benar bertaubat.

2. Tipe orang yang selalu iri dan gak suka ketika kamu punya barang baru

Pentingnya Bersikap Bodo Amat Terhadap 10 Tipe Teman Seperti Iniunsplash/Jens Lindner

Tipe orang yang satu ini emang paling sebel kalau lihat temannya beli barang baru. Misalnya saja, ketika kamu beli sepatu baru yang lagi nge-trend sekarang. Pasti orang yang satu ini bakal terlihat uring-uringan, dan tak jarang merekapun malah menjelek-jelekkan barang yang baru kamu beli itu. Misalnya seperti:

"Ih apaan sih, sepatu gitu mah gue juga bisa beli kali. Lebih dari satu malah!" Ucapnya dalam hati.

Kamu: Tarik napas pelan-pelan, buang lewat mulut, daan lupakan saja semuanya!

3. Tipe orang yang selalu merasa tersaingi dan gak mau kalah saing sama kamu, perihal penampilan ataupun kehidupan asmara kamu

Pentingnya Bersikap Bodo Amat Terhadap 10 Tipe Teman Seperti Inipexels/bruce mars

Melihat temannya jalan-jalan, langsung iri. Melihat kamu pakai baju baru, langsung dia pengen beli. Yang jelas, tipe teman macam ini mudah banget merasa tersaingi hanya karena hal-hal sepele bahkan tidak penting.

Meladeni teman seperti ini hanya akan membuatmu merasa lelah dan stres. Dan salah satu solusi yang perlu kamu lakukan adalah, mulailah untuk bersikap bodo amat terhadap tipe teman macam ini.

4. Tipe orang yang paling gak suka kalau kamu lagi ngobrol sama orang baru

Pentingnya Bersikap Bodo Amat Terhadap 10 Tipe Teman Seperti Inipexels/Tim Gouw

Emang dasarnya pikiran orang ini selalu negatif, apa pun yang kamu ataupun temannya lakukan, pasti dia langsung tidak suka. Seperti pada saat kamu sedang berbicara dengan orang yang baru kamu kenal, tipe orang yang satu ini biasanya langsung pasang muka sewot seolah dia tidak suka dengan apa yang kamu lakukan. Dan dengan entengnya dia bilang, "Ih apaan sih, kok dia sok kenal banget!".

5. Tipe orang yang kalau kamu lagi ngomong, suka menatap kamu dengan tidak enak

Pentingnya Bersikap Bodo Amat Terhadap 10 Tipe Teman Seperti Iniunsplash/Fezbot2000

Suka risik gak sih, ketika temanmu memperhatikan kamu dengan mimik muka yang seolah penuh dengan kebencian?

Terkadang mulut rasanya gatel pengen bilang, "Kamu kenapa sih ngelihatin aku kayak gitu?". Eits, tunggu dulu. Daripada kamu jadi tersulut emosi gara-gara tatapan kejam dari temanmu. Lebih baik cuekkin saja deh mereka itu.

Baca Juga: 7 Tipe Orang yang Perlu Kamu Hadapi dengan Sikap 'Bodo Amat'

6. Tipe orang yang terlalu banyak mengatur urusan hidupmu

Pentingnya Bersikap Bodo Amat Terhadap 10 Tipe Teman Seperti Iniunsplash/Gonzalo Arnaiz

Kerap kali kita meminta saran terhadap teman kita sendiri. Tapi, beberapa dari mereka terkadang tidak benar-benar membantu dan bahkan terkesan memaksakan kehendak dirinya sendiri.

Jika saran yang mereka kemukakan itu dirasa baik, tidak salah apabila kamu menerima saran tersebut. Tapi, katakan tidak jika kamu harus terus-menerus mengikuti semua perintah darinya!

7. Tipe orang yang suka tiba-tiba menjauhimu tanpa alasan

Pentingnya Bersikap Bodo Amat Terhadap 10 Tipe Teman Seperti Iniunsplash/Steven Spassov

Paling sebel deh sama orang yang tiba-tiba menjauhi kita tanpa alasan yang jelas. Apalagi kalau dia sampai ngajak temennya yang lain buat sama-sama menjauhimu juga. Duh, kok dia tega banget, ya?

Ya, orang itu emang tega dan jahat sama kamu. Dan alangkah baiknya, kamu sendiri tak usah hiraukan perilaku anehnya itu.

8. Tipe orang yang hobinya bisik-bisik sama teman sembari menengok ke arahmu

Pentingnya Bersikap Bodo Amat Terhadap 10 Tipe Teman Seperti Iniunsplash/Court Prather

Melihat teman sedang bisik-bisik sembari melihat ke arahmu seringkali membuatmu bingung bahkan ingin marah. Tapi, coba deh kamu pikir-pikir kembali, apa iya mereka itu sedang membicarakan keburukanmu? Bisa saja kan mereka itu hanya ingin menggoda dan menjahilimu saja.

Meskipun yang mereka bicarakan itu ternyata keburukanmu, sebisa mungkin kamu abaikan saja perilaku buruk mereka itu. Capek tahu ngeladenin orang yang kayak gitu. Lebih baik kamu tutup kuping sama mata kamu aja deh!

9. Tipe orang yang selalu tidak suka dan mengomentari apa yang kamu pakai

Pentingnya Bersikap Bodo Amat Terhadap 10 Tipe Teman Seperti IniPexels/Craig Aderley

"Eh kok gitu, eh kok gini, jelek tahu!"

Tidak ada satupun barang atau pakaian yang kamu pakai, yang tidak pernah lepas dari komentar pedas temanmu itu. Dan untuk menghindari rasa stres dan kesal yang berlebih, maka dibutuhkanlah tingkat kesabaran dan rasa bodo amat yang tinggi untuk menghadapi semua itu.

10. Tipe orang yang hobinya mengkritik orang, tapi kalau dikritik balik dia malah marah-marah

Pentingnya Bersikap Bodo Amat Terhadap 10 Tipe Teman Seperti Iniunsplash.com/Helena Lopes

Kritik yang membangun memang diperlukan. Tapi, jika kritikan itu terkesan menjatuhkan bahkan menghina kamu. Lebih baik kamu segara tutup telinga deh. Karena pada dasarnya, mereka itu iri dan tidak suka ketika melihat ada kemajuan dalam hidupmu.

Tipe teman yang satu ini, juga paling gak suka kalau dirinya dikritik sama orang. Bukannya bersyukur karena masih ada orang yang peduli dengannya, eh ini malah jadi cemberut dan ngambek ketika ada orang yang memberi kritik kepadanya. Bodo amat aja deh!

Bersikap bodo amat, bukan berarti kita jadi orang apatis dan tidak menghargai orang lain. Menghargai orang lain, memang wajib hukumnya. Tapi, adakalanya juga kamu harus bersikap bodo amat terhadap hal-hal yang dirasa akan merugikan dan menjatuhkan mental baikmu.

Baca Juga: 6 Alasan Kita Memang Sebaiknya Punya Sikap 'Bodo Amat'

Tika Nurohmah Photo Community Writer Tika Nurohmah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You