Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Disadari Saat Kamu Merasa Sulit Dapat Jodoh, Catat!

#IDNTimesLife Jangan buru-buru berasumsi buruk tentangmu

Tak ada satu pun orang yang dapat menebak kapan datangnya jodoh. Bahkan, siapa jodoh masing-masing pun tak ada yang bisa menjamin. Meski begitu, menemukan jodoh memiliki proses dan jalannya masing-masing, ada yang mudah dan ada pula yang sulit.

Jika kamu mungkin sedang berada dalam fase sulit untuk menemukan jodoh, mungkin kamu perlu menyadari beberapa hal penting berikut ini terlebih dahulu.

1. Pikirkan kembali prioritas hidupmu

5 Hal yang Harus Disadari Saat Kamu Merasa Sulit Dapat Jodoh, Catat!ilustrasi orang sedang berpikir (Pexels/Monstera)

Kamu yang saat ini sedang berkutat dengan urusan mencari jodoh juga perlu memikirkan ulang tentang prioritas hidupmu. Mungkin saja kamu masih memiliki suatu tanggungan penting yang harus dikejar dalam hidup. Oleh sebab itu, jalankan dulu saja soal prioritas hidupmu dan biarkan nantinya jodoh yang menghampirimu terlebih dahulu.

2. Kesiapan dalam memiliki kekasih atau menikah

5 Hal yang Harus Disadari Saat Kamu Merasa Sulit Dapat Jodoh, Catat!ilustrasi pasangan (Pexels/cottonbro)

Kamu juga perlu memikirkan alasan mengapa kamu sedang fokus dalam mencari jodoh. Apakah memang kamu sudah siap untuk memiliki kekasih ataukah hanya untuk sekadar untuk main-main saja? Bisa jadi mungkin niatmu belum lurus sehingga kamu masih belum dipercaya untuk menemukan tambatan hatimu.

3. Ego yang dapat dikendalikan atau tidak

5 Hal yang Harus Disadari Saat Kamu Merasa Sulit Dapat Jodoh, Catat!ilustrasi pasangan bertengkar (Pexels/Budgeron Bach)

Setiap orang memiliki egonya masing-masing. Kadang kala justru ego tersebutlah yang sulit untuk diatur dan diturunkan. Mungkin saja kamu merupakan tipikal orang yang masih memiliki ego tinggi sehingga sulit untuk mendapatkan pasangan. Kamu perlu belajar mengontrol diri dengan menurunkan ego yang ada sehingga dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Sikap Berlebihan yang Pantang Diambil saat Tak Juga Ketemu Jodoh

4. Sifat burukmu yang sulit diubah

5 Hal yang Harus Disadari Saat Kamu Merasa Sulit Dapat Jodoh, Catat!ilustrasi wanita marah (Unsplash/Malicki M Beser)

Manusia adalah makhluk istimewa yang dibekali dengan beragam sifat di dalamnya. Sifat tersebut tentunya tak selalu bagus, ada pula yang buruk. Jika sudah terlanjur melekat, sifat buruk tersebutlah yang setidaknya perlu kamu kontrol.

Jika tidak bisa dikontrol, sifat buruk bisa jadi menjerumuskanmu dalam hal negatif. Alasan itulah yang mungkin saja membuatmu jadi kesulitan dalam memperoleh jodoh.

5. Dirimu yang masih terjebak di masa lalu

5 Hal yang Harus Disadari Saat Kamu Merasa Sulit Dapat Jodoh, Catat!ilustrasi pasangan bertengkar (Pexels/Pixabay)

Apakah kamu sudah benar-benar move on dari masa lalu? Kamu dapat menanyakan pertanyaan penting ini saat kamu merasa masih kesulitan mendapatkan jodoh. Kamu yang masih terjebak di masa lalu mungkin jadi sulit membuka hati sehingga tidak bisa menebak orang-orang yang mungkin saja menaruh hatinya untukmu.

 

Jangan langsung buru-buru berasumsi macam-macam atau justru menyalahkan diri sendiri dari sumber kegagalan dalam mendapatkan pasangan. Kamu hanya butuh waktu untuk menemukan sosok yang tepat dalam hidupmu. Introspeksi diri, ya!

Baca Juga: 5 Cara Meredam Kesedihan Setelah Gagal Menikah, Jodoh Pasti Bertemu!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya