Comscore Tracker

5 Batasan yang Harus Ada pada Pasangan yang Telah Menikah, Hargai!

Jangan sampai melewati batasan yang ada pada pasangan

Menapaki jenjang pernikahan memang bukanlah suatu hal yang mudah sebab ada banyak sekali pertimbangan dan persiapannya. Setelah melangsungkan pernikahan juga sama sulitnya sebab harus mulai beradaptasi satu sama lain.

Banyak pasangan yang menganggap bahwa ketika sudah menikah, maka tidak ada lagi batasan antara suami dan istri. Anggapan seperti ini tentunya tidak selalu benar sebab beberapa batasan-batasan berikut ini harus wajib dihormati pasangan ketika sudah menikah.

1. Urusan pekerjaan yang dimiliki masing-masing

5 Batasan yang Harus Ada pada Pasangan yang Telah Menikah, Hargai!Ilustrasi pasangan sedang bekerja (Pexels/Andrea Piacquadio)

Khusus untuk pasangan yang dua-duanya bekerja mungkin akan sedikit sulit dalam mengatur waktu. Hal ini semakin didukung apabila keduanya memiliki latar belakang pekerjaan yang sangat berbeda.

Tentunya akan lebih bijak untuk dapat memahami batasan yang berkaitan dengan urusan pekerjaan dari pasangan. Jangan sampai terlalu ikut campur, apalagi jika beban pekerjaan sedang tidak baik-baik saja.

2. Barang-barang yang bersifat pribadi

5 Batasan yang Harus Ada pada Pasangan yang Telah Menikah, Hargai!Ilustrasi pasangan bermain ponsel (Pexels/Keira Burton)

Ketika sudah menikah memang semua pasangan saling berbagi segala hal, bahkan termasuk benda-benda yang dimiliki. Meski demikian, pasangan tetap memiliki barang-barang yang bersifat pribadi, salah satunya ponsel.

Mengecek atau menggunakan ponsel pasangan memang bukan lah suatu masalah, selama sudah ada kesepakatan sebelumnya. Hal yang tidak boleh adalah ketika kamu sudah ikut campur dalam mengotak-atik isi ponsel pasangan, sehingga membuatnya merasa risi.

Baca Juga: 5 Sifat yang Harus Diubah sebelum Menikah, Jangan Hanya Ngebet Nikah!

3. Hobi yang disukai pasangan, selama tidak mengganggu rumah tangga

5 Batasan yang Harus Ada pada Pasangan yang Telah Menikah, Hargai!Ilustrasi pasangan bermain game (Pexels/cottonbro)

Hampir semua orang biasanya memiliki hobi tersendiri. Melakukan hobi adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan penat dan stres dalam bekerja.

Kamu tidak boleh melarang pasangan untuk melakukan hobinya, selama tidak sampai mengganggu rumah tangga. Pastikan antara kamu dan pasangan tetap memiliki batasannya tersendiri untuk melakukan hal yang disukai.

4. Masa lalu pasangan

5 Batasan yang Harus Ada pada Pasangan yang Telah Menikah, Hargai!Ilustrasi pasangan mengobrol (Pexels/Jack Sparrow)

Semua orang memiliki masa lalunya yang berbeda-beda, bahkan termasuk dengan kisah cintanya dulu. Kamu mungkin pernah merasa penasaran dengan masa lalu pasangan dan hal tersebut boleh saja saling diceritakan, selama satu sama lain sepakat.

Hal yang tidak dibenarkan adalah ketika kamu terlalu mengorek masa lalu pasangan, bahkan pada hal yang sensitif sekalipun seperti kisah cintanya. Justru contoh tersebut akan merusak rumah tanggamu ke depannya.

5. Memaksakan selera seksual pada pasangan

5 Batasan yang Harus Ada pada Pasangan yang Telah Menikah, Hargai!Ilustrasi pasangan berpose intim (Pexels.com/Tim Samuel)

Layaknya selera makanan yang dimiliki oleh setiap orang, selera seksual pun tentu akan berbeda-beda antara satu dan lainnya. Kamu mungkin memiliki suatu fantasi seksual, namun hal tersebut bukan berarti juga disukai oleh pasanganmu.

Kamu tidak bisa memaksakan selera seksualmu pada pasangan sebab hal tersebut bukan lah tindakan terpuji. Coba lah untuk berkomunikasi dan saling berdiskusi tentang apa yang menjadi selera seksualmu bersama.

Batasan-batasan di atas tentunya menjadi suatu hal yang perlu dipahami serta dilakukan olehmu dan pasangan. Dengan menghormati batasan-batasan di atas, maka hubungan rumah tanggamu pun bisa lebih minim konflik. Hargai batasan yang ada, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Tidak Boleh Menikah Hanya karena Nafsu Seksual Semata

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya