Comscore Tracker

5 Solusi Menyatukan Pendapat soal Persiapan Pernikahan, Anti Konflik!

Persiapan pernikahan memang riskan dengan risiko konflik

Mempersiapkan mengenai rencana pernikahan memang bukanlah hal yang mudah. Perlu adanya banyak persiapan yang dibutuhkan untuk dapat menyelenggarakan pernikahan yang sesuai dengan keinginan.

Sayangnya dalam persiapannya justru selalu saja ada konflik yang mengikuti. Biasanya hal ini bisa berasal dari pasangan atau pun keluarga-keluarga yang bersangkutan.

Untuk menghindari setiap konflik yang mungkin muncul saat melakukan persiapan pernikahan, maka beberapa solusi berikut ini bisa kamu coba.

1. Selalu menjaga komunikasi

5 Solusi Menyatukan Pendapat soal Persiapan Pernikahan, Anti Konflik!Ilustrasi pasangan mengobrol (Pexels/Alex Green)

Hampir rata-rata penyebab dari banyaknya konflik saat persiapan pernikahan justru banyak disebabkan karena komunikasi. Adanya konflik justru menunjukan kualitas komunikasi yang minim antar pasangan dan keluarga.

Tentu penting adanya untuk para pasangan dalam menjaga komunikasi sebaik mungkin. Hal ini akan meminimalisir kemungkinan berkonflik di kemudian hari.

2. Tidak mengambil keputusan sepihak

5 Solusi Menyatukan Pendapat soal Persiapan Pernikahan, Anti Konflik!Ilustrasi pasangan mengobrol (Pexels/cottonbro)

Dalam melakukan pernikahan tentunya ada banyak pendapat yang dijadikan masukan. Dari sekian banyak pendapat, tentunya pendapat antara pasanganlah yang akan lebih banyak berperan.

Untuk menghindari kemungkinan konflik yang ada, maka pastikan untuk selalu membuat keputasan secara bersama-sama. Jangan sampai mengambil keputusan sendiri, namun justru menyinggung pasangan atau keluarganya.

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Kamu Alami jika Menikah Tanpa Persiapan Sama Sekali

3. Harus terbiasa untuk saling mendengarkan tanpa interupsi

5 Solusi Menyatukan Pendapat soal Persiapan Pernikahan, Anti Konflik!Ilustrasi pasangan bertengkar (Pexels/Keira Burton)

Pada saat mempersiapkan rencana pernikahan tentunya ada banyak hal yang memang harus dibicarakan. Kamu dan pasangan harus saling memberikan pendapat satu sama lain.

Untuk menemukan titik terang dari rencana pernikahan, maka pastikan untuk selalu mendengarkan apa yang dikatakan pasangan. Jangan saling menberi interupsi yang justru dapat menimbulkan konflik.

4. Mencari penengah

5 Solusi Menyatukan Pendapat soal Persiapan Pernikahan, Anti Konflik!Ilustrasi pasangan berkonsultasi (Pexels/Anthony Shkraba)

Berkonflik pada saat merencanakan pernikahan sejatinya merupakan hal yang wajar. Berselisih pendapat atau pun perbedaan selera akan menjadi salah satu penyebab utamanya.

Kamu dan pasangan tentu harus saling menemukan solusi untuk rencana pernikahan dengan melibatkan penengah. Keberadaan penengah akan meminimalisir kemungkinan untuk bertengkar.

5. Saling menahan dan mengontrol diri sebaik mungkin

5 Solusi Menyatukan Pendapat soal Persiapan Pernikahan, Anti Konflik!Ilustrasi seseorang frustasi (Pexels/Andrea Piacquadio)

Hal utama untuk mencegah konflik pada dasarnya berasal dari diri sendiri. Tak perduli seberapa besarnya perbedaan pendapat yang ada, kontrol diri tetap menjadi yang utama.
Dengan adanya kontrol diri, maka kamu akan memahami bagaimana caranya bersikap. Kamu juga bisa sama-sama menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang melampaui batas.

Semua hal di atas tentunya bisa kamu lakukan sebagai solusi andalan dalam merencanakan pernikahan bersama pasangan. Pernikahan pun jadi minim konflik, deh!

Baca Juga: 5 Sisi Baik dan Sulitnya jika Menikah dengan Anak Tunggal

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya