Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Pasangan yang Takut Berhubungan Seks Pasca Pernikahan

Jangan sampai melibatkan pemaksaan terhadap satu sama lain

Hasrat seksual merupakan salah satu kebutuhan biologis yang dimiliki oleh banyak orang, baik perempuan maupun pria. Hal ini bisa dipenuhi melalui aktivitas seksual yang dilakukan pasca pernikahan tentunya. Meski demikian, ternyata pengalaman pertama tak selalu memiliki makna yang baik bagi beberapa orang.

Tak jarang ada orang-orang yang justru mengalami ketakutan dalam melakukan hubungan seksual dengan pasangannya pasca pernikahan. Jika kamu memiliki pasangan yang seperti itu, cobalah menghadapinya dengan beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Ketahui alasan pasangan

5 Tips Mengatasi Pasangan yang Takut Berhubungan Seks Pasca Pernikahanilustrasi mengobrol (pexels.com/@EKATERINA-BOLOVTSOVA)

Hal pertama yang harus diketahui adalah mengenai alasan pasangan merasa takut terhadap urusan seksual. Pasangan pasti memiliki alasan yang spesifik mengapa dapat merasakan hal yang demikian.

Bisa saja rasa takut tersebut berasal dari trauma masa kecil atau bahkan memang kekhawatiran pribadi. Dengan memahami alasan yang dimiliki pasangan, kamu dapat menentukan solusi yang akan diambil.

2. Terbuka soal ekspektasi seksual

5 Tips Mengatasi Pasangan yang Takut Berhubungan Seks Pasca Pernikahanilustrasi pasangan intim (pexels.com/@Ba-Tik)

Tidak semua pasangan dapat saling terbuka untuk urusan ekspektasi seksual. Hal ini membuat hubungan seksual serasa terjadi secara natural tanpa ada persiapan atau bahkan kesepakatan sebelumnya. Padahal, bersikap terbuka jelas merupakan hal yang sangat baik bagi keberlangsungan hubungan di masa depan.

Jika kamu dan pasangan saling terbuka, rasa takut dan kekhawatiran yang dirasakan juga dapat dipahami. Namun, jika kamu justru tertutup dengan pasangan, akan sulit untuk memahami satu sama lain dengan baik.

Baca Juga: Masokisme: Penyimpangan Seksual yang Menganggap Sakit itu Menyenangkan

3. Yakinkan pasangan tak hanya melalui ucapan

5 Tips Mengatasi Pasangan yang Takut Berhubungan Seks Pasca Pernikahanilustrasi pasangan intim (pexels.com/@Анна-Хазова)

Pasangan yang takut untuk berhubungan seksual pasca pernikahan biasanya ingin ditenangkan dan diyakinkan oleh pasangannya. Namun, cara meyakinkannya juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Jangan sampai hanya fokus dengan meyakinkan melalui ucapan verbal semata. Namun, buktikan dengan tindakan agar pasangan paham bahwa kamu memang benar-benar serius dengan apa yang dikatakan.

4. Perlakukan pasangan dengan baik

5 Tips Mengatasi Pasangan yang Takut Berhubungan Seks Pasca Pernikahanilustrasi pasangan intim (unsplash.com/@heftiba)

Setelah pernikahan tentunya bukan berarti kamu dapat memperlakukan pasangan dengan sesuka hati. Namun, justru perlakuanmu dengan pasangan harus berubah menjadi ekstra baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Perlakukan pasanganmu dengan baik, entah dalam beraktivitas atau bahkan pada saat melakukan hubungan seksual. Nantinya rasa takut yang dimiliki pasangan akan sedikit demi sedikit terkikis secara sempurna.

5. Hormati batasan-batasan yang tak diinginkan pasangan

5 Tips Mengatasi Pasangan yang Takut Berhubungan Seks Pasca Pernikahanilustrasi pasangan intim (unsplash.com/@wevibe)

Meski pasangan mengatakan kekhawatirannya atas hal-hal yang berhubungan dengan urusan seksual, nyatanya mereka tetap dapat melakukan hal tersebut apabila diyakinkan dengan baik. Namun, mereka juga membiasanya membuat peraturan tertentu mengenai batasan-batasan yang mungkin membuat mereka tak nyaman.

Kamu sebagai pasangan jelas saja harus menghormati batasan tersebut dengan baik. Jangan sampai justru melampaui batasan tersebut sehingga pasangan akan merasa tak nyaman selama berhubungan seksual denganmu.

 

Tidak mudah untuk menghadapi pasangan yang mungkin takut untuk melakukan hubungan seksual pasca pernikahan. Meski mungkin jarang terdengar, sebenarnya hal ini sangat mungkin terjadi. Jangan memaksa pasangan jika belum siap, ya!

Baca Juga: 5 Pengobatan untuk Mengatasi Kecanduan Seks, Apa Saja?

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya