5 Tanda Pasangan yang Bucin Berlebihan Padamu, Nurut Banget!

Pasangan yang bucin akan rela melakukan apa pun

Memiliki pasangan yang mencintaimu dengan sepenuh hati tentu akan menjadi kebahagiaan tersendiri. Namun, sering kali rasa cinta yang berlebihan bisa bermuara pada sifat bucin atau budak cinta yang menandakan perilaku tidak sehat dalam hubungan tersebut dan menimbulkan masalah untuk kedua pihak.

Mungkin saja sifat bucin yang dimiliki oleh pasangan bisa diakibatkan karena rasa obsesi yang sudah melekat secara berlebih, sehingga bisa mengganggu hubungan tersebut dan kebebasan pribadi pada dirimu. Sebetulnya pasangan yang mungkin memiliki sifat bucin akan ditandai dengan beberapa tanda berikut ini, sehingga kamu harus mengenalinya agar bisa menjaga hubungan tetap sehat dan harmonis.

1. Mencari perhatian secara terus menerus

5 Tanda Pasangan yang Bucin Berlebihan Padamu, Nurut Banget!ilustrasi pasangan mengobrol (pexels.com/Katerina Holmes)

Memberikan dan menerima perhatian dalam sebuah hubungan merupakan sesuatu yang lumrah, namun tentu tidak bisa setiap saat. Sering kali ada beberapa momen di mana kamu dan pasangan juga disibukkan dengan berbagai aktivitas, sehingga mungkin tidak bisa memberikan perhatian tersebut setiap waktu karena rutinitas yang memang dimiliki.

Sayangnya pasangan yang bucin biasanya kan berusaha untuk menghubungimu setiap hari bahkan menuntut respon yang cepat terhadap pesan atau pun panggilan yang dilakukannya. Hal ini sebagai tanda bahwa memang ia menginginkan perhatian penuh dan merasa ketergantungan padamu, sehingga mungkin akan membuatmu tidak memiliki ruang pribadi untuk melakukan aktivitas lain.

2. Rela mengorbankan segalanya

5 Tanda Pasangan yang Bucin Berlebihan Padamu, Nurut Banget!ilustrasi pasangan (unsplash.com/Andres Molina)

Cara setiap orang dalam menunjukkan rasa cintanya mungkin akan berbeda-beda, termasuk pasangan yang memiliki sifat bucin. Biasanya orang yang mungkin memiliki sifat bucin akan cenderung rela dalam mengorbankan segala hal yang dimilikinya, entah itu waktu, hobi, bahkan kepentingan pribadi hanya untuk pasangannya sendiri.

Sebetulnya memang pengorbanan dalam sebuah hubungan merupakan sesuatu yang wajar, namun jika sampai berlebihan maka menandakan adanya ketidakseimbangan dalam hubungan tersebut. Bukan tidak mungkin jika hubungan yang dijalani akan bermuara ke dalam hal yang tidak sehat.

Baca Juga: 3 Tanda Kamu Sudah Terjebak dalam Fase Bucin, Mengabaikan Kritik! 

3. Terlalu protektif dan cemburuan

5 Tanda Pasangan yang Bucin Berlebihan Padamu, Nurut Banget!ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Tanda lainnya yang menandakan bahwa pasanganmu merupakan tipikal yang bucin adalah sifat protektif dan cemburu. Sebetulnya memang cemburu merupakan bumbu dalam hubungan yang membuatmu dan pasangan jadi merasa saling dicintai satu sama lain, namun bukan berarti harus terkesan berlebihan.

Jika pasanganmu memiliki sikap yang terlalu protektif dan cemburu yang tidak wajar, maka hal ini akan membuatmu merasa tidak nyaman karena terus menerus dikontrol. Apalagi jika rasa cemburu tersebut berkaitan dengan interaksimu bersama teman atau pun keluarga, sehingga membuatmu merasa dijauhkan begitu saja.

4. Membuat keputusan sendiri tanpa melibatkanmu

5 Tanda Pasangan yang Bucin Berlebihan Padamu, Nurut Banget!ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Pasangan yang memiliki sifat bucin biasanya akan selalu berorientasi pada kebahagiaanmu, meski bisa saja hal ini keliru. Sering kali orang-orang yang seperti itu mungkin akan memiliki asumsi tersendiri tentang kebahagiaan yang kamu miliki, bahkan tanpa berkomunikasi terlebih dahulu.

Sebetulnya pasangan yang bucin berlebihan bisa saja membuat keputusan tanpa melibatkanmu, sehingga justru menimbulkan dampak negatif yang bisa saja merugikan dirimu sendiri. Oleh sebab itu, kualitas komunikasi harus terus ditingkatkan untuk mencegah hal-hal seperti ini agar tidak sampai terjadi dan membuat hubungan jadi terasa renggang.

5. Ingin selalu menghabiskan waktu denganmu

5 Tanda Pasangan yang Bucin Berlebihan Padamu, Nurut Banget!ilustrasi pasangan (pexels.com/Josh Willink)

Menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai tentunya dapat memberikan kebahagiaan tersendiri dan memang diinginkan oleh semua orang. Namun, sering kali kesibukan yang dimiliki mungkin tidak bisa membuat seseorang menghabiskan waktunya dengan leluasa, sehingga hanya pada momen-momen tertentu saja.

Sayangnya pasangan yang terlalu bucin biasanya akan selalu berusaha untuk menghabiskan waktu bersama, sehingga tidak memberikan ruang untuk menghabiskan waktu sendiri atau pun dengan teman-teman dan keluarga. Inilah yang akan membuatmu rentan mengalami rasa terkekang karena tidak memiliki kebebasan untuk diri sendiri.

Mungkin jika kamu mengenali tanda-tanda di atas maka kamu bisa paham bagaimana sifat bucin yang dimiliki oleh pasangan. Jika memang dirasa sifat bucin tersebut sudah berlebihan dan tidak sehat, maka tentu harus dihentikan agar tidak sampai menimbulkan dampak negatif. Jaga keseimbangan antara cinta dan privasi!

Baca Juga: 5 Alasan Bucin Gak Selalu Buruk, Hanya Perlu Pasangan yang Tepat

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Hi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya