Comscore Tracker

5 Kebiasaan Masa Muda yang Dilarang Dilakukan Setelah Menikah

#IDNTimesLife Harus tahu batasan setelah menikah

Setiap orang mungkin mendambakan pernikahan di masa depannya. Memutuskan untuk menikah juga berarti memutuskan untuk meninggalkan segala hal yang berkaitan dengan masa muda.

Tentu saja hal-hal yang masih melekat pada masa muda tidak boleh dikaitkan setelah menikah. Oleh sebab itu, beberapa kebiasaan di masa muda berikut ini harus kamu hindari untuk dilakukan setelah pernikahan.

1. Nongkrong di luar rumah setiap hari hingga larut malam

5 Kebiasaan Masa Muda yang Dilarang Dilakukan Setelah Menikahilustrasi teman-teman (Pexels/Afta Putta Gunawan)

Kebiasaan yang paling sering dilakukan di masa muda adalah nongkrong bersama teman di luar rumah. Bukan berarti kamu tidak bisa melakukan ini setelah menikah, namun kamu tentu tak boleh nongkrong setiap hari, apalagi hingga larut malam. Selain itu, kamu juga perlu mendapatkan persetujuan dari pasangan sehingga tak menimbulkan masalah nantinya.

2. Terlalu fokus pada hobi

5 Kebiasaan Masa Muda yang Dilarang Dilakukan Setelah Menikahilustrasi bermain playstation (Pexels/JESHOOTS.com)

Memiliki hobi adalah hak bagi setiap orang, baik tua maupun muda. Setelah menikah pun tentu tak ada yang melarangmu untuk memiliki hobi. Namun, jangan sampai kamu terlalu fokus pada hobi sehingga mengesampingkan prioritas keluarga sebagai yang utama. Ketahui kewajibanmu dan jangan tinggalkan itu.

3. Bersikap kekanak-kanakan

5 Kebiasaan Masa Muda yang Dilarang Dilakukan Setelah Menikahilustrasi orang teriak (Pexels/Liza Summer)

Setiap orang mungkin memiliki sikap kekanak-kanakan yang penuh sifat manja. Namun, tak semuanya dapat dilakukan dan ditunjukkan hingga usia dewasa. Kebiasaan sepele ini justru bisa menjadi masalah besar bila sampai dibawa ke ranah rumah tangga. Oleh sebab itu, ketahuilah kapan harus bersikap dewasa, bijak, dan manja.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Bucin Ini Bisa Berpengaruh Positif dalam Hubungan 

4. Mengajak teman menginap tanpa izin

5 Kebiasaan Masa Muda yang Dilarang Dilakukan Setelah Menikahilustrasi orang sedang tidur (Pexels/Kamaji Ogino)

Kamu di masa muda mungkin sering pergi bersama teman untuk saling menginap, namun setelah menikah tentu kebiasaan tersebut akan hilang. Kebiasaan untuk mengajak teman menginap sebaiknya dapat kamu minimalisir setelah menikah. Selain karena bisa menimbulkan fitnah, namun juga kurang etis untuk dilakukan. Jika memang mendesak, maka kamu harus mendapatkan izin dari pasangan.

5. Pola hidup yang tidak sehat

5 Kebiasaan Masa Muda yang Dilarang Dilakukan Setelah Menikahilustrasi minum alkohol (Pexels/Anete Lusina)

Pola hidup tak sehat memang banyak dilakukan oleh para anak muda. Dari mulai kebiasaan begadang, pola makan tak teratur, merokok, hingga minum-minuman beralkohol.

Setelah menikah, kamu harus memastikan bahwa pola hidup tak sehat harus dapat kamu hindari. Alasannya adalah karena kamu memiliki kewajiban untuk menjaga kesehatan demi keluarga yang sedang menunggu di rumah.

 

Meski sederhana, namun kebiasaan ala anak muda di atas tentunya harus kamu hindari agar hubungan pernikahanmu tetap berjalan baik tanpa masalah berarti. Fokus pada keluarga, deh!

Baca Juga: Terkesan Receh, 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Hidup Berkualitas

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya