5 Tanda Kamu dan Pasangan Sebetulnya Gak Ingin Bercerai, Pertahankan!

Perceraian masih bisa dihindari dengan proses meditasi

Perpisahan merupakan sebuah keputusan besar yang diambil dalam hubungan pernikahan karena tidak ada orang yang menginginkan hal tersebut. Biasanya keputusan untuk bercerai merupakan pilihan yang paling terakhir apabila memang sudah tidak ada solusi lain yang bisa ditempuh bersama-sama.

Pada beberapa situasi ada pasangan yang mungkin sedang berada di ambang perceraian, namun sebetulnya masih memiliki keinginan untuk memperbaiki hubungan tersebut dan sama-sama tidak menginginkan perpisahan. Jika ada beberapa tanda berikut ini yang ditemukan dalam hubunganmu, maka artinya kamu dan pasangan masih ingin bersama dan tidak ingin bercerai.

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Orangtua yang Ingin Kamu Bercerai, Ikuti atau Tolak?

1. Komunikasi masih terus berjalan

5 Tanda Kamu dan Pasangan Sebetulnya Gak Ingin Bercerai, Pertahankan!ilustrasi kencan (unsplash.com/DocuSign)

Komunikasi memang menjadi pilar penting yang harus dimiliki oleh setiap pasangan dalam menjalankan hubungan rumah tangganya. Kunci penting dalam menjalani komunikasi tersebut terletak pada keterbukaan dan juga kejujuran agar bisa membahas segala macam masalah-masalah yang mungkin kerap ditemui.

Pada kenyataannya, tidak mudah untuk bisa membangun komunikasi tersebut apabila memang hubungan pernikahan sudah mulai berada di ambang perceraian. Namun, jika kamu dan pasangan masih seolah berusaha untuk saling berkomunikasi satu sama lain, maka sebetulnya keinginan untuk tetap bersama itu masih ada. Kamu dan pasangan hanya perlu saling terbuka dan jujur, serta mengesampingkan ego yang ada agar bisa saling memperbaiki hubungan.

2. Masih terlihat peduli satu sama lain

5 Tanda Kamu dan Pasangan Sebetulnya Gak Ingin Bercerai, Pertahankan!ilustrasi pasangan (unsplash.com/AllGo - An App For Plus Size People)

Rasa peduli yang dimiliki oleh setiap pasangan yang sudah menikah tentu merupakan hal yang sangat lumrah. Namun, sebetulnya bukan hal mudah untuk bisa memiliki rasa peduli apabila memang hubungan tersebut sudah mulai berada pada ambang perceraian, sebab biasanya akan cenderung saling cuek satu sama lain jika memang ingin benar-benar berpisah.

Bila ternyata kamu dan pasangan sekolah masih terus peduli terhadap satu sama lain, seperti misalnya masih memberikan dukungan emosional atau pun menunjukkan empati, maka artinya perasaan untuk tidak ingin bercerai masih ada. Mungkin kamu dan pasangan bisa kembali membicarakan keputusan tersebut agar tidak sampai menyesal nantinya di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Pembelajaran dari Pengalaman Keluarga yang Bercerai

3. Masih memaknai pernikahan yang dimiliki

5 Tanda Kamu dan Pasangan Sebetulnya Gak Ingin Bercerai, Pertahankan!ilustrasi pernikahan (unsplash.com/Alvin Mahmudov)

Hubungan pernikahan yang sudah berjalan lama tentu memiliki bonding yang sangat kuat, meski sedang berada di ambang perceraian. Bukan hal mudah bagi pasangan yang sudah lama menikah untuk kemudian memutuskan bercerai apabila memang masalahnya tidak benar-benar fatal, sehingga ini tentunya menjadi keputusan yang berat dan penuh dengan pertimbangan.

Jika memang kamu dan pasangan masih saling memaknai hubungan pernikahan tersebut dengan cara yang positif, maka artinya rasa untuk tidak ingin bercerai itu masih ada. Kamu dan pasangan masih memiliki kesempatan untuk bisa memperbaiki kembali hubungan pernikahan dan mempertahankannya agar tidak sampai berakhir dengan perceraian.

4. Berusaha mencari solusi bersama-sama

5 Tanda Kamu dan Pasangan Sebetulnya Gak Ingin Bercerai, Pertahankan!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Mikhail Nilov)

Solusi penting memang sangat diperlukan apabila kamu dan pasangan sedang dilanda masalah, apalagi jika memang harus berakhir dengan perceraian. Tentu saja masalah yang biasanya dihadapi oleh pasangan yang hampir bercerai pasti akan sangat serius, sehingga membutuhkan jalan keluar yang tepat agar bisa menemukan solusi yang terbaik untuk kedua pihak.

Jika memang kamu dan pasangan masih saling berusaha untuk mencari solusi atau pun menghadirkan konseling pernikahan, maka artinya keinginan untuk sama-sama mempertahankan hubungan tersebut masih dimiliki. Mungkin kamu dan pasangan hanya perlu saling berbesar hati dan mengesampingkan ego dalam mencari solusi yang terbaik agar pernikahan tersebut tetap dapat dipertahankan.

5. Masih memiliki rasa cinta

5 Tanda Kamu dan Pasangan Sebetulnya Gak Ingin Bercerai, Pertahankan!ilustrasi PDKT (unsplash.com/Candice Picard)

Perasaan cinta dan kasih sayang terhadap pasangan tentunya bukan hal yang sepele, apalagi jika memang sudah menjalani biduk rumah tangga dalam kurun waktu yang lama. Sudah pasti keputusan untuk bercerai merupakan pilihan yang sangat berat dan membutuhkan proses berpikir yang tidak sebentar, sehingga bisa sama-sama yakin untuk saling berpisah.

Jika kamu merasa bahwa didalam lubuk hatimu yang terdalam masih memiliki rasa cinta dan kasih sayang pada pasangan, maka sebetulnya keinginan untuk tidak bercerai itu masih ada. Mungkin saja kamu dan pasangan bisa sama-sama saling berpikir dan mempertimbangkan ulang keputusan untuk bercerai, sehingga bisa dijadikan alasan untuk mempertahankan rumah tangga.

Jika kamu dan pasangan memiliki tanda-tanda di atas, maka sebetulnya harapan untuk tidak bercerai itu mungkin masih ada. Jika mau untuk saling mengesampingkan ego dan mencari solusi yang terbaik, maka setidaknya pernikahan yang sudah dibangun cukup lama dapat dipertahankan. Jangan sampai hanya mengikuti ego semata!

Baca Juga: 5 Sebab Tak Ambil Pusing Lagi tentang Perselingkuhan Pasangan

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Hi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Fajar Laksmita

Berita Terkini Lainnya