Comscore Tracker

5 Tanda Keluarga Pasangan Terlalu Ikut Campur Urusan Rumah Tangga

Jangan sampai menganggap hal seperti ini normal, ya

Menjalani hubungan rumah tangga tidaklah sesederhana layaknya menjalani hubungan sebagai sepasang kekasih. Hal ini disebabkan karena konflik yang mungkin dialami hubungan rumah tangga lebih luas, hingga melibatkan keluarga pasangan.

Perbedaan karakter yang masing-masing dimiliki keluarga satu sama lain tak jarang menjadi penyebab utama dari konflik yang terjadi. Salah satunya adalah hal kurang mengenakan apabila keluarga pasangan justru terlalu ikut campur dalam berbagai urusan.

Tak heran bila beberapa hal berikut ini bisa menjadi tanda bahwa sebetulnya keluarga pasangan sudah terlalu ikut campur dalam urusan rumah tangga.

1. Kamu dan pasangan tak memiliki privasi

5 Tanda Keluarga Pasangan Terlalu Ikut Campur Urusan Rumah Tanggailustrasi pasangan bekerja (pexels.com/@Annushka_Ahuja)

Hal pertama yang menjadi tanda penting adalah bingung dari pasangan sebab merasa tak memiliki privasi lagi. Semestinya hubungan yang terjalin dengan pasangan tentu memliki privasinya dan hal tersebut harus dihormati dengan baik.

Jika keluarga pasangan terlalu ikut campur, maka tak mengherankan apabila rasanya privasi tersebut pun lenyap. Hal ini juga membuat hubungan pernikahan jadi terasa tak nyaman lagi, sebab segala urusan di dalamnya terasa sudah menjadi rahasia publik.

2. Setiap keputusan mudah dipengaruhi keluarga pasangan

5 Tanda Keluarga Pasangan Terlalu Ikut Campur Urusan Rumah Tanggailustrasi pasangan mengobrol (pexels.com/@cottonbro)

Dalam rumah tangga ternyata ada banyak sekali keputusan yang harus sigap diambil. Keputusan tersebut tentunya melalui pertimbangan yang tak sebentar dan banyak dilihat dari sudut pandang yang berbeda-beda.

Hal yang disayangkan adalah ketika setiap keputusan yang diambil justru dengan mudahnya dipengaruhi oleh keluarga pasangan. Dampaknya membuat pasangan jadi seakan tak memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mengambil keputusan sendiri.

Baca Juga: 5 Penyebab Urusan Rumah Tangga Selalu Dicampuri oleh Keluarga Pasangan

3. Merasa ketergantungan dengan keluarga pasangan

5 Tanda Keluarga Pasangan Terlalu Ikut Campur Urusan Rumah Tanggailustrasi keluarga (unsplash/@Aurélien_Lemasson_Théobald)

Ketika memutuskan untuk menikah, maka urusan personalmu dan pasangan seakan sudah tertutup rapat dari keluarga masing-masing. Hal ini membuat keluarga pasangan juga tak berhak ikut campur, apalagi harus serba tahu dalam setiap urusan yang dijalani.

Hal yang lebih buruk lagi justru terjadi apabila pasangan mulai ketergantungan dengan keberadaan keluarga di dalam rumah tangga. Jelas saja hal ini akan semakin membuat hubungan rumah tangga jadi tak sehat dan sulit mandiri.

4. Rumah tanggamu seakan disetir oleh keluarga pasangan

5 Tanda Keluarga Pasangan Terlalu Ikut Campur Urusan Rumah Tanggailustrasi pasangan berbicara (pexels.com/@Alex_Green)

Mengarungi bahtera rumah tangga tidak sesederhana seperti yang dibayangkan. Nyatanya ada proses panjang yang membuat rumah tangga seakan menjadi momen yang harus dipegang teguh oleh keduanya.

Hal yang disayangkan adalah ketika rumah tangga justru menjadi boneka dari salah satu pihak keluarga. Apabila rumah tangga sudah seakan disetir oleh keluarga pasangan, maka jelas hal ini akan membuat rasa tidak nyaman tersendiri dan hubungan juga sudah tak sehat lagi.

5. Sangat sering terlibat konflik dengan pasangan

5 Tanda Keluarga Pasangan Terlalu Ikut Campur Urusan Rumah Tanggailustrasi pasangan berbicara (pexels.com/@Keira_Burton)

Kamu pasti setuju bahwa terlibat konflik dengan pasangan sangatlah tidak enak. Hal ini bahkan diperparah dengan kebiasaan ikut campur yang gemar dilakukan oleh keluarga pasangan.

Kadang kala berbagai hal kecil bisa menjadi masalah apabila keluarga pasangan sudah gemar untuk ikut campur. Hal ini bisa membuatmu dan pasangan mudah mengalami konflik walau dari hal sepele sekali pun.

 

Memisahkan urusan pribadi mengenai rumah tangga tentu penting agar keluarga satu sama lain juga jadi tak perlu ikut campur. Belajar mandiri dalam menyelesaikan masalah dan saling menjaga komunikasi dengan pasangan bisa jadi solusinya. Keluarga pasangan juga jangan kebiasaan ikut campur, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Keluarga Pasangan yang Gemar Melayangkan Fitnah

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya