Comscore Tracker

5 Alasan Lebih Baik Pisah Rumah dari Orangtua Setelah Menikah

Tetap jaga hubungan baik dengan orangtua

Memiliki rumah sendiri ataupun tinggal terpisah dengan orangtua selepas menikah mungkin menjadi harapan banyak pasangan muda. Ada banyak alasan mengapa pasangan muda perlu memiliki hunian sendiri, dan tentu saja hal tersebut demi membangun keluarga baru yang lebih mandiri.

Lalu, apa saja alasan mengapa kamu yang baru menikah perlu memiliki rumah sendiri? Yuk, cari tahu.

1. Lebih mandiri

5 Alasan Lebih Baik Pisah Rumah dari Orangtua Setelah MenikahUnsplash.com/Jason Briscoe

Alasan paling dasar tentu saja karena kemandirian perlu dimiliki pasangan yang baru menikah. Memutuskan untuk menikah berarti siap membangun keluarga baru secara mandiri dalam segala hal. Tentu saja hal ini termasuk pada kemandirian untuk tinggal terpisah.

2. Memiliki privasi tersendiri

5 Alasan Lebih Baik Pisah Rumah dari Orangtua Setelah MenikahUnsplash.com/Soroush Karimi

Berumah tangga sudah tentu akan memiliki privasinya tersendiri. Tentu saja hal tersebut tak akan nyaman bila kamu masih harus tinggal bersama dengan orangtua. Oleh sebab itu, tinggal terpisah akan membantumu dengan pasangan untuk memperoleh privasi tersendiri.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Bahagia Saat Tinggal Bersama Pasangan Pasca Menikah

3. Minim konflik

5 Alasan Lebih Baik Pisah Rumah dari Orangtua Setelah MenikahPexels.com/Vera Arsic

Disadari atau tidak, kadang kala tinggal bersama orangtua setelah menikah mungkin saja akan memunculkan konflik. Konflik tak hanya berkaitan dengan orangtua, namun juga saudara yang juga tinggal di rumah yang sama. Tentu saja kamu perlu mempertimbangkan untuk memiliki rumah atau hunian sendiri setelah menikah.

4. Tidak merepotkan orangtua setelah menikah

5 Alasan Lebih Baik Pisah Rumah dari Orangtua Setelah MenikahUnsplash.com/Dmitry Vechorko

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa tinggal bersama orangtua setelah menikah justru dikhawatirkan akan merepotkan mereka. Meskipun orangtua tentu tak akan mengatakan apapun, namun tetap saja rasa tak nyaman akan ada. Oleh sebab itu, pertimbangkan lah untuk memiliki hunian sendiri setelah menikah.

5. Kamu akan memiliki motivasi untuk bekerja lebih keras

5 Alasan Lebih Baik Pisah Rumah dari Orangtua Setelah MenikahUnsplash.com/Campaign Creators

Memiliki hunian sendiri berarti melakukan apapun secara mandiri. Tak heran, bila hal tersebut biasanya akan membuat banyak pasangan cenderung terus berusaha untuk bekerja lebih keras. Alasannya agar segala kebutuhan keluarga dapat terpenuhi dengan baik.


Meskipun nantinya kamu memutuskan untuk memiliki hunian terpisah dari orangtua, namun hubungan baik dan komunikasi rutin tetap harus terus dijaga. Setuju?

Baca Juga: 7 Masalah yang Sering Dihadapi Pasangan Baru Menikah, Rentan Cekcok?

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya