Comscore Tracker

5 Tips Menyikapi bila Hubunganmu dan Pasangan Dipandang Sebelah Mata

Stigma negatif terkadang bisa memengaruhi kualitas hubungan

Dapat bersama dengan orang tersayang tentunya menjadi suatu pengharapan besar dan kebahagiaan tersendiri. Hal ini karena perasaan seseorang tentu tidak dapat dikontrol, sehingga selalu menginginkan situasi yang penuh dengan kenyamanan dan rasa cinta.

Meski mungkin sudah bersama dengan pasangan sekali pun, ternyata jalannya tidak selalu mulus. Ada pula beberapa pasangan yang harus mengahdapi kejamnya stigma yang ditanamkan dari orang lain.

Dalam merespon pandangan buruk atau sebelah mata dari orang lain, maka kamu dapat menghadapinya dengan beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Tidak perlu perdulikan kata orang lain

5 Tips Menyikapi bila Hubunganmu dan Pasangan Dipandang Sebelah Matailustrasi pasangan harmonis (unsplash.com/@carlyrae)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan berhenti memperdulikan apa yang diucapkan orang lain. Setiap orang bisa saja memiliki isi pemikiran yang berbeda dan tidak mudah untukmu dalam mengatur apa yang orang lain pikirkan.

Terkadang bersikap tak peduli justru lebih baik dan dapat membantumu untuk mengatasinya dengan bijak. Biarkan orang lain memiliki stigma tersendiri dan kamu juga tetap bisa menjalani hubungan dengan baik.

2. Kuatkan komitmen dengan pasangan

5 Tips Menyikapi bila Hubunganmu dan Pasangan Dipandang Sebelah Matailustrasi pernikahan (pexels.com/@SAN-Wedding)

Memperoleh stigma negatif dari orang lain terkadang bukanlah hal yang nyaman, bahkan sering kali menjadi penyebab dari keretakan hubungan dengan pasangan. Itulah mengapa satu sama lain harus sama-sama saling menguatkan komitmen yang dimiliki.

Cara ini dapat dilakukan dengan menjaga kepercayaan, komitmen, dan rasa cinta agar dapat tetap bersama pasangan dalam menghadapi situasi yang tak menyenangkan. Dengan demikian, setiap stigma negatif juga tak akan menjadi permasalahan lagi.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Enggan Serius dalam Berhubungan

3. Meminta dukungan dari orang-orang terdekat

5 Tips Menyikapi bila Hubunganmu dan Pasangan Dipandang Sebelah Matailustrasi mengobrol (unsplash.com/@Kate_Kalvach)

Menghadapi permasalahan pelik bersama pasangan memang semestinya sudah cukup untuk dapat saling menguatkan. Sayangnya kamu tak cukup jika hanya mengandalkan satu sama lain saja.

Terkadang kamu juga membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat, entah orangtua atau keluarga. Dengan dukungan tersebut, maka semuanya dapat dilalui bersama-sama.

4. Jadikan motivasi dalam menjalin hubungan

5 Tips Menyikapi bila Hubunganmu dan Pasangan Dipandang Sebelah Matailustrasi mengobrol (pexels.com/@EKATERINA-BOLOVTSOVA)

Tidak ada pasangan yang ingin mengarungi permasalahan dalam hubungan, meski mustahil jika sama sekali tak mempunyai konflik di dalamnya. Hal ini mungkin akan semakin terasa sulit jika hubungan yang terjalin justru menjadi runyam akibat stigma negatif dari orang lain.

Perlu adanya pemikiran positif untuk menghadapi ini semua dengan cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan menjadikannya sebagai motivasi dalam menjalin hubungan yang sehat. Dengan demikian, jangan jadikan stigma negatif tersebut sebagai beban, justru jadikan semangat agar tetap dapat menjaga hubungan dengan baik.

5. Tetap tenang dan tidak perlu terbawa emosi

5 Tips Menyikapi bila Hubunganmu dan Pasangan Dipandang Sebelah Matailustrasi pasangan mengobrol (pexels.com/@Yan_Krukov)

Memiliki stigma negatif dari orang lain jelas saja seing menjadi hal yang membakar emosi dalam diri. Banyak pasangan yang kemudian gagal dalam mengontrol emosi tersebut sehingga mudah terlibat konflik begitu saja.

Padahal kamu dan pasangan dapat tenang dan jangan sampai terbawa emosi. Jika terbawa emosi, maka urusannya justru akan semakin sulit dan runyam.

 

Tentunya sangat tidak nyaman dalam menghadapi stigma negatif dari orang lain. Namun, jika dijadikan beban justru seakan tak ada habisnya. Jadikan sebagai penguat dalam hubungan bersama pasangan, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mempertahankan Keromantisan Hubungan, meski Sudah Lama Berjalan

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya