Comscore Tracker

5 Alasan untuk Tidak Boleh Menyimpan Gengsi pada Pasangan, Catat!

Rasa gengsi bisa berpotensi merusak hubungan, lho!

Memiliki hubungan yang berkualitas tentunya menjadi salah satu hal yang diidamkan oleh banyak orang. Pada kenyataannya tentu tidaklah mudah untuk dapat memperoleh hubungan yang sesuai dengan ekspektasi.

Salah satunya sering kali disebabkan apabila pasangan menyimpan gengsi dalam hubungan. Hal tersebut tentu dapat menyebabkan beberapa dampak yang berikut ini.

1. Tidak terbuka dengan pasangan

5 Alasan untuk Tidak Boleh Menyimpan Gengsi pada Pasangan, Catat!ilustrasi pasangan (unsplash.com/@brookecagle)

Gengsi yang dimiliki sering kali membuat seseorang sulit untuk bersikap terbuka dengan pasangannya. Hal ini tentunya membuat segala sesuatu menjadi tak berjalan baik, khususnya apabila mengalami permasalahan.

Padahal, komunikasi merupakan salah satu pondasi utama dalam menjalani hubungan yang sehat. Jika sampai menyimpan gengsi yang berlebihan, tentunya hubungan jadi sulit untuk dijalani dengan baik.

2. Membuatmu mudah merasa kecewa

5 Alasan untuk Tidak Boleh Menyimpan Gengsi pada Pasangan, Catat!ilustrasi sedih (unsplash.com/@anthonytran)

Kekecewaan adalah hal alami yang mungkin dirasakan oleh banyak orang. Salah satu penyebabnya bisa terjadi bila kamu kerap menyimpan gengsi dengan pasangan.

Biasanya gengsi tersebut akan membuatmu memiliki ekspektasi berlebihan sehingga jadi mudah merasa kecewa. Kekecewaan tersebut bisa jadi bumerang yang mungkin dapat merusak hubungan ke depannya.

Baca Juga: 5 Cara Kurangi Rasa Kecewa pada Pasangan, Dengarkan Dia

3. Tidak ada habisnya membandingkan kehidupan sendiri dengan kehidupan orang lain

5 Alasan untuk Tidak Boleh Menyimpan Gengsi pada Pasangan, Catat!ilustrasi mengobrol (unsplash.com/@alicekat)

Kadang kala memang tidak semua hal selalu berjalan sesuai dengan keinginan. Terkadang kamu mungkin sering membandingkan kehidupanmu dengan kehidupan milik orang lain yang terlihat lebih bahagia.

Rasa gengsi yang dimiliki juga sering kali membuat seseorang tidak berhenti dalam membanding-bandingkan hal tersebut. Tentunya ini akan membbuat hubunganmu menjadi bermasalah sebab kurang merasa bersyukur dalam menjalaninya.

4. Membuat hubungan terasa seperti kompetisi

5 Alasan untuk Tidak Boleh Menyimpan Gengsi pada Pasangan, Catat!ilustrasi pasangan (unsplash.com/@justin_groep)

Perasaan gengsi yang dimiliki pada pasangan sering kali disebabkan banyak hal. Salah satunya apabila melihat pasangan bisa memperoleh kesuksesan yang jauh lebih hebat dibanding diri sendiri.

Perasaan seperti ini sebetulnya tidak boleh sebab itu membuat hubungan terasa seperti kompetisi. Padahal, selayaknya pasangan, tentu harus saling mendukung dan turut senang atas pencapaian satu sama lain.

5. Tidak dapat menikmati hubungan dengan baik

5 Alasan untuk Tidak Boleh Menyimpan Gengsi pada Pasangan, Catat!ilustrasi bertengkar (pexels.com/@Alex-Green)

Menjalani hubungan yang positif tentunya bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi dengan berbagai tantangan yang ada. Kadang kala banyak orang yang mungkin kesulitan untuk dapat menikmati hubungan sebab rasa gengsi yang dimiliki.

Menyimpan rasa gengsi memang tidak akan memberikan manfaat sama sekali. Hubungan percintaan yang dijalani pun jadi berisiko hancur karena rasa gengsi tersebut.

 

Tentunya kamu dan pasangan tidak boleh saling menyimpan gengsi satu sama lain. Segala permasalahan ataupun perasaan yang mengganggu tentu harus dibicarakan secara baik baik. Terpenting harus saling mendukung satu sama lain, ya!

Baca Juga: 5 Akibat Terlalu Menuruti Gengsi, Hidup Terikat Standar Sosial

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya